Monday, January 05, 2015

Rengginang Lorjuk Bikin Nagih

Saya sempat kaget ketika membaca giveaway dari salah satu kawan yang tinggal di Surabaya. Bukan karena GA-nya atau cara mengikutinya yang gampang tapi karena hadiahnya. Saya tak tahan untuk ikut karena hadiahnya rengginang lorjuk. Mana pengiriman hadiahnya langsung dari Surabaya pula, daerah asal rengginang tersebut. Pasti deh dijamin asli! Setelah pengumuman lomba tersebut, ternyata saya belum beruntung. Kangen berat dengan rengginang satu ini.  

Rengginang adalah camilan yang terbuat dari beras ketan yang dijemur di bawah sinar matahari lalu digoreng dengan minyak panas dalam jumlah yang banyak. Kalau rengginang lorjuk itu hampir sama dengan rengginang biasa tapi ada lorjuknya. 

Masih tak tahu tentang lorjuk? 

Lorjuk itu kerang bambu berbentuk kecil panjang yang banyak terdapat di pantai berlumpur di pesisir pulau Madura. Masyarakat Madura biasanya mencari lorjuk dengan alat sederhana saat air laut surut. 

Pertama kali saya makan rengginang lorjuk sekitar 7 tahun lalu ketika masih bekerja di Semarang. Salah satu rekan memberikan oleh-oleh sehabis liburan ke Jawa Timur. Awalnya sih agak aneh ya melihat bentuk rengginang seperti itu. Bentuknya bulat tak seperti rengginang pada umumnya dan ada titik-titik kecil menghiasi rengginang. Saya kira awalnya itu teri eh ternyata lorjuk. Gigitan pertama makan rengginang lorjuk langsung 

KRES...
KRIUK..
Speechless saya..
Mulut pengin lagi dan lagiiii..
Gurihnya mana tahaaaannn!!

Sejak saat itu saya jatuh cinta dengan rengginang lorjuk. Tekad sudah bulat!! Sampai sekarang, kalau makan rengginang biasa belum bisa mengalahkan nikmatnya rengginang dari Jawa Timur ini. Beneran!!

Credit
Selama tinggal di Depok, saking penginnya, saya pernah membeli rengginang lorjuk dari toko online yang terletak di sekitar sini juga. Sudah lama saya membeli rengginang lewat online tersebut, sekitar dua tahun lalu. Aduh, agak kecewa sih, karena isinya sedikit banget, kurang puas saya. Yang menyedihkan, beberapa rengginangnya ada yang remuk. Huhuhu padahal kan masih pengiriman dalam kota ya? 

Makanya saat ini saya bener-bener pengen makan camilan tersebut. Pengin banget mendapat kado makanan khas ini. Saya kangen dengan gurihnya. Ah, sudah tak tahan lagi dengan gurihnya rengginang yang bikin nagih ini. 




21 comments:

  1. kalo renggingang lorjuk sih tinggal minta dikirim sama mak Dwi aja hehehe...
    emang enak bingit rangginang nya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya, itu GA-nya Mba Dwi..
      Tapi sy emang suka bgt sama rengginangnya.

      Delete
  2. Mbak saya jualan rengginang ini di Surabaya dan emang enak. Hihihi. Semoga menang ya Mba Pipit giveaway nya.. :)

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka rengginang enak kriuk2, tapi yang lorjuk belum pernah nyoba

    ReplyDelete
  4. semoga menang nih GA nya ya...
    kalo butuh rengginang tinggal hubungi aku aja, aku jualan juga kok...hehehe prpmosi disini :)

    ReplyDelete
  5. gurih dan kremes-kremes gitu ya Mbak .... coba sekali-sekali dicelupin ke kopi, enak juga lho mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heh, dicelupin ke kopi?
      Hehe saya kurang suka kopi Mba..

      Delete
  6. Uenakeeee.. Pengen nyicip jugak, Mbak Pit :D

    ReplyDelete
  7. hmm kangen sama makanan ringan yang ini boleh nyicip engga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya aja juga pengen Mba, pengen dikado ini :D

      Delete
  8. wah la ini kalo soal makanan saya semeptin hadir mbak hehe rengginangnya lorjuknya makremess... hehe...kriukk nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yee, kalau gak soal makanan, ga hadir nih?

      Delete
  9. wah, jadi pengen nyobain. suka sm rengginang jg, apalagi yg renyah buatan rumahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, sy juga pengen banget..

      Delete
  10. jadi kaya intip pedes manis kali ya rasanya, nyam..nyam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda Mba..
      Ini gurih, enak pokonya :)

      Delete
  11. Terima kasih atas partisipasinya, Mak. Wah, aku belum pernah ngicipin rengginang lorjuk ini. Kalau rengginang biasa sih sering. Tapi kayaknya endes banget ya, Mak. Sampai Mak Pipit berharap banget dapet ini. Hihihi. Semoga segera bisa ngunyah camilan ini lagi ya :))

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Blog Archive

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com