Friday, May 09, 2014

Manfaat Bawang Putih untuk Luka

Pagi tadi, saat mencuci piring, saya teringat akan botol lada yang belum dibersihkan. Rencananya, botol tersebut akan saya buang. Karena aturan membuang sampah yang ketat, maka botol tersebut saya pisahkan dengan tutupnya, dibuang labelnya, dan dicuci dulu sebelum dibuang.

Pada saat mencuci botol tersebut, secara tak sengaja tangan saya terkena lapisan aluminium foilnya. Hal ini meninggalkan luka di tangan. 

Lekas-lekas saya beri betadine, biar darah yang keluar tidak semakin banyak. Kalau saja ada bawang putih, maka akan saya pilih untuk mengobati luka. Tinggal dipotong atau dihancurkan, lalu diusap-usapkan di atas luka, maka luka akan cepat kering. Meski awalnya agak perih, ternyata si putih ini sangat ampuh mengobati luka.
 
Sumber Gambar di sini
Bawang putih dalam keadaan mentah mengandung senyawa sulfur termasuk zat kimia bernama Aliin. Ketika bawang putih dimemarkan/dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai. Dengan dorongan enzim alinase, aliin terpecah menjadi alisin, amonia, dan asam piruvat. Bau tajam alisin disebabkan karena kandungan zat belerang. Aroma khas ini bertambah menyengat ketika zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara, sebab ammonia mudah menguap. Senyawa alisin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah. (sumber klik di sini)

2 comments:

  1. bawang putih ini saya suka pakai utk bikin sambal bawang mbak, hehehe :D ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan ya termasuk mencegah diabetes n tekanan darah... makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Indri, bawang putih buanyak manfaatnya, Mba..
      Mba, suatu hari nanti sy mau berguru padamu :)

      Delete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com