Friday, May 02, 2014

Dengan Aplikasi Anak Cerdas, Orang Tua Aman, Anakpun Pintar

Banyaknya aplikasi untuk anak-anak di play store kadang membuat orang tua dag dig dug. Bener kan? Sebab aplikasi-aplikasi tersebut kadang tidak sesuai untuk umur mereka. Alih-alih mau ngegame malah anak bisa terkena dampak negatifnya.

Nah, atas dasar kekhawatiran itulah, Acer Indonesia meluncurkan aplikasi Anak Cerdas. Aplikasi ini aman untuk bermain dan belajar anak.

Penasaran? Silakan bapak-bapak dan ibu-ibu buka play store di androidnya masing-masing. Untuk bisa mendownload aplikasi Anak Cerdas, handphonenya harus memenuhi kriteria di bawah ini. Selanjutnya aplikasi Anak Cerdas saya singkat Acer (Anak Cerdas) saja ya, biar lebih mudah.

Syarat Download 'Acer'
Setelah instal, pilih membuat akun lalu mendaftar di facebook atau email. Enggak pakai lama, bapak-ibu akan mendapat konfirmasi, baru deh aplikasi Acer bisa digunakan. Gampang kan?

Setelah Instal, pilih 'Membuat Akun'

Yuk, kita korek ada apa saja di aplikasi ini.

Menu Utama
Aplikasi Acer terdiri dari tiga menu utama yakni Dunia Anak, Dunia Tekno, dan Pengaturan. Sebelum masuk ke dunia-dunia yang lain, sebaiknya bapak-ibu membaca panduan dan masuk ke pengaturan dulu, isinya seperti ini :

Menu Pengaturan
Menu pengaturan ini bisa dikatakan sebagai alat kontrol orang tua terhadap anak. Dengan laporan penggunaaan, kita bisa memantau aplikasi apa saja yang sering dipakai anak-anak dan laporannya bisa dikirim lewat email.

Ada juga fungsi untuk mencegah anak mendownload aplikasi-aplikasi yang berbahaya. Kita bisa melakukan kontrol melalui akses dan proteksi. Silakan bapak-ibu mengaktifkan izin unduh karena dengan ini maka aktivitas download akan memerlukan password dan jangan memberikan password tersebut kepada anak-anak. Mengerti? Siiiipp...

Ingat, Izin Unduh 'ON'
Ada cara yang lebih aman nih, mengaktifkan Zona Anak. Dengan cara ini maka aplikasi Acer hanya dapat mengakses menu di Dunia Anak yakni Mari Bermain dan Latihan Yuk. Untuk keluarnya pun juga perlu password. Jadi bapak-ibu tidak perlu khawatir anak-anak memakai aplikasi ini karena sangat aman. Apalagi untuk ibu-ibu. Sambil mengurus kerjaan di rumah, anak-anak dapat bermain sendiri dengan aman.

Hanya Bisa Mengakses 'Dunia Anak'
 
Keluar dari 'Dunia Anak'

Di profil pengguna, silakan memasukkan profil anak, maksimal TIGA. Nah, anak-anak inilah yang nanti bisa dipantau aktivitas bermain dan belajarnya di aplikasi Acer ini.

Masukkan Profil Anak di Sini
Sudah jelas sampai di sini?
Oke, lanjut yaaaa

Yuk, intip menu DUNIA ANAK.
Inilah menu paling utama di aplikasi ini. Di sini, mereka yang menggunakan aplikasi Acer bisa bermain dan belajar. Di arena 'Permainan', anak-anak dan orang tua bisa ngegame. Banyak banget game yang bisa didownload di sini. Nggak percaya? Nih, lihat saja.

Aneka Permainan
Enggak cuma ngegame aja lho. Anak-anak juga bisa belajar di arena 'Edukasi' dan membaca di arena 'Buku Cerita'. Yang oke nih, selain ada yang berbahasa Indonesia, tentunya ada juga yang berbahasa Inggris. Buku ceritanya ada yang menceritakan berbagai dongeng di tanah air. Asyik banget kan?

