Friday, May 23, 2014

Asyiknya Bermain Halma

Hai teman,
Masih ingat sama halma nggak? Kalau teman-teman lupa coba lihat gambar ini ya..

Sumber dari sini

Dari dulu sampai sekarang saya suka banget bermain halma karena permainan ini tidak membosankan. Tak hanya kesenangan yang saya peroleh. Permainan ini dapat menguji kemampuan berpikir karena bermain halma membutuhkan taktik. 

Permainan halma membutuhkan strategi untuk membuka jalan agar dapat melangkah. Kemampuan melihat peluang dan memakai logika sebelum melangkah dibutuhkan dalam permainan ini. Salah melangkah, bisa-bisa jalan dihadang lawan sehingga harus mengambil langkah lain.

Karena inilah, permainan ini tak hanya cocok untuk anak-anak saja tetapi bisa juga dimainkan oleh orang dewasa. Dengan bermain halma, strategi dan logika dapat terasah dengan cara yang mengasyikkan.

Pencipta permainan tradisional ini ternyata seorang Profesor dari Boston, Amerika, bernama George Howard Monks. Doctor inilah yang membuat permainan berbentuk heksagram ini. Halma adalah permainan yang membutuhkan 2 atau 3 orang yang bermain di atas papan persegi bergambar heksagram, yang telah ditentukan cara bermainnya. Ruang yang tercipta secara sengaja atau tidak sengaja dalam permainan, akan membuat jalan bagi bidak yang dimainkan.

#Cara Bermain

Halma berasal dari bahasa Yunani yang berarti loncat, sehingga hal ini berkaitan dengan cara bermain halma itu sendiri. Jika teman-teman melihat gambar halma di atas, di situ ada bulatan-bulatan hitam. Bulatan-bulatan itulah sebagai jalur untuk berpindahnya bidak.

Permainan halma mengharuskan setiap pemain mengisi ruang kosong di seberangnya yang berwarna sama. Masing-masing pasang warna hanya bisa dimainkan oleh satu pemain. 

Mula-mula setiap pemain hanya bisa melangkah atau bergeser satu bulatan saja. Jika sudah, pemain dapat menjalankan bidaknya dengan melompat. Pergerakan bidak dapat dilakukan secara horisantal, vertikal, maupun diagonal baik dengan melompati bidak sendiri maupun bidak lawan. Bidak yang dilompati tidak terpengaruhi oleh langkah pemain, tetap saja diam di tempatnya. Dengan cara ini maka perjalanan bidak akan lebih efektif karena melompat berarti melewati beberapa bulatan.

Ketika masing-masing pemain sudah menjalankan bidaknya, akan tercipta ruang gerak dengan sendirinya. Nah, disinilah kemampuan strategi dan logika setiap pemain dibutuhkan. Pergerakan yang memakai taktik, akan membuat langkah lebih efektif, sehingga teman-teman lebih besar peluangnya untuk menang.

Jika teman-teman mau bermain halma saat ini juga, bingung karena tidak mempunyai bidak dan papan halma?? Jangan khawatir. Permainan ini ada versi online-nya dengan klik di sini. Malah di versi online, teman-teman bisa memilih permainan untuk dua, tiga, empat, bahkan enam pemain. Enak kan? 

Sebagai pemula, teman-teman bisa memilih yang mudah dulu yakni dengan dua pemain. Lalu jika sudah merasa tertantang, bisa ditambah jumlah pemainnya. Kalau sudah berada di permainan dengan enam pemain, rasakan nikmatnya berstrategi dan berpusing ria. Hahaha. Kalau bermain ini, rasanya senang dan puas, apalagi kalau bisa menang.

Kalau dipikir-pikir, bermain halma itu kok sama ya dengan manusia. Ibaratnya bidak-bidak tersebut manusia, diri kita sendiri. Langkah yang pas dan berstrategi ternyata diperlukan dalam mengisi kehidupan, terutama dalam meraih kemenangan. Salah langkah, bisa-bisa jalan menuju kemenangan terhambat. Bisa sih sampai di sana, tapi lama, sedang teman-teman yang lain sudah merasakan nikmatnya kemenangan. Jadi, yuk bermain halma agar tidak salah langkah. Lhoh??


6 comments:

  1. Aagggjhhhhh ada version onlinenyaa??? Aku Dr kecil suka main halma soalnya. Pgn ngajarin ankku jdny :D

    ReplyDelete
  2. Maenan zaman kecil. Sekarang udah nggak punya lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai permainan halma online atau app di android jg ada Mba.

      Delete
  3. Kalo sudah loncat 1 lion boleh loncat 1 ke lubang kosong ga?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com