Friday, February 13, 2015

Layanan E-Banking BRI Syariah Memakai E-Token

Tahun 2011 saya menjadi nasabah BRI Syariah (BRIS). Memilih bank sebagai tempat menabung pasti ada maksud dan tujuannya. Waktu itu saya hanya mencari bank yang biaya administrasi per bulan minim atau kalau perlu tidak ada sama sekali. Setelah googling, akhirnya ketemu dengan BRIS yang biaya admin per bulan nihil. Kemudian saya membaca syarat membuka tabungan dan fasilitas-fasilitas yang ada. Kemudahan   aturan saldo awal dalam membuka tabungannya sangat terjangkau, kalau nggak salah saldo awal waktu itu hanya Rp.50.000,-. Terus biaya transfer dan tarik tunai di ATM manapun juga gratis. Asyiik, saya mantap untuk menabung. Tapi sayang, fasilitasnya waktu itu hanya ada tabungan dan ATM. Boro-boro ada e-banking, mobile banking saja nggak ada, huhuhu.

Bertahun-tahun menjadi nasabah BRIS berharap ada fasilitas e-banking agar usaha online saya waktu itu lebih mudah dan bisa efisien waktu. Ternyata BRIS berkembang dengan meluncurkan layanan mobile banking. Saya pernah memakai layanan mobile banking dengan cara mendownload aplikasi lewat play store. Sayangnya notifikasi dari aplikasi tersebut memakai SMS yang biayanya lebih mahal dari SMS biasa, huhuhu. Jujur sih, saya kecewa. Apalagi aplikasi tersebut memperberat aplikasi lain di HP, makanya beberapa bulan kemudian uninstall. Saya merasa sayang sama pulsa SMS-nya. Karena waktu itu saya membutuhkan layanan yang cepat dan efisien, hal ini membuat hati mendua. Iya, keputusan untuk membuka rekening bank lain yang ada e-bankingnya sudah bulat. Hal ini membuat BRIS seperti anak tiri. Beberapa bulan saya tidak memakai layanan BRIS, kalau pun transfer seperlunya saja.

Lama tidak berhubungan dengan BRIS, membuat saya iseng mencari keyword e-banking BRIS. Eh, ndilalah kok ada artikel tentang e-banking BRIS. Saya penasaran dan horeee akhirnya BRIS ada layanan e-banking. Layanan ini baru dilaunching Desember tahun 2014. Lah, saya baru tahu akhir Januari kemarin. Ke mana saja saya selama ini? hihihi. Saya tahunya hanya informasi mengenai pengambilan gratis di ATM bersama. Sejak adanya aturan baru pada November 2014 mengenai kenaikan biaya transaksi di ATM bersama, untungnya BRIS masih memanjakan nasabahnya. Asalkan saldo minimal Rp.500.000,- maka semua transaksi di ATM bersama gratis. Iya, gratis. Enak banget kan? Nah, ini yang saya suka hihihi. Secara saya suka belanja online dan mengambil uang seperlunya. Dengan adanya aturan ini lumayan menghemat pengeluaran karena kenaikan biaya di ATM bersama sama sekali tidak berpengaruh pada jumlah saldo. Menjadi IRT memang kudu pintar mengatur pengeluaran kan? *tsaaah.

Saya sangat antusias dengan layanan e-banking BRIS karena memang sudah lama menantikannya. Setelah membaca artikel dan cara agar bisa memanfaatkan layanan ini, saya melakukan registrasi secara online di ibank.brisyariah.co.id. Saya ikuti instruksinya pelan-pelan. Mudah banget kok cara mendaftarnya. Setelah itu ada notifikasi untuk datang ke kantor cabang BRIS terdekat. Esoknya, saya datang ke kantor BRIS yang ada di Margonda untuk melakukan aktivasi. Syaratnya cuma membawa KTP, buku tabungan, dan ATM. Setelah bertemu dengan mbak-mbak customer servicenya, akhirnya layanan e-banking bisa digunakan. Ketika saya minta token fisiknya, mbak CS bilang kalau layanan e-banking BRIS memakai e-token. Jadi saat transaksi nasabah akan mendapat token lewat SMS. Enaknya lagi, pulsa kita nggak kepotong lho dengan adanya SMS token ini. Suka banget sama perkembangan BRIS yang telah memberikan kemudahan layanan kepada nasabahnya. Cara transaksi di e-banking pun cukup simpel dan cepat. Minimum transfer melalui e-banking hanya Rp.10.000,-. Sedangkan biaya transfer ke bank lain juga gratis asal saldo di atas Rp.500.000,-.

Layanan e-banking BRI Syariah

Karena layanan ini baru, pada awalnya sering terjadi error. Misalnya saya tidak bisa login dengan password baru, malah terkena blokir. Kemudian saya telepon BRIS dan disuruh datang di kantor cabang Margonda dengan membawa buku tabungan, ATM, dan KTP. Setelah membuka blokiran, alhamdulillah lancar. Tapi kemarin siang saat mau transfer ke bank A sempat error, ada notifikasi 'inquiry gagal'. Anehnya, saya mencoba transfer ke bank B kok bisa. Aneh kan? Saya telepon lagi dan mengeluhkan masalah ini. Petugas yang mengangkat telepon memberikan informasi bahwa layanan e-banking saat itu sedang dimaintain sampai sore. Nah, baru pada pukul 20.40 saya mencoba transfer lagi ke bank A, alhamdulillah lancar dan prosesnya cepat. Semoga seterusnya juga lancar dan tidak ada kendala lagi.

