Tuesday, April 08, 2014

Emak


Emak atau ibu biasanya identik dengan orang yang melahirkan kita. Seseorang yang kuat dan hebat di dalam kehidupan keluarga. Beliau akan mencurahkan apapun yang dipunyai untuk kebahagiaan keluarga terutama anak-anaknya. Semua perjuangannya dari melahirkan sampai mendidik anaknya dari kecil hingga dewasa tak kan terganti.

Emak merupakan panggilan seorang anak kepada ibunya yang dipergunakan di daerah pedesaan atau pinggiran kota. Panggilan ini memang terdengar norak, tetapi saat ini banyak orang-orang yang menggunakannya untuk dipakai sehari-hari karena kesannya lebih santai dan Indonesia banget. Mungkin kitapun sering melontarkan sapaan tersebut kepada teman kita atau bahkan untuk diri kita sendiri. Sering kan kita mendengar ucapan-ucapan seperti ini :


'Eh maaaaak apa kabaaar?'


atau


'Emang emak lu nggak marah?'

Kelihatan enak banget ya didengar, sepertinya kita merasa dekat terhadap orang yang menyapa dengan sebutan itu dan seperti ada perasaan emosional tersendiri. 

Saya memanggil salah satu sahabat dengan sebutan emak. Awalnya saya memanggilnya 'mbak' tapi lama-lama saya ingin yang berbeda serta biar lebih khas, makanya huruf 'b' nya saya hilangkan menjadi 'mak'. Sahabat saya semula agak merasa tua bila saya memanggil dengan sebutan itu padahal umurnya lebih muda. Toh dia memang sudah menjadi emak seutuhnya. Nggak salah kan?

Kata ini pula yang digunakan untuk nama sebuah grup yang baru saya ikuti. Ya, Kumpulan Emak Blogger. Sebuah komunitas yang beranggotakan emak-emak hebat dengan segala aktivitas dan kreatifitasnya sehingga dapat menginspirasi anggota lainnya atau bahkan masyarakat yang lebih luas. Tentunya nama yang dipilih tak sekedar nama saja karena dari akar kata dan maknanya saja sudah mempunyai arti yang sangat besar. 

Semoga saja wadah ini bisa menjadi tempat untuk bersilaturahmi, berbagi, membantu, dan belajar satu sama lain sehingga dapat memberi manfaat yang positif bagi anggotanya dan masyarakat. Ya, seperti impian saya untuk menjadi seorang 'emak' yang bermanfaat.








0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com