Monday, December 01, 2014

Kebiasaan dari SD

Dulu di SD semua hal yang berkaitan dengan tugas sekolah ditulis di sebuah buku namanya 'buku tugas'. Buku tersebut dicatat oleh setiap siswa dengan arahan dari wali kelas. Hari ini mencatat apa saja yang perlu dipersiapkan untuk esok hari. Misalkan ada PR Matematika, mau ulangan IPA, besok membawa perlengkapan prakarya, ada mencongak, membawa pakaian olah raga, ada perayaan di sekolah, minta uang sumbangan, dll. Semua dicatat di buku tugas. Buku tersebut harus ditandatangani oleh orang tua dan wali kelas. Jika orang tua nggak ada di rumah, boleh diwakilkan. Tapi hal itu jarang banget terjadi. Biasanya wali kelas langsung tahu kalau ada tanda tangannya nggak sama dengan tanda tangan sebelumnya.

Yang sering tanda tangan di buku tugasku yaitu bapak, kalau ibu jarang banget tanda tangan. Pernah nih sekalinya ibu tanda tangan, wali kelas nanyain itu tanda tangan siapa. Memang sih sekolahku ketat. Aku bersekolah di SD Katolik yang terkenal sangat disiplin. Begitu pula dengan kedua adikku.

Masih teringat sampai sekarang, setiap pagi kalau ada siswa yang nggak memakai sepatu hitam dan kaos kaki putih akan dipanggil. Kemudian jika ada yang lupa memakai sabuk, siswa tersebut akan diberi sabuk tali rafia sampai pulang sekolah. Setiap Senin ada pemeriksaan gigi, kuku, rambut oleh siswa yang ditunjuk menjadi dokter kecil.

Huwaaa apa karena ini ya lama-lama aku menjadi terbiasa. Terbiasa untuk disiplin. Setiap malam sebelum tidur pasti aku sudah menyiapkan peralatan sekolah, mengecek apa-apa yang dicatat di buku tugas, dan membawa buku sesuai jadwal. Sampai sekarang pun hal ini masih kulakukan. Setiap mau pergi, biasanya aku paling detil membawa perlengkapan yang sudah kusiapkan malam sebelumnya. Makanya aku dibilang rempong sama besties. Lalu kuingat-ingat lagi kira-kira apa saja yang belum dibawa. Kalau ada yang ketinggalan satuu saja, kadang sedih apalagi itu barang yang sangat dibutuhkan. Dan, setiap seminggu sekali pasti aku memotong kuku. Itu harus. Kalau nggak dipotong biasanya perutku akan sakit pas aku makan pakai tangan. Ini beneran loh. Makanya kalau ada acara makan-makan biasanya aku selalu mengecek kuku terlebih dulu. Sayang kan kalau sudah makan enak terus perutnya sakit *hehe*.

Kalau teman-teman apa saja nih kebiasaan dari SD yang masih dilakukan sampai sekarang?



2 comments:

  1. kalau dulu aku ingatnya buku penghubung...kurang lebih sama isinya, plus menyampaikan pesan dari guru or sekolah ke orang tua...tapi, Bo, anakku sekarang juga ada buku yang samaaa lhooo...jadi kebiasaan ini berlanjut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weee, kebiasaan anak dan ibu sewaktu kecil ternyata sama sewaktu sekolah :)

      Delete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com