Monday, December 01, 2014

Mencongak : Sarapan Pagi di SD

Lagi pengen bernostalgia di zaman SD dulu. Siapa yang nggak tau mencongak? Kalau saya nggak salah mencongak itu menjawab soal Matematika yang biasanya sudah di luar kepala. Mudeng nggak? Gini aja deh, mencongak itu identik dengan Matematika. Guru akan memberikan soal tapi bukan soal cerita, soal-soal Matematika pendek yang simpel dan biasanya jawabannya sudah diluar kepala. Misalnya saja soal perkalian, pembagian, volume, dll. Biasanya siswa akan menjawab dengan cepat soal tersebut dan langsung ditulis di buku. Kalau misal kita ketinggalan atau nggak bisa ngerjain nomor tertentu, ya sudah nggak bakal diulang lagi deh pertanyaan tersebut. 

Setiap hari mulai kelas 2 SD saya sudah mencongak. Di sekolah saya, mencongak dikerjakan di buku khusus, yakni buku notes kecil biasanya yang cap Banteng. Bukunya warna warni ada merah, hijau, biru, kuning. Satu halaman biasanya dibagi dua, untuk soal hari ini dan soal berikutnya. Setiap pagi setelah doa bersama, pasti mencongak dulu. Biasanya nggak lama sih, cuma lima atau 10 menit. Soalnya pun cuma sepuluh nomor. Habis mencongak biasanya buku tersebut ditukar dengan teman sebelah, teman di depan atau di belakang. Setelah dikoreksi oleh teman yang lain, buku tersebut dikumpulkan dan diberi nilai oleh guru.

Kalau mendapat nilai bagus sih seneng, kalau nggak kadang ngefek ke pelajaran setelahnya. Manyun dan memikirkan mencongak. Etapi saat ini mencongak masih ada nggak sih? Hayo, yang punya anak atau keponakan silakan ditanyakan. Penting nggak sih mencongak itu? Bagi saya kok penting nggak penting ya *bingung*. Memang sih mencongak itu untuk membentuk pondasi Matematika yang kuat tapi kan kalau ada siswa yang nggak suka Matematika gimana? Etapi jangan salah juga loh, soal-soal tes untuk masuk kerja biasanya berhubungan dengan Matematika dasar. Nah itu dia, kalau masih hapal hitungan dasar berikut satuannya akan memudahkan menjawab atau memahami soal tersebut. 

Buku mencongak kecil yang cap Banteng masih ada nggak ya di tukang foto kopi? Dulu seringnya beli di situ soalnya. 


2 comments:

  1. aku udah lamaaa bangeeet ngg denger kata mencongak :)...tapi bener..ini identik dengan kegiatan kita pas SD yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekedar ingin bernostalgia kok Mak :)

      Delete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com