Sunday, May 11, 2014

Selamat Hari Ibu Internasional

Apakah teman-teman tahu kalau hari ini adalah Hari Ibu Internasional? Ya, setiap hari Minggu di pekan kedua bulan Mei diperingati sebagai Hari Ibu Internasional. 

Di Indonesia, Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Sedangkan di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, Hari Ibu dirayakan pada pekan kedua di bulan Mei. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah Hari Perempuan Internasional atau atau International Women's Day diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Sejarah

Adalah Anna Jarvis (1864-1948), perempuan yang mencetuskan ide ini. Anna berprofesi sebagai guru sekolah di Philadelphia. Dia sendiri tidak menikah dan tidak mempunyai anak.

Foto Anna Jarvis. Sumber dari sini

Pada tahun 1905, ibu Anna, yakni Ann Maria Reeves Jarvis, meninggal dunia. Ibunya seorang guru sekolah Minggu dan seorang ibu yang luar biasa. Dua tahun kemudian (1907), Anna Jarvis memulai sebuah gerakan untuk membuat Hari Ibu Nasional, agar semua orang lebih menghargai jasa seorang ibu yang telah melahirkan dan mendidik kita.

Perjuangannya ini mendapat banyak pertentangan. Meski begitu, ia tak pantang menyerah. Kerja keras Anna Jarvis bebuah manis karena pada tahun 1914, Presiden Woodrow Wilson akhirnya memproklamirkan Minggu kedua Bulan Mei ditetapkan sebagai hari libur nasional, untuk menghormati para ibu.

Lama kelamaan Hari Ibu berkembang di Amerika Serikat.  Perayaan ini cukup populer dan aktivitas memberikan hadiah meningkat. Hal ini justru membuat marah Anna Jarvis. Ia hanya menginginkan, Hari Ibu adalah hari khusus yang dirayakan secara sentimental, bukan dengan segala yang berbau uang. Yang diminta Anna cukup memberikan Anyelir putih dan sepucuk surat untuk ibu mereka.

Anna mengecam keras orang yang memberikan kartu ucapan dan pernak-pernik lain. Yang dibutuhkan hanya ketulusan dan kesederhanaan. 

Perjuangan Anna Jarvis saat ini masih bisa kita rasakan. Tak ada salahnya jika hari ini kita mengucapkan hari ibu untuk wanita hebat yang telah menghadirkan kita di dunia. 

Selamat Hari Ibu Internasional ^.^



2 comments:

  1. selamat hari ibu internasional itu semua ibu di dunia...kita beruntung bisa jd seorang ibu ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mak..
      Saya belum menjadi seorang ibu yg seutuhnya mak :(
      Mohon doanya ya..

      Delete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com