Saturday, January 10, 2015

Sitrun Sahabat IRT

Dulu kantor saya kan ada penginapannya yang memudahkan akomodasi orang dari luar daerah selama berada di ibu kota. Kalau ada penginapan pastinya sepaket dong dengan pantry. Jadi ada pegawai yang mengurusi bagian cuci mencuci.

Pas pulang kerja atau jam istirahat biasanya saya melihat si ibu bagian pantry sedang menyetrika. Iseng, saya nanya ke ibu tersebut kok bisa sih seprei dan handuk kantor masih putih dan warnanya tidak pudar. Katanya, beliau cuma pakai sitrun. 

Hah? Sitrun?? 
Bukannya sitrun itu untuk tambahan pembuat manisan agar kecut ya?

Sebagai IRT pastinya saya butuh informasi yang memudahkan pekerjaan di rumah. Kalau pekerjaan jadi gampang dan hasilnya oke, siapa yang nggak seneng coba? Saya jadi ingat percakapan beberapa tahun lalu itu. Makanya saya mencoba menjadikan sitrun sebagai sahabat di rumah. Apalagi harganya murah banget, di warung-warung dekat rumah juga stok melimpah hihihi.

Kalau ada baju yang sudah kusam atau ada nodanya terutama di baju berwarna putih, sebel banget kan? Apalagi kalau baju tersebut baju kesayangan. Mau dipakai kusam, mau dibuang sayang. Nah, coba deh , rendam baju tersebut dengan deterjen lalu tambahkan sitrun 1 bungkus atau 1/2 bungkus. Diamkan beberapa jam. Lalu kucek aja. Kemudian lihat hasilnya. Pakaian pasti bersih dan warna terang kembali. Pemakaian sitrun pada kain atau baju tidak akan memudarkan warna kok.

Oia, sitrun juga bisa digunakan untuk membersihkan kamar mandi. Tinggal dicampur deterjen lalu digunakan untuk bersih-bersih deh. Lebih baik sih diamkan sebentar ya biar sitrun bekerja maksimal. Dengan cara ini, pasti deh ibu-ibu seneng melihat kamar mandi jadi kinclong. 

Kandungan utama pada sitrun atau citric acid pasti asam sitrat. Senyawa ini ditemukan pada daun dan buah golongan jeruk-jerukan. Asam sitrat dapat digunakan sebagai pengawet alami, penambah rasa masam pada makanan atau minuman, serta sebagai pembersih. 

Pemakaian sitrun sebagai alternatif asam sitrat alami dikarenakan lebih praktis dan harganya murah. Sitrun juga sudah mendapat izin resmi dari organisasi kesehatan dunia dan Departemen Kesehatan di Indonesia sebagai bahan yang aman digunakan. Kandungan sitrun mudah terurai oleh tubuh. Kalau sitrun aman sebagai bahan pemberi rasa pada makanan dan minuman (jika tidak berlebihan) maka kalau digunakan sebagai pembersih pastinya aman juga dong. Kan cuma bagian tubuh luar aja yang terkena sitrun. Iya kan? 








18 comments:

  1. jadi...sitrun itu ya slama ini yg bisa ngerawat warna pakaian...padahal mudah banget ya...

    ReplyDelete
  2. besok nyoba akh pada jaket yang kemarin kena saos pas makan ba'so.
    mumpung besok libur gawe :-p

    ReplyDelete
  3. ternyata sitrun serbaguna ya...bisa membersihkan kamar mandi pula....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terimakasih Pak Har kunjungannya.

      Delete
  4. selain buat mutihin dan bersihin pakaian,sitrun juga bisa buat bersihin kamar mandi yang kuning mbak,q dulu waktu ngekos bersihin kmar mandi pakai sitrun,dicapur air,disiram ke dinding,diamin,digosok pura2 aja pasti dijamin kinclong mbak hehehe

    ReplyDelete
  5. wow pengetahuan baru yang sangat bermanfaat untuk kepentingan kebersihan dan keawetan alat dan peralatan rumah dan rumah tangga nih,dengan sitrun semua keinginan soal bersih dan awet bakal terpenuhi.
    setok sitrun ah

    ReplyDelete
  6. baru tau kalau ternyata selain untuk memutihkan pakaian sitrun bisa juga di pakai buat bersihin kamar mandi.nice info :)

    ReplyDelete
  7. Pantes mama ku sedia sitrun di rumah, Mbak.. :D

    ReplyDelete
  8. Makasih mbak buat infonya
    Barusan sudah aku praktekkan buat seragam sikecil dan hasilnya,,,,wowwww

    ReplyDelete
  9. sitrun ky pa y say ..trus untuk membelinya biasa nya ada dmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di warung/pasar ada, Mba.
      Biasanya untuk penambah rasa kecut kalo bikin manisan/minuman.

      Delete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Blog Archive

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com