Saturday, November 29, 2014

Sambal Tumpang : Olahan Mantap dari Tempe Busuk

Saya suka banget sama sambal tumpang. Masakan ini terbuat dari tempe busuk. Iya, tempe busuk. Ih, enak banget loh tempe ini diolah. Baunya khas, nggak bau busuk. Nah, Senin kemarin saya membeli tempe dan sengaja dibusukkan. Membusukkannya di taruh di tempat terbuka saja, jangan dimasukkan di kulkas. Saya taruh di piring dan ditutup sama wakul kecil yang bolong-bolong. Alhamdulillah, hari ini tempenya sudah bisa diolah. 

Makan sambal tumpang enaknya tuh anget-anget, yang pedes, dan ditambah lalapan. Ces, pada ngiler kan? Langsung saja ya, saya tuliskan resepnya.

Bahan :
Tempe busuk 1 potong, hancurkan setengah halus
Santan dari 1/2 butir kelapa, dipisah antara yang kental dan yang encer
Tahu coklat 10 buah
Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu :
Cabe merah kriting 8
Cabe rawit setan 10
Bawang merah 6
Bawang putih 3
Daun salam 3 lembar
Lengkuas
Kencur kira-kira 2 cm
Daun jeruk 5 lembar
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya

Lalapan (Sesuai Selera) :
Bisa mentah seperti kenikir atau daun poh-pohan
Atau yang direbus seperti daun singkong atau daun ginseng
Kebetulan saya punya tanaman singkong dan daun ginseng di rumah, jadi saya pake untuk lalapan.

Cara membuat :
1. Haluskan bumbu
2. Tumis bumbu sampai harum
3. Masukkan tahu, tumis sebentar agar bumbu meresap
4. Masukkan santan encer
5. Biarkan tahu menjadi matang
6. Masukkan tempe yang telah dihancurkan
7. Biarkan kurleb 3 menit
8. Masukkan santal kental
9. Tunggu sampai mendidih.
10. Sajikan bersama lalapan

Suasana mendung seperti ini cocok banget makan sambal tumpang sama lalapan. Apalagi makannya pake tangan, bikin tambah dan tambah lagi :)

Sambal Tumpang dan Lalapan


5 comments:

  1. kalo sambang ke rumah mbah di kediri,khasnya selalu sambel tumpang,enakkk

    ReplyDelete
  2. Haduuuh membayangkan aroma tempe bosok + kencurnya bisa ngabisin nasi sebakul :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dibayangkan aja Mak, mangga dieksekusi di rumah :)

      Delete
  3. tempe diolah apapun enak, apalagi jadi sambal kaya diatas, kapan-kapan nyoba ah :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com