Wednesday, October 01, 2014

Alas Kaki Serat Bambu

Bambu tentunya tak asing bagi kita karena di Indonesia tanaman ini sangat melimpah. Dimana-mana bisa ditemukan bambu dari ujung barat sampai ujung timur. Tanaman yang tak mengenal musim ini banyak sekali manfaatnya, diantaranya bisa dibuat menjadi serat. Bambu-bambu pilihan diproses dengan teknologi tinggi dengan mengambil serat dalam bambu lalu dicampur dengan bahan-bahan lain sehingga terbentuklah serat bambu.

Serat inilah yang kemudian dipintal menjadi benang. Nah, bahan dasar inilah yang bisa dibuat menjadi aneka produk tekstil dan fashion, diantaranya handuk, baju, sapu tangan, celana, kaos kaki, bahkan sepatu. 

Ya, sepatu dari bambu telah diproduksi di Indonesia. Kurangnya produksi secara massal, membuat harga alas kaki ramah lingkungan ini masuk kategori premium. Meski bahannya masih impor, tapi minat pembeli akan produk ini cukup tinggi. 

Sepatu Serat Bambu dari Sumber

Alas kaki dari serat bambu memiliki bentuk dan corak yang unik karena dibuat dengan cara dirajut. Serat bambu yang sudah dipintal menjadi benang lalu dirajut sesuai corak yang diinginkan kemudian diberi alas di bagian bawahnya.

Dengan bahan alami maka sepatu serat bambu ini mempunyai kelebihan diantaranya :

#Anti Bakteri

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bakteri dalam jumlah sama yang diletakkan pada kain katun dan serat bambu akan didapatkan hasil berbeda. Pada kain katun, bakteri akan berkembang biak dalam jumlah yang besar sedangkan pada serat bambu akan terbunuh dalam waktu 24 jam sekitar 75%.

# Tidak Bau

Permukaan serat bambu yang banyak cekungan dan lubang-lubang menandakan bahwa serat bambu memiliki daya kapilaritas yang tinggi sehingga mempercepat proses penguapan atau mengurangi kelembaban. Di samping itu, struktur pori-pori kecil khusus dalam serat mampu menyerap dalam kapasitas tinggi berbagai zat yang tidak sedap seperti formaldehid, benzene, amonia.

#Anti UV

Alas kaki ini dapat dipakai saat musim panas karena daya tembus serat bambu hanya 0,6% dibanding katun yang mencapai 25%. Ini berarti bahwa memakai alas kaki serat bambu tidak terasa panas atau sejuk.

Mengingat banyaknya manfaat yang positif dari serat bambu seyogyanya pemerintah dapat mendorong industri pembuatan serat bambu agar tidak bergantung pada produk impor. Toh jumlah bambu di negeri ini sangat banyak.


Referensi serat bambu silakan klik di sini








3 comments:

  1. baru tau mbak kalo serat bambu ada kelebihannyajuga menjadi barang-barang cantik seperti ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya banyak ya mbak klo kita mau memanfaatkan :)

      Delete
  2. Bila berminat untuk membeli atau membuat sepatu serat bambu bisa hubungi CV. Citra Baru Busana Jl. Sanggar Kencana VI No. 16A - 16B Sanggar Hurip Estate Bandung Telp. (022) 733 5644 Fax. (022) 731 7309

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com