Saturday, January 24, 2015

Pentingnya Mencuci Tangan

Mencuci tangan termasuk hal yang sangat sepele hingga banyak orang yang mengabaikan masalah ini. Padahal mencuci tangan termasuk tindakan mudah dan murah yang mampu mencegah penyakit. Tangan justru menjadi perantara banyaknya bakteri yang masuk ke tubuh. Pentingnya mencuci tangan diharapkan mampu mengubah perilaku masyarakat untuk hidup lebih sehat. 

Apabila memegang uang, sebelum uang tersebut sampai ke diri kita, tahukah uang itu sudah mampir ke siapa saja? Bisa saja uang tersebut mampir ke kernet atau sopir yang tangannya terkena oli atau uang tersebut mampir ke abang sayur yang sedang flu dan menutup hidungnya saat bersin.  Apabila uang tersebut terkena bakteri dan berpindah ke tangan kita lalu kita memegang hidung atau mulut, bisa saja bakteri tersebut masuk ke tubuh kita. Kita tak kan pernah tahu jelajah uang tersebut sudah ke mana saja. Itulah gambaran bagaimana kuman dengan mudahnya berpindah dari satu orang ke yang lainnya. Beberapa penyakit seperti diare, cacingan, ISPA, TBC, bahkan SARS, flu burung dan flu babi dapat dicegah dengan cara mencuci tangan yang benar. 

Mencuci tangan bukan hanya membersihkan tangan pakai air tapi juga perlu menggunakan sabun dan mengetahui cara mencuci tangan yang benar. Mencuci tangan hanya menggunakan air belum efektif dalam menjaga kesehatan dibanding mencuci tangan pakai sabun. Penggunaan sabun dalam mencuci tangan lebih efektif karena lemak dan kotoran akan terlepas saat tangan digosok dan saling bergesekan. Sebaiknya mencuci tangan menggunakan sabun dilakukan di air yang mengalir. Hal ini bertujuan agar kuman yang terlepas ikut terbuang bersama air. 

Lalu, bagaimana langkah mencuci tangan yang benar?

1. Basahi kedua tangan sampai pertengahan lengan memakai air mengalir. Ambil sabun, usap dan gosok kedua telapak tangan. 



2. Usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian.



3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih.



4. Bersihkan kedua ujung jari secara bergantian dengan cara mengatupkan tangan.



5. Gosok kedua ibu jari secara bergantian.



6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok pelan-pelan. Lakukan bergantian.



7. Bersihkan kedua pergelangan tangan bergantian dengan cara memutar. Bilas dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan. 



Kebiasaan mencuci tangan hendaknya diajarkan sejak anak masih kecil karena anak-anak suka sekali menyentuh segala sesuatu yang ada di sekitarnya tanpa tahu apakah benda tersebut kotor atau tidak. Kemudian mereka memasukkan tangannya ke dalam mulut tanpa dicuci terlebih dulu. Akibatnya anak menderita penyakit. Menurut penelitian, pembunuh anak nomor 1 di Indonesia adalah diare padahal penyakit tersebut dapat dicegah melalui hal yang sangat mudah dan murah yaitu dengan mencuci tangan. 


Sumber :




   

22 comments:

  1. Alhamdulillah saya mencoba selalu cuci tangan dan cuci muka, terutama setelah bepergian agar terhindar dari kotoran...

    ReplyDelete
  2. saya malah ga kepikiran mbak kalau masalah uang yang habis di pegang sopir atau kernet :-)
    kalau saya, palingan cuci tangan pas mau makan atau tangan berasa kotor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah betul Kang, mau makan cuci tangan.

      Delete
  3. iya mbak mencuci tangan sebelum makan tuh harus banget malah bisa dikata wajib, kadang anak2 yg langsung nyomot makanannya tanpa cuci tangan terlebih dulu besok harinya langsung sakit, ponakanku sering banget sakit2an soalnya ortunya nggak menjaga kesehatan dan kebesihan anaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kejadian serupa srg sy lihat di keponakan juga.

      Delete
  4. hmm, mencuci tangan itu memang penting ya :)
    banyak banget orang yang menganggap gak penting...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas.
      Makasih ya sudah mampir :)

      Delete
  5. uang jadi sumber kuman terbesar yg sering kita pegang. apalagi yg kucel beud tuuuh :D
    yuk yuk cuci tangan yg benar biar terhindar dr kuman

    ReplyDelete
  6. Iya Piiit...
    aku juga ngajarin anak2 untuk selalu cuci tangan dulu terutama sebelum makan...
    Apalagi si fathir itu hobinya main tanah hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp Bi, asal habis main cuci tangan apalagi sblm makan.

      Delete
  7. Kebersian tangan wajib jadinya, mbak. setiap kali mau makan kue misalnya, atau garuk2. bahaya yah, mbak, kalau ada bakteri yang ada ditangan berpindah ke tubuh kita. kalau saya makan sudah tidak pakai tangan langsung. tapi tetap ngejaga. tapi cara membersihnya gak merata gitu, mbak *dijiwit mbak Pipit. tak perhatikan sela2 gitu nantinya :D

    ReplyDelete
  8. cuci tangan wajib nih kalo habis keman2 dan pegang apa2,apalagi aku makannya sering pake tangan hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan muluk (ga pake sendok) maksudnya?
      Lah, samaan Mba. Nikmat ya :)

      Delete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. kalau saya mencuci tangan sudah jadi keharusan dan kewajiban. Rasanya kalau mau ngelakuin sesuatu kaya gimana gitu klo ngga cuci tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget, Mas.
      Sy juga merasakan hal yg sama.

      Delete
  11. wah bermanfaat banget nih gan , sering dilupakam tuh!

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Blog Archive

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com