Tuesday, January 20, 2015

Batasi Konsumsi Makanan Penyebab Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif bukanlah penyakit menular. Dulu degeneratif disebut penyakitnya orang tua karena mengiringi proses penuaan dan menyerang lansia di atas 50th. Sekarang, kejadian penyakit ini sangat pesat bahkan melebihi penyakit menular. Hal yang mempengaruhi perkembangan penyakit degeneratif yaitu olah raga dan pola makan. Penyakit degeneratif terjadi karena ketidakseimbangan antara energi yang masuk dan yang dikeluarkan. Apalagi masyarakat sekarang kurang berolahraga dan cenderung menyukai makanan yang asin, manis, dan berlemak. 

Sebenarnya takaran yang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan asin, manis, dan berlemak per hari yaitu :

  • 5 gram garam, setara 1 sendok teh
  • 50 gram gula, setara 4 sendok makan
  • 67 gram lemak, setara 5 sendok makan minyak

Makanan asin biasanya mengandung natrium (Na). Konsumsi pangan asin yang berlebihan menyebabkan tekanan di dalam darah tinggi. Banyaknya garam di dalam tubuh akan mengikat terlalu banyak air, padahal keberadaan air di dalam tubuh akan memperlebar pembuluh darah. Jadi jika kekurangan air maka tubuh akan bekerja lebih keras sehingga tekanan darahnya meningkat. Adanya peningkatan tekanan darah membuat jantung bekerja lebih keras, sehingga efek yang ditimbulkan juga semakin besar. Tekanan darah tinggi mengakibatkan pecahnya pembuluh darah dan berakibat stroke. 

Begitu juga dengan konsumsi makanan manis. Rasa manis diperoleh dari gula atau pemanis buatan. Meskipun gula merupakan karbohidrat sederhana tapi dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah. Selain  menyebabkan diabetes melitus, konsumsi gula berlebih dapat beresiko :
  • Obesitas
  • Menurunkan kadar lemak baik (HDL) dalam darah
  • Meningkatkan kanker
  • Mengakibatkan penuaan dini

Lemak di dalam suatu makanan atau masakan akan menambah rasa gurih dan nikmat sehingga banyak sekali orang yang suka mengonsumsi makanan berlemak. Bahan makanan seperti santan, jeroan, atau lauk hewani yang mengandung lemak tinggi harus dibatasi karena beresiko menyebabkan obesitas, penyakit jantung koroner, dan stroke. 

Tapi, perlu diingat bahwa konsumsi bahan pangan asin, manis, dan lemak untuk anak berusia 6-24 bulan tidak perlu dibatasi karena mereka sedang dalam pertumbuhan. Zat-zat yang terkandung dalam makanan tersebut masih diperlukan agar organ-organ di dalam tubuh berfungsi dengan baik. 

Sebagai masyarakat awam, kita harus sadar akan pentingnya kesehatan. Tidak usah takut dengan ancaman penyakit yang diam-diam menghanyutkan ini. Untuk mengurangi resiko terkena penyakit degeneratif sebaiknya kita melakukan hal-hal berikut :
  • Mengetahui angka kecukupan gizi harian
  • Kurangi konsumsi makanan instan dan dalam kemasan
  • Memasak makanan sendiri agar kita tahu banyak garam, gula, dan lemak yang dimakan
  • Jangan lupa membaca label pada makanan untuk mengetahui kadar gizinya
  • Olahraga secara teratur

Jelas sekali bahwa kesehatan sangat berhubungan dengan asupan makanan. Asupan yang berlebihan akan menyebabkan penyakit degeneratif atau penyakit yang tidak menular apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga. Benar kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Kalau sudah sakit, biaya yang dikeluarkan untuk sembuh lebih banyak daripada biaya untuk menjaga hidup sehat. Jadikan kesehatan adalah investasi kita di hari tua. 


Sumber :




39 comments:

  1. Ternyata ada makanan yang dibatasi karena penyebab penyakit ya h...

    wah makasih dan salam kenal dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  2. aduhh aku makannya masih sembarangan nih. kerasa deh efeknya ke badan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih diperhatikan lagi Mak makanannya.

      Delete
  3. Aku sudah mulai merasakan makan ga jelas waktu masih belia :(
    "rumah mayanya habis renovasi nih Pit, adem euy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diimbangi olahraga dan diperhatikan lg makanannya.
      Hehe iya mba, udah insap mah saya :)

      Delete
  4. Wah aku banget nih,,, request soal pentingnya air minum tuk next posting mbk pipit

    ReplyDelete
  5. Maaf Mak ... ini kebalik ya: 5 sendok minyak makan ?

    Waah baru baca ttg batas konsumsi itu. Kadar gula saya cenderung mudah naik, krn pada dasarnya saya penyuka makanan manis. Membaca ini membuat saya jadi tahu batasannya untuk berjaga2. TFS ya Mak Pipit.

    Oya blognya sudah dot com rupanya? Wiiih selamat ya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mak koreksinya.
      Hehe iya, Makasih ya, smg bisa terus berbagi lwt tulisan.

      Delete
  6. Aku nih doyan makanan yang gurih2, hasilnya cek kesehatan kemari2 ini, darahku kental dan kadar kolestrolnya udah di atas toleransi. Belum jauh sih, tapi tetep kudu siaga. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, siaga perlu biar sehat terus

      Delete
  7. wah bener juga ya mbak saya perlu investasi juga nih di bidang yang ini....

    ReplyDelete
  8. Makasih Mba Pipit. :D Mencerahkan sekali
    Btw baru tahu nih, ganti domain ya? Selamat ya.. :D

    ReplyDelete
  9. hmmmm.... *manggut-manggut* Ini seperti alarm pagi buat saya, pagi-pagi buka g+ ketemu ini..

    TFS Mbak Pipit.. Semoga kita sehat selalu!

    ReplyDelete
  10. yang penting jangan berlebihan, ya :)

    ReplyDelete
  11. wah,ngeri juga ya mbak..naudzubillah,semoga dijauhkan dari penyakit2 itu.....mulai meminimalisir garam gula dan lemak,dan rutin olahraga.

    ReplyDelete
  12. Penyakit Degeneratif yang paling tinggi sekarang, stroke dan diabetes mellitus... smg kita selalu diberi kesehatan

    ReplyDelete
  13. Waah terima kasih infonya. Bermanfaat sekali nih. Baru tahu asupan maksimal garam, gula dan minyak perhari.

    ReplyDelete
  14. wah kayanya aku sudha melebihi takaran diatas nih

    ReplyDelete
  15. kemarin suamiku sakit tipes, dan nggak boleh makan yg kasar2 seperti nasi..nasi harus diolah jadi bubur dulu..baru boleh bisa dimakan..sedangkan buah cuma pisang aja yg boleh dimakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipus menyerang pencernaan, makanan emg yg halus dulu mba dan bisa kambuh. Smg sehat selalu ya mba :)

      Delete
  16. Tips yang bermanfaat, Pipit...makasiiiiih!

    ReplyDelete
  17. wah, saya suka yg manis mba, kopi tiap hari nih. harus waspada ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, dikurangi gulanya dan frekuensinya :)

      Delete
  18. wah masih konsisten ikutan lomba blog yg menantang ini ya Mba..sukses ya mBa!

    ReplyDelete
  19. artikelnya bermanfaat,terimkasih sudah share :)

    ReplyDelete
  20. wah ternyata banyak makan bisa merusak tubuh dan meningkatkan risiko penyakit degeneratif di usia tua ;)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Blog Archive

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com