Sunday, January 04, 2015

Nara Identik dengan Rusa

Biasanya para pelancong mengunjungi Kyoto, Osaka, dan Nara dalam satu paket. Mungkin karena Nara berada diantara Kyoto dan Osaka. Tempat wisata yang sering menjadi jujugan wisatawan yaitu Kohfukuji Temple dan Todaiji Temple.

Di kuil-kuil tersebut banyak sekali rusa yang bebas berkeliaran. Rusa-rusa tersebut paling banyak ditemui di taman dekat Kohfukuji Temple. Rusa-rusanya lucu sih tapi kadang nakal juga. Mereka tak segan merebut makanan pengunjung. Ada lho pengunjung yang dikejar sama rusa karena tidak diberi makanan. Rusa-rusa yang ada di situ dibiarkan berkeliaran dan boleh diberi makan oleh pengunjung. Kalau tak mau repot, beli saja makanan rusa yang dijual di situ. 

#Kohfukuji Temple

Kuil ini letaknya paling dekat dengan Nara Station. Tak ada angkutan lain selain jalan kaki sekitar 500 meter. Kohfukuji merupakan kuil Budha yang pada masa jayanya mempunyai ratusan bangunan tapi sekarang hanya tinggal beberapa saja. Bangunan yang penting di kuil ini yakni Five Story Pagoda karena merupakan pagoda Five Story tertinggi kedua di Jepang. Maka bangunan ini menjadi landmark di kota Nara. 


Bangunan-bangunan di area Kohfukuji umumnya berupa kuil berukuran besar dan telah berusia ratusan tahun. Tak heran kalau bangunan yang ada di Kohfukuji khususnya dan Nara pada umumnya masuk dalam daftar UNESCO.


#Todaiji Temple

Seperti biasa kami berjalan kaki lagi menuju kuil Todaiji. Kuil ini lebih besar dan lebih terawat. Halaman Todaiji sangat luas dan rindang serta banyak rusanya. Lagi-lagi, hati-hati dengan rusa yang banyak bersliweran di taman Todaiji. Ada wisatawan yang dapat 'hadiah' dari si rusa hihihi. 

Saya dan suami terpana melihat pintu gerbang Todaiji yang sangat besar dan terbuat dari kayu tebal. Tinggi pintu gerbang ini kurang lebih 8,5 meter. Di kuil ini juga ada museum yang gratis untuk umum. Museum ini lumayan buat istirahat dan numpang ke toilet hihihi.


Jujur saja, saya dan suami suka banget dengan penataan taman di kuil ini. Untungnya waktu itu musim semi, jadi kami bisa melihat rimbunnya tanaman yang mempercantik Todaiji Temple. Kuil dengan taman asri serta danau buatan yang bersih menjadi pemandangan yang sayang dilewatkan untuk difoto. 


Kami menuju ke main hallnya yang bernama Daibutsuden, yang mana di situ ada patung Budha yang gedhe banget. Sayangnya untuk masuk ke sana harus bayar dulu. Jadi ya kami putuskan tidak masuk dan foto di luar saja toh di museum tadi kami sudah foto dengan tangan Budha hihihi. 


Habis dari Todaiji kami balik lagi ke stasiun melanjutkan perjalanan ke Osaka. Selama perjalanan balik, kami sempat kepanasan dan mencari tempat berteduh. Saking capeknya, saya ketiduran di tempat ini lumayan lama. Suami sempat ngomel, piknik kok malah tidur. Maklumlah, saya kan cuma ala backpacker hihihi. Toko-toko di sepanjang Nara tidak ada yang membuat kami tertarik untuk masuk, takut kalap soalnya. Cuma mampir sebentar di Daiso yang ukurannya lebih kecil dibanding Daiso dekat apartemen kami saat itu. 

8 comments:

  1. Keren, keren, keren!
    Kuil disini memang bagus-bagus ya, Pit...pemandangannya juga ok banget. Tapi yang saya kagum, adalah cara mereka merawat semua keindahan-keindahan itu...rapiiiii sekali...
    Makasih ya udah berbagi cerita dan foto. Siapa tau suatu saat nanti saya bisa kesini ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia Bu Irma, cara merawatnya yg susah karena itu warisan budaya..
      Smg bisa ke sini ya Bu :)

      Delete
  2. Kuil di Nara emang bagus-bagus ya, Mbak.. Aku pernah dikasih fotonya sama native speaker ku. Jadi langsung mupeng kaaaan.. :'

    ReplyDelete
  3. Kuilnya kayak bangunan tua ya mbak, di Surabaya ada juga sih di Kenjeran...kurang lebih sama bentuknya tapi warnanya beda mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah di Surabaya ada juga ya?
      Blm pnh ke sana Mba..

      Delete
  4. Selalu seneng liat kebersihan dan pandainya menjaga peninggalan budaya. Semoga saya bisa kesini juga...someday.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat tempat bersih dan indah memang enak Mba..
      Aamiin utk doanya..

      Delete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Blog Archive

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com