Saturday, February 21, 2015

Belajar Ngeblog Online

Ini hari terakhir tantangan di grup Learning Forever ( LF ) yang saya ikuti. Grup LF adalah lanjutan dari acara Fun Blogging pada bulan lalu. Setelah acara selesai, tiap peserta akan dimasukkan ke dalam grup LF di facebook. Beruntung banget saya bisa masuk grup ini. Ilmu dan wawasan bertambah dengan belajar ngeblog online.

Awalnya telat masuk grup karena saya lupa dimasukin sama cikgu, hihihi. Jadi grup ini diasuh oleh pengisi acara Fun Blogging yang kece-kece. Mereka adalah blogger profesional yang sering mendapat job. Di dalam grup, kita bisa bertanya, diskusi, sharing ilmu, sharing postingan blog, dan serunya ada tantangan berhadiah. 

Acara Fun Blogging sendiri tidak hanya sekedar transfer teori dari nara sumber ke peserta namun ada juga sesi advancenya. Sesi ini lanjutan dari sesi sebelumnya yang mana peserta akan praktik dibimbing cikgu. Saya belum pernah ikut advance, sih. Di sesi advance, tiap peserta disarankan membawa laptop dan praktik ilmu di tempat bersama cikgu yang saat itu mengajar. Biayanya sangat terjangkau. Sesi advance ini sifatnya tidak memaksa karena tiap kelas dibatasi hanya beberapa orang saja agar lebih enak dan fokus praktik ilmunya. Meski demikian, kuota yang disediakan selalu penuh sampai ada yang waiting list, hihihi. 

Di grup LF sendiri para cikgu nggak pelit untuk sharing ilmu yang mereka kuasai dan tiap anggota bisa bertanya soal blog ke cikgu langsung. Tinggal dicolek saja, mereka akan menjawab kok. Mau tanya tampilan blog, page rank, networking, dan soal tata cara menulis, bisa banget. Saya bersyukur bisa masuk ke grup ini. Padahal akun facebook pribadi sempat vakum dan sekarang aktif lagi sejak ngeblog karena ada beberapa grup yang saya ikuti. Asyiknya lagi, semua grup tersebut bermanfaat dan saya merasa berkembang. Dulu yang awalnya memakai facebook hanya untuk belanja online, sekarang lebih banyak untuk belajar dan bersilaturahim. Benar-benar positif banget. Alhamdulillah saya bisa memanfaatkan sosial media dengan baik.

Yang sedang ngehits saat ini, para cikgu di Grup LF sering mengadakan tantangan menulis. Tantangan ini menurut saya bagus karena bisa memacu untuk update blog. Tantangan menulis sifatnya tidak memaksa anggota. Mau ikut silakan, nggak ikut juga nggak apa-apa. Mereka yang tidak bisa ikut karena kesibukan masing-masing. Saya ambil positifnya saja sebab ingin menghabiskan waktu dengan baik, jadi ikut tantangan post a day selama seminggu. Toh sehari-hari saya tidak repot banget dan aktivitas hanya di rumah saja. Dengan adanya tantangan tersebut, selalu saja ada ide untuk update blog. Kenyataannya blog yang diupdate rutin setiap hari akan merampingkan alexa dan menaikkan page rank. Jujur, saya update blog karena suka saja. Urusan alexa dan page rank nanti dulu. Saya masih tahap belajar ilmu dasar. Oia, biasanya tantangan yang diberikan cikgu ada hadiahnya. Setahu saya, hadiah tantangan sebelumnya bertemu dan berlatih yoga bersama Mas Adjie Silarus. Keren kan? Sayang banget, saya nggak ikut tantangan tersebut, huhuhu. 

Maraknya sosial media yang beraneka ragam sebaiknya dapat disikapi dengan baik. Jangan sampai menggunakan sosial media secara berlebihan tapi manfaatkan agar memberikan efek positif untuk kehidupan kita. Salah satunya ya dengan belajar ngeblog online. ^-^







9 comments:

  1. Saya sampai sekarang masih terus belajar ngeblog mbak dan gak hebat-hebat, tapi cukup bangga dari itu dapat banyak ilmu dan kenalan blogger yang baik hati...

    Salam blogging dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  2. asyik ya kalau bisa masuk komunitas yang positif, tentu saja bisa jadi penambah semangat :D

    ReplyDelete
  3. yah,sayang banget saya g bisa masuk di group itu huhuhu. mentor2nya pasti keren...tapi setidaknya setiap main kesini dapat ilmu ngeblog,getok tular hehehe.

    ReplyDelete
  4. Saya saya sukai dari komunitas emak blogger adalah mereka nulis dengan hati tanpa harus mikir SEO dan uang.

    ReplyDelete
  5. Semoga makin sukses ngeblog-nya ya mba Pit :)

    ReplyDelete
  6. Whoaaaa...
    asyik sekali yah Piiit, bisa mendapat banyak ilmu tentang nge-blog :)

    Memang sih sering update blog dapat bikin alexa makin kurus dan PR blog naik...
    Tapi yah begitulah..walopun aku cuma emak2 yang nongkrong dirumah, sanggupnya hanya posting seminggu sekali doang lho Piiit...huhuhu...
    *salahkan aja si remote dipidi*

    Makanya sekali posting suka bales dendam, panjang lebar dan melimpah ruah..bhuahahaha...

    ReplyDelete
  7. sip deh..semoga kita bisa belajar banyak yah di grup ituh...

    ReplyDelete
  8. semoga kita terus konsisten ngeblog, ya :)

    ReplyDelete
  9. wah sy salut dngn produktifitas mbak pipit dlm menulis.. tetap konsisten. salam

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com