Monday, December 01, 2014

I Love Monday

Heiy, Desember!

Hari Senin, awal bulan lagi. Biasanya kalau hari Senin identik dengan hari yang dibenci ya. Maklum awal pekan mungkin masih terbawa hawa liburan weekend. Etapi kenapa nggak dibalik aja sih pikiran ini, Senin itu hari yang menyenangkan. Kalau awalnya sudah happy semoga saja seterusnya juga bikin happy. Lha kalau awalnya sudah bete, bisa-bisa mempengaruhi mood seminggu itu loh.

Ngomong sih gampang ya tapi ngelakuinnya susah. Eemm, saya pernah merasakan hal itu, kawan. Berangkat sudah diusahakan pagi apalah daya macet dan berjubel di kopaja sepanjang jalan pernah saya rasakan.  Apalagi berdiri dari Depok sampai Dharmawangsa selama dua jam pernah saya alami. Nyampai kantor, keringat banyak dan capek pula. Tuh kan, ngomong gampang. Tapi saya itu tipe orang yang menikmati setiap kejadian. Apapun itu. 

Banyak yang bilang ke saya 'kalau makan kok dinikmati banget, sih mba.' Padahal saya makan biasa saja. Sebelum makan saya biasakan bersyukur karena masih bisa makan, apalagi kalau gratisan. Saya selalu memikirkan masih ada orang yang belum seberuntung kita. Ada juga yang bilang, kalau saya membersihkan kaca *tugas sewaktu gadis resik-resik rumah* itu dielus-elus. Padahal saya  melakukan biasa saja loh. Tapi dalam kegiatan itu saya mencoba berbicara dengan kaca tersebut. Belum lagi aktivitas pribadi yang lain. Emm, antara lelet dan menikmati beda tipis ya *hehe*.

Hari Senin ini saya kangen sama warna-warni sayuran. Kalau belanja di abang sayur dekat rumah, saya lebih suka belanja pagi, sehabis subuh. Jam segitu masih belum banyak ibu-ibu yang belanja. Jujur, saya nggak suka dengan ibu-ibu yang belanja sambil ngrumpi. Saya lebih suka yang sepi. Saya bebas memilih sayuran yang masih komplit dan segar. Warna-warnanya itu loh bikin happy banget. Saya suka melihat isi gerobak sekedar untuk melihat warna tomat yang merah dan oranye. Atau di sudut kanan ada si terung ungu dan pare. Ada juga suara gemericik ikan emas yang digantung dekat tahu. Ah, saya suka dengan pemandangan itu. Apalagi si abang dan istrinya orangnya baik banget. 

Saya sangat menikmati belanja pagi ini. Tak disangka di akhir belanja, saya baru tahu ada sayur lalap kesukaan yakni daun pohpohan. Daun itu enak banget dilalap dan baunya wangi. Untung saja ada salah satu ibu di situ yang bertanya pohpohan, saya langsung ngeh kalau lalapan tersebut masih di dalam plastik. Tanpa pikir panjang, saya ambil pohpohan yang masih digantung dekat lele. Nggak didekatkan sama sayuran lain. 

Nikmat Pagi Ini
Di pojokan dekat kangkung ada singkong yang dibungkus plastik. Sebelum membeli, saya tanya empuk apa enggak singkongnya. Kata yang jual sih empuk. Saya ambil singkong tersebut dan percaya sedikit dengan omongan penjual. Ketika saya memasak singkong yang hanya direbus dengan gula aren, pandan, dan garam asisten saya bilang kalau singkong di abang tersebut kadang keras atau pahit. Alhamdulillah, yang saya beli enggak loh. Empuk banget. Asisten saya malah nyesel nggak beli singkong. Untuk tombo kecele, saya kasih sedikit itu singkongnya.

Nikmat Kecil
Mungkin ini lebay tapi saya memaknainya lain. Berkali-kali saya mendapatkan berkah-berkah kecil padahal hari masih pagi. Seneng banget rasanya bisa dapet apa yang kita pengenin selama ini meski itu hal yang remeh temeh. Selesai masak saya tersenyum sendiri mengingat hal-hal ini. Dan, ternyata masih ada lagi nikmat yang lain. 

Seperti biasa, ibu menelpon sekedar tanya kabar dan ngobrol ngalor ngidul. Tak disangka ibu dan keluarga saya in sya Alloh akan ke rumah besok Sabtu padahal di minggu kemarin katanya pertengahan Desember. Cepat sekali ya mereka memutuskan mau datang ke rumah atau nikmat Tuhan yang datang ke saya dipercepat ya. Hehehe saya nggak tahu. Bener-bener nggak tahu. Semoga saja mereka dilancarkan semuanya ya menuju ke rumah saya. Aamiin.

Mencoba berpikir positif dan selalu menikmati setiap proses kejadian yang kita hadapi enak juga. Saya merasa sangat happy menjalani hari ini. Dan saya akan selalu bersyukur. Semoga saja ini awal yang bagus di bulan Desember dan akan ada kejutan-kejutan lain di penghujung tahun. Aamiin. I love Monday.








6 comments:

  1. Wah postingan fresh from the oven ya mak? Hidup memang sederhana, yg rumit ambisi kita. Adem baca ini :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak kunjungannya.
      Iya ya ambisi kadang bikin rumit ;)

      Delete
  2. Waaaaah. Jadi ngiler lihat sayur ama singkongnya. Emang sih ya nikmat-nikmat kecil kadang terlewatkan. Suka sama isi postingannya. Positif bangetm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mas Dani.
      Betul, nikmat yang kecil itu juga harus disyukuri..

      Delete
  3. Kadang kita suka lupa mensyukuri hal-hal kecil seperti itu yah Piiiit :)

    Makasih karena sudah diingatkan lewat postingan ini yaaah :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com