Tuesday, October 14, 2014

Google Doodle : Hannah Arendt Ulang Tahun ke-108

Tanggal 14 Oktober 2014, hari ulang tahun ke-108 Hannah Arendt, tokoh wanita teoritikus politik asal Jerman, diperingati oleh Google dan dijadikan sebagai logo Google Doodle. 

Hannah Arendt lahir di kota Linden, Hanover pada tanggal 14 Oktober 1906 dari keluarga Yahudi sekular. Kota Linden waktu itu merupakan kota independen tapi sekarang bagian dari Hanover. Arendt dibesarkan di Konigsberg dan Berlin. 



Hannah Arendt belajar filsafat di bawah Martin Heidegger di Universitas Marburg. Ia sering dianggap sebagai seorang filsuf namun ia selalu menolak label itu dengan alasan filsafat berurusan dengan 'manusia dalam pengertian singular.' Sementara Arendt menggambarkan dirinya seorang teoritikus politik karena hasil karyanya menyatakan bahwa 'manusia bukan singular tapi suatu himpunan yang hidup di bumi dan menghuni dunia.'

Hasil karya-karya Hannah Arendt membahas topik tentang politik, hakikat kuasa dan wewenang serta totalitarianisme. Tulisan-tulisannya banyak yang terpusat pada konsepsi tentang kebebasan yang identik dengan aksi politik aktif. Dalam argumennya terhadap asumsi libertarian, ia menyatakan bahwa 'kemerdekaan dimulai ketika politik berakhir.'

Dalam menyusun teori tentang kemerdekaan yang bersifat publik dan asosiatif, ia mengadopsi dari berbagai politisi dari berbagai negara antara lain Yunani, kota-kota di Amerika, komunis Paris, dan gerakan hak-hak sipil pada tahun 1960-an untuk menggambarkan konsepsi tentang kemerdekaan.

Buku berjudul Eichmann in Jerusalem yang bermula dari laporannya mengenai pengadilan Eichmann untuk The New Yorker, membahas tentang 'kejahatan itu bersifat radikal atau akibat dari keluguan.' Hal ini didasari karena orang biasa cenderung menaati peraturan dan mengikuti pandangan masyarakat tanpa berpikir secara kritis akibat dari tindakan atau kelalaian yang mereka perbuat.

Bukunya yang fenomenal berjudul The Origins of Totalitarism, membahas tentang akar-akar komunisme dan nazisme serta hubungan mereka dengan anti-semitisme. Buku ini kontroversial karena membandingkan dua pokok yang sebagian orang percaya tidak dapat ditemukan. 

Pada tanggal 14 Desember 1975 Hannah Arendt wafat dalam usia 69 tahun karena serangan jantung. Ia dimakamkan di Bard College, Annandale on Hudson, New York, tempat suaminya mengajar. 



0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com