Thursday, January 15, 2015

I Love You, KEB

Bulan Januari, saya pasti ingat kalau KEB ulang tahun. Apa itu KEB? Memangnya ada yang belum tahu KEB ya?

KEB singkatan dari Kumpulan Emak Blogger, suatu komunitas bagi perempuan yang suka menulis di blog. Meski ada kata 'emak' tapi anggota grup ini engga semuanya emak, kok. Maksudnya ada perempuan yang masih lajang. Kalau saya pribadi, menyebut KEB adalah wadahnya perempuan Indonesia di dunia blog. Banyak banget anggota KEB, mulai dari IRT, mahasiswa, emak-emak kantoran, pengusaha, pokoknya banyak deh. Mau tinggal di Indonesia atau di luar negeri, semua ada. Asal kita perempuan dan punya blog, pasti deh, boleh bergabung. Kalau mau tahu caranya sila baca di sini, ya. 

Awal kenalan dengan KEB karena tidak sengaja. Maklumlah saya ngeblog belum ada setahun dan sedang rajin-rajinnya waktu itu mencari info mengenai komunitas menulis di blog. Setelah ke sana ke mari akhirnya saya nemplok di blog emak yang menulis tentang 'KEB di Mataku.' Dari situ saya mulai ngubek-ubek tentang KEB. Entah kenapa saya langsung suka dengan KEB. Mungkin karena saya nyaman berada di komunitas sesama perempuan jadi kalau mau tanya atau share di grup nggak merasa canggung. Karena semangat untuk bergabung menggebu-gebu, saya langsung memutuskan mendaftar. Alhamdulillah nggak lama langsung diterima sama Mak RT, yakni Mak Sary Melati. Katanya sih, sekarang banyak yang antri untuk diterima jadi anggota. Sabar aja, ya. Jangan menyerah!

Banyak banget manfaat yang saya rasakan sejak ikut KEB. Banyak mendapat teman baru yang meski masih bersilaturahim di dunia maya tapi sapaan dan komentar mereka serasa di dunia nyata. Hubungan berlanjut jika sudah kopdar. Hehey, seru ya kalau kopdaran. Ada banyak makanan dan banyak hadiah ternyata. 

Jika saya blog walking ke anggota lain yang saya rasakan semangat dan komentar positif dari tulisan-tulisan mereka. Dari situ saya terpacu untuk terus belajar. Bukan hanya soal menulis tapi juga soal kehidupan. Bukankah kita bisa belajar dari pengalaman orang lain? Belajar itu bisa di mana saja. Belajar itu tanpa batas. Apalagi sekarang internet dan gadget sudah bukan menjadi barang mewah, tapi suatu kebutuhan. 

Menjadi seorang perempuan utamanya untuk keluarga di zaman sekarang harus bijak dan pintar. Karena jika tidak, berbagai inputan informasi yang belum tentu benar malah membuat bingung dan pusing. Jika kita berada dalam suatu komunitas yang bisa dengan mudah sharing ilmu dengan perempuan lain, kenapa tidak? 

Meski beberapa emak ada yang mendapat manfaat secara materiil dari komunitas ini, saya yakin pasti berkat tulisan mereka. Bukan karena hubungan kedekatan atau apalah yang biasa terjadi di dunia nyata. Dunia maya tak bisa disamakan dengan dunia nyata karena sangat suportif dan kompetitif. Meski saya belum mendapat manfaat secara materiil seperti emak lainnya, tapi saya tak ambil pusing. Yang penting saya happy. Saya bisa menjadi perempuan yang berkembang meski belajar dari tulisan-tulisan emak di blog. Saya tidak merasa sendiri walau menyandang predikat sebagai ibu rumah tangga. 

