Thursday, May 22, 2014

Kaboki, Tas Rajut Indonesia yang Mendunia


Buat para emak dan wanita yang berada di dunia nyata dan maya, pasti suka dong dengan aksesoris tas kece yang menunjang penampilan. Apalagi kalau harganya terjangkau. Tambah suka kan?

Di tengah maraknya tas KW yang banyak banget dijual di sana-sini, saya kok kurang tertarik ya. Mungkin bagi sebagian orang, hal ini merupakan sesuatu yang aneh. Memang, saya bukan tipe orang yang branded-oriented. Jujur saja, saya lebih suka dengan tas produk dalam negeri. Ada kebanggaan dan kepuasan ketika saya memakai produk Indonesia.

Saya suka sekali dengan tas rajut. Ketika googling, ternyata ada lho tas rajut ASLI INDONESIA yang sudah lama mendunia, yakni tas rajut KABOKI.

#Sejarah Tas Kaboki

Awalnya produsen tas yang berdomisili di Bali, yaitu PT. Valesia bermitra dengan Indonesian Import Inc. yang ada di Amerika. Mereka semula bekerja sama dalam pembuatan tas kulit yang dikombinasikan dengan bahan kekayaan lokal seperti agel, tikar rotan Kalimantan, songket Palembang, ulos Batak, pahikung Sumba, dan tapis Lampung.

Karena persaingan tas kulit semakin kuat, saat itu PT. Valesia mulai melirik alternatif bahan baku lain. Pada tahun 1994, tas rajut mulai diperkenalkan. Benang nylon lokal yang berkualitas dipilih sebagai bahan utama. Oleh Indonesian Import Inc. selaku mitra importir, tas rajut ini diberi label The Sak.

Makin lama tas rajut ini mendapat sambutan yang luar biasa di Amerika, Eropa, Jepang, dan Australia. Untuk memenuhi permintaan tersebut, PT. Valensia membentuk kelompok binaan yang saat ini tersebar di Bali, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Seluruh hasil produksi dari kelompok-kelompok binaan tersebut kemudian dikirim ke fasilitas produksi PT. Velesia untuk proses sortir, finishing dan final check. Fasilitas produksi ini awalnya berada di Denpasar-Bali. Pada tahun 1998, fasilitas produksi dipindah ke Kuta-Bali. Kemudian direlokasi ke Pasuruan-Jawa Timur pada 2007, yang sekarang dikenal dengan 'Wisata Tas Rajut Kaboki.'

Sudah dua tahun ini saya menjadi pelanggan Kaboki. Selain tas, saya juga membeli phone-pouch. Kualitas barangnya oke banget. Rajutannya rapi dan kuat. Apalagi ada lapisan water proofnya, jadi saya tidak perlu bingung jika kehujanan.

Sampai saat ini, tas dan phone-pouch Kaboki milik saya belum rusak sama sekali. Kualitas barangnya yang teruji membuat produk-produk Kaboki awet.

Satu lagi yang membuat saya senang yaitu adanya outlet di daerah Bintaro. Saya bisa memesan secara online sehingga biaya pengirimannya tidak mahal karena saya tinggal di Depok. Jadi, saya tidak perlu repot berbelanja. Tinggal klik, beres deh. Makin cinta dan loyal saja sama produk ini.

Kemana-mana Membawa Kaboki

Phone-Pouch Kesayangan



Saya membawa tas dan phone-pouch ini kemana-mana. Termasuk saat ini, ketika saya sedang menemani suami dinas di Jepang. Saya perhatikan, beberapa wanita Jepang melirik tas Kaboki yang saya pakai. Bangganya saya saat itu, apalagi memakai produk asli Indonesia.   

Nah, bagi teman-teman yang suka dengan produk Indonesia, jangan lupa datang ke  acara Pameran Produksi Indonesia yang diselenggarakan di Bandung, tepatnya di Harris Convention Festival CTLink, tanggal 22-25 Mei 2014. Bakalan banyak produk-produk Indonesia yang kece di sana. Ditunggu yaaaa.


Yuk, Cintai Produk Indonesia

 dan

Bangga Memakai Produk Indonesia

11 comments:

  1. Wah iya saya beberapa kali lewat Pasuruan yg ada sentra Kabokinya itu tapi belum sempat mampir. Senang sekali mulai bermunculan produk lokal yang mendunia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mampir, Mak..
      Produknya ketjeh2 pokoke ^.^
      Saya fans beratnya, niii

      Delete
    2. Iya mak sebenarnya kalau lihat gitu seneng dan kepengen beli aja. Tapi sayangnya saya gak hobi ganti2 tas, hehe... mungkin efek masih single kali ya mak (lho apa hubungannya?). Kapan2 mampir ah mungkin bisa buat hadiah juga :)

      Delete
    3. Lho bukannya single malah lebih hebring kalo soal ginian? Hahaha..
      Jgn lupa sy diberi hadiah juga ya :)

      Delete
    4. saya single yang anti mainstream mak, hehe... saya ganti tas kalau ke kampus, backpacking, kalau hang out ya itu2 aja. hehe...

      Delete
    5. Lha sama kayak diriku yang doeloe..
      Sekarang juga ding :)

      Delete
  2. iya mbak ada merk lain juga yang mendunia yakni dowa dan vlora

    ReplyDelete
  3. ini jeng ada artikel tentang brand tas rajut terkenal yang ada di Indonesia di sini

    ReplyDelete
  4. Produk tas dan franchise dari Rumah warna adalah produk yang berkualitas. Banyak testymoni yang mebeli produk rumah warna awet hinga 10 tahun. Bahan yang digunakan juga berkualitas, yuk belanja tas wanita di rumahwarna.id dan nikmati promo menarik lainnya.

    ReplyDelete
  5. Produk tas dan franchise dari Rumah warna adalah produk yang berkualitas. Banyak testymoni yang mebeli produk rumah warna awet hinga 10 tahun. Bahan yang digunakan juga berkualitas, yuk belanja tas wanita di rumahwarna.id dan nikmati promo menarik lainnya.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com