Cara Penulisan EYD Juga Ada,lho

Buku Cerita-nya Komplit
Biar anak-anak semakin pinter, mereka bisa latihan soal yang disediakan di 'Latihan Yuk'. Soal-soal tersebut dari kelas 1 sampai kelas 6. Ada empat mata pelajaran  yang bisa dikerjakan antara lain Matematika, Sains, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Ini semua sesuai dengan mata pelajaran yang di-UAN-kan. Mantep beneeerr.

Belajar di 'Latihan Yuk'

Masing-masing mata pelajaran terdiri dari empat bab, setiap bab terdiri dari 3 level. Anak-anak harus mengerjakan soal di setiap levelnya sampai selesai. Jika belum selesai, mereka tidak bisa lanjut ke level berikutnya. Kalau sudah selesai mengerjakan soal, anak-anak bisa memeriksa jawabannya kembali atau langsung mengumpulkan jawaban. Hehe jadi ingat zaman doeloe waktu bu guru bilang, 'Ayo anak-anak diperiksa dulu jawabannya sebelum dikumpulkan'.

Perintah Periksa atau Kumpulkan

Setelah anak-anak mengerjakan soal, orang tua bisa mencocokkan jawaban di kunci jawaban. Untuk membukanya, butuh password. Jadi, sekali lagi jangan berikan password kepada mereka. Oke?

Membuka Kunci Jawaban
Sayangnya, dalam aplikasi ini ketika saya mencoba untuk melanjutkan mengerjakan soal (Matematika kelas 2) dari bab 1 ke bab 2 ternyata belum bisa. Bab 2 masih terkunci dan ada tulisan 'segera hadir'. Mungkin ini masukan bagi Acer agar selalu mengupdate soal secara berkala agar anak-anak senang belajar. Namanya juga dunia maya, jadi user bisa menggunakan apa saja, kapan saja, dan di mana saja. Betul kan?

Mentok di Bab 1
Mengingat pengguna aplikasi anak-anak di smartphone bukan hanya anak SD saja, sebaiknya untuk anak-anak yang berusia pra sekolah atau TK diberikan arena latihan khusus agar mereka dapat belajar di aplikasi Acer. Misalnya saja arena pengenalan warna, huruf, hewan, dan angka. Sambil menyelam minum air, sambil bermain mereka belajar.

Masih ada satu dunia lagi lho, yang belum diintip. Yuk, intip Dunia Tekno. Di dunia ini isinya bermacam informasi dan artikel tentang teknologi. Artikel-artikel yang ada sangat bermanfaat bagi orang tua. Nggak kalah sama anaknya, orang tua pun jadi bertambah wawasannya. Asyik bener ya?

Artikel di Dunia Tekno

Secara keseluruhan, aplikasi Anak Cerdas ini tampilannya bagus dan isinya sesuai untuk anak-anak terutama anak SD. Ke depannya, agar soal-soal latihannya diperbanyak dan selalu di-update supaya anak senang belajar dan berlatih. Pikirkan juga arena latihan khusus untuk anak-anak usia pra sekolah dan TK.

Nah, bapak-ibu sudah tahu kan tentang aplikasi yang oke ini? Jadi tunggu apa lagi, download aplikasi Anak Cerdas sekarang juga! Karena selain aman dan bermanfaat bagi anak-anak, ternyata orang tua bisa ngegame dan bertambah wawasannya. Apalagi downloadnya nggak pakai bayar alias gratis!!


Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog aplikasi Anak Cerdas kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia


10 comments:

  1. aku kira dulu itu aplikasi anak cerdas ini cuma kayak aplikasi biasa, eh nggak taunya setelah tak coba pakai buat ngetes adikku aplikasinya interaktif banget :)

    ReplyDelete
  2. Aplikasi recomended nih

    ReplyDelete
  3. bealajr dan bermain secara aman dan nyaman dengan aplikasi ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak Lidya..
      Ibu2 bisa tenang kan? hehe..

      Delete
  4. semoga menang kontes yah.....

    (salam kenal dari samarinda)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, ya..
      Salam kenal juga..

      Delete
  5. wah aplikasi cerdas ini sangat membantu orang tua saat ini hehehe

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com