Namanya juga grup yang anggotanya ribuan pasti ada anggota yang kadang merasa iri. Mereka iri karena sebagian besar acara KEB dilaksanakan di Jabodetabek, bukan di daerah mereka. Jujur, saya pun tidak kenal mereka semuanya, apalagi daerah mereka. Untuk itu alangkah baiknya jika KEB membentuk semacam anak cabang di masing-masing daerah yang memfasilitasi kegiatan anggota di daerah tersebut. Masing-masing daerah ada koordinatornya untuk memudahkan komunikasi. Dengan dibentuk semacam itu, masing-masing daerah bisa saja memberikan reportase tentang kegiatan mereka. Siapa tahu, kegiatan tersebut bisa diikuti oleh daerah lain. Biar tambah asyik, bisa juga dibuat penghargaan anggota daerah mana yang aktif. Dengan begitu, anggota di tiap-tiap daerah semakin akrab dan tambah semangat untuk berbagi ilmu atau kegiatan yang bermanfaat melalui tulisan.

Ucapan terimakasih saya berikan kepada Makmin KEB, yakni Makpon Mira Sahid, Mak RT Sary Melati, Mak Puh Indah Juli, beserta makmin-makmin lainnya yakni Mak Vema Syafei, Mak Irma Susanti, Mak Lusiana Trisnasari, dan Mak Sumarti Saelan. Tanpa emak-emak tangguh tersebut KEB tidak mungkin bisa sebesar ini. Tanpa mereka, KEB tidak mungkin bisa menyelenggarakan kegiatan yang oke. Terimakasih banyak ya Mak untuk meluangkan waktunya mengurusi emak-emak Indonesia yang punya blog. Terimakasih untuk kesabarannya menghadapi kami, anggota yang mungkin bikin kurang sreg di hati. Meski baru berusia 3 tahun, tapi KEB sangat memberikan manfaat yang positif kepada anggotanya. I love you, KEB.












26 comments:

  1. salam kenal mak, maaf baru bisa mampir. Aku save ya blognya. Selamat ulang tahun untuk KEB

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga buat mama cal-vin :)

      Delete
    2. Mbak Lid, kenalan lagi, nih?
      Kan dulu pernah ketemu di Mang Kabayan hihihi.

      Delete
  2. selamat ulang tahun buat KEB
    semoga dengan adanya komunitas ini bisa memberikan inspirasi juga memberikan efek hal-hal yang baik ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, terimakasih Kang Jum doanya :)

      Delete
  3. Hepi Milad, KEB. Semangat ngeblog selalu ya, Mak :)

    ReplyDelete
  4. wah, ayoo Pit, semangat teruss ngeblognya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoii, Mak..
      Senang kenal ama dirimu :)

      Delete
  5. met milad buat KEB, karena KEB pula aku bisa kenal mbak Pipit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Dwiii..
      Seneng ikut KEB bisa kenal temen2 yang asyik.
      Daku jg seneng bisa kenal Mba Dwi :)

      Delete
  6. Setujuu KEB dbuatin cabang2:)

    ReplyDelete
  7. yuk saling menyemangati ya mbak, biar ilang rasa malasnya, hidup KEB!

    ReplyDelete
  8. kita kenal lewat KEB ya mak??lupa2 inget xixixi....eh iya ding,g ada join this site jadinya g bias lihat posting an baru di dasbordku...taunya pas share di KEB...

    ReplyDelete
  9. Semangat ngeblog terus ya, Mbaaaak :D

    ReplyDelete
  10. Halo mak, salam kenal. Semoga kita tetap eksis ngeblog dan saling menyemangati. Luv KEB juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hei Mak Khalida, salam kenal juga ya ;)

      Delete
  11. KEB, komunitas para srikandi... Happy milad yak...

    ReplyDelete
  12. Selamat ulang tahun buat KEB.
    banyak manfaat positifnya yah, mbak. semoga komutias ini semakin ramai, makin banyak yang menginspirasi kami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih utk doa dan perhatiannya.
      Aamiin semoga KEB tetep bisa menginspirasi.

      Delete
  13. salam kenal mbak...trimksh sharenya salam sukses....www.prananingrum.blogspot.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Blog Archive

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com