Sunday, January 25, 2015

Aktivitas Fisik yang Cukup dan Dampaknya terhadap Kesehatan

Indonesia saat ini mempunyai beban ganda masalah gizi. Masalah gizi buruk atau kurang belum juga teratasi, di sisi lain kejadian gizi lebih, jumlahnya meningkat. Yang menyedihkan, prevalensi gizi lebih pada anak-anak dan orang dewasa setiap tahun terus naik. Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat memudahkan masyarakat melakukan aktivitas tanpa bersusah payah mengeluarkan tenaga. Padahal melakukan aktivitas fisik yang cukup berpengaruh pada kesehatan.

Saat ini, mungkin banyak anak yang kurang suka olah raga. Bagaimana tidak, mereka lebih suka bermain game daripada beraktivitas fisik lainnya. Padahal bermain game bukan termasuk aktivitas fisik yang cukup. Hal ini diperparah dengan konsumsi makanan atau camilan yang kurang sehat. Pun begitu dengan orang yang bekerja. Meski ada yang melakukan aktivitas fisik yang cukup tapi jumlahnya masih sedikit dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Dengan aktivitas rutin setiap hari tanpa diimbangi kegiatan fisik yang cukup, sebenarnya kegiatan tersebut tidak membakar kalori yang kita konsumsi. 

Aktifitas fisik yang cukup sangat disarankan agar tubuh sehat, namun banyak yang beranggapan bahwa aktivitas yang sehari-hari dilakukan sering dikatakan olahraga. Antara olahraga dan aktivitas fisik memang berkaitan tapi sebenarnya berbeda. Olahraga termasuk aktivitas fisik, namun tidak semua aktivitas fisik adalah olahraga.

Aktivitas fisik dibedakan berdasarkan intensitasnya. Aktivitas fisik ringan tidak perlu usaha yang banyak, cenderung mudah dilakukan, dan tidak termasuk olahraga. Aktivitas ringan misalnya menyapu, mengepel, dan mencuci. Kalau intensitasnya sedang, disebut juga latihan fisik. Contoh latihan fisik yang tidak terlalu sulit yaitu berjalan dan bersepeda santai. Aktivitas fisik dengan intensitas tinggi disebut olahraga karena membutuhkan usaha yang cukup besar, misalnya berlari dan bersepeda cepat. 

Setiap aktivitas fisik yang intensitasnya berbeda membutuhkan waktu yang berbeda pula. Dalam sehari, anjuran untuk melakukan aktivitas fisik selama 3 sampai 5,5 jam. Sedangkan olahraga lebih baik dilakukan rutin setiap hari. Bisa juga dilakukan tiga kali seminggu dengan alokasi waktu masing-masing 50 menit.  

Berat badan erat kaitannya dengan aktivitas fisik. Orang yang beraktivitas sehari-hari tapi kurang berolahraga bisa saja terkena obesitas atau penyakit lainnya. Karena apa? Akan terjadi ketidakseimbangan energi masuk dan yang keluar sehingga sisa energi yang menumpuk akan diubah menjadi lemak. Perlu diketahui bahwa orang yang obesitas mempunyai resiko tinggi terhadap penyakit degeneratif. 

Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh setelah melakukan aktivitas fisik yang baik dan benar serta dilakukan secara teratur, diantaranya :

*Memperbaiki dan meningkatkan mood
*Tidak mudah terserang penyakit
*Menjaga berat badan
*Memperbaiki kualitas tidur
*Meningkatkan kualitas hubungan suami-istri
*Meningkatkan daya tahan tubuh

Melakukan aktivitas fisik yang berhubungan dengan kesehatan tidak harus mahal. Kita bisa melakukannya di lingkungan dekat rumah misalnya jogging, bersepeda, atau senam. Bahkan, sekarang banyak sekali komunitas yang memfasilitasi kegiatan tersebut sehingga beraktivitas fisik dapat dilakukan secara fun. 


Sumber :





15 comments:

  1. main game membuat yg gerak cuma jemari >.<
    ah jadinya kurang sehat ya? mana cuma ada di dalam ruangan...

    ReplyDelete
  2. Wah, aktivitas fisik kegemaranku jalan-jalan sore sama Eris, anjingku. Bikin badan semakin bugar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 untung ya, Mba.
      Eris seneng diajak jalan, Mba Indinya bugar :)

      Delete
  3. palingan jalan-jalan deket taman mbak

    ReplyDelete
  4. Jadi malu...saya jarang olahraga..:p

    ReplyDelete
  5. menjaga berat badan itu mbak yg kadang sulit kadang juga berat hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan, Mba.
      Menjaga BB ideal susah apalagi umur bertambah ya.

      Delete
  6. Mbak pipit saya berkunjung di blog ini ko merasa paling ganteng sendiri yah, padahal tertarik sama judul postingannya. ah aku nyasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat, Mas Dani masuk kategori pengunjung terganteng :)

      Delete
  7. aku....kapan.....olahraganya .____.

    ReplyDelete
  8. Kalau saya suka dengan olahraga seperti push up, pull up, squat.... kadang juga jogging pagi....

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Blog Archive

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com