Melalui postingan ini saya mengucapkan terimakasih kepada BRI Syariah yang sudah menyediakan layanan e-banking. Meski awalnya sering bermasalah menggunakan layanan ini tapi respon CS-nya cukup bagus. Semoga BRIS selalu melayani dan memberikan yang terbaik untuk nasabahnya, ya. 




















34 comments:

  1. Aseegggg terdampar di waktu yg tepat. Koqbtau sih mak pit daku lg pgn buka rekening...ni dah enaknyaa bw, tfs ya mak pit :)

    ReplyDelete
  2. Aseegggg terdampar di waktu yg tepat. Koqbtau sih mak pit daku lg pgn buka rekening...ni dah enaknyaa bw, tfs ya mak pit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mak.
      Semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  3. Saya juga nasabah BRI tapi yang Britama. Dan ya, memang penggunaan e-banking ini benar-benar sering membuat sedih. Errornya itu loh mak, bahkan akhirnya saya nyerah dan hanya menggunakan fasilitas sms banking aja. Soalnya sudah lebih dari tiga kali bolak balik benerin akun blokir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya, manajemen BRIS beda dgn BRI biasa. Jadi kalo Britama, sy belum pernah pakai.

      Delete
  4. Temenku kerja di BRIS maaak, hehe. Tapi sayanya ampe sekarang blom punya rekening BRIS, haha. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga papa Mak, sy cm sharing pengalaman aja kok.

      Delete
  5. wah enak banget biaya transfer gratis asal saldo di atas 500rb... kalau biaya administrasinya berapa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya admin per bulan gratis juga Pak.

      Delete
  6. asyik kalau udah bisa pakai token ya layanannya

    ReplyDelete
  7. Mudahnya bertransaksi di jaman sekarang...

    ReplyDelete
  8. Kenapa punya saya selalu keluar Inquiry gagal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah sekali transfer di atas 2 juta bisa.
      Kemarin juga ga bisa lagi, saya coba transfer maksimal 2 juta (bertahap transfernya).
      Semoga membantu.

      Delete
    2. udah dicoba nominal yang berbeda hampir tiap hari selama lebih dari dua minggu tetep aja inquiry gagal [76] kadang inquiry gagal [99], padahal kata cs udah aktif di sistemnya..

      Delete
    3. Kalau begitu, maaf, saya kurang tahu.
      Pengalaman saya demikian dan alhamdulillah bisa transfer meski bertahap.
      Sama, kalau gagal terus, saya juga telepon BRIS dan direspon baik.
      Maaf ya kalau kurang berkenan.

      Delete
    4. OK.. makasih infonya., senang bisa sharing..

      Delete
  9. ya, tapi sayangnya mulai 6 mei 2015 nanti semua layanan bri syariah TIDAK GRATIS LAGI, alias jadi sama saja dengan bank-bank lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. O ya? Duh sayang ya. Terimakasih infonya.

      Delete
  10. Tarik tunai di atm sndiri bayar, ga seru

    ReplyDelete
  11. Mulai 6 mei bsk,,, sungguh kbijakan yg aneh,,, tarik tunai,, cek saldo,, di atm sndiri pke bayar,,, klo yg lain2 msh maklum bayr,,, atm bris cma dikantor syariah doang,,, pke atm bri bsk dilarang free lg,,, hadeeeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya posting sebelum ada kebijakan ini.

      Delete
  12. Mbk q jga pake e-banking enak sich lancar,saya mw nanya mbk kalo mw ngeliat notifikasi pengiriman sukses di mana ya..
    Q ngeliat nya cuma skali ja tak cari lagi gk dha waktu itu liat di download FPD atw apa gt lupa q mbk...
    Klo pake mobilebris kan enak tinggal liat di inbox...
    Q bingung kalo mw ngeliat lagi di internet banking nya qc gk dha ya soal nya q jga baru menggunakan e-banking..
    Mksh ya mbk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya lupa di mana. Tapi dulu kayaknya ada deh. Maaf, skrg saya jarang bertransaksi online.

      Delete
  13. lama nggak ngurus nih rek BRiS .
    gara2 kemarin dapet transferan masuk ke rek BRiS ..
    semalem iseng2 googling Internet Banking BRiS ..

    Alhamdulillah... ( kemana saya selama ini ) ... :)

    mudah2an kedepan BRiS semakin nambah fasilitas dan tetap memanjakan nasabahnya..

    amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi belakangan banyak yg komplain dan nanya di blog saya. Salam sesama nasabah BRIS.

      Delete
  14. saya ada pengalaman kurang mengenakan dengan BRI Syariah. yang berkenan bisa mampir kesini sebagai pembanding biar tidak terlalu tinggi ibank bris http://herih2o.blogspot.co.id/2016/01/jengkel-dengan-internet-banking-bri.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak utk sharing pengalamannya. Semoga pembaca yg lain juga bisa tahu.

      Delete
  15. kmarin saya baru aj bka rkening d bri syariah, cmn msh rda was2 makenya, soalnya dr komen2 di forum2 byk yg sewot ma bri syariah, ebanking error, trnsferan gk smpe, dll, sbenrya gmn sih mb, msh enak dpke ato gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini saya hanya nasabah yg ingin sharing pengalaman. Selama ini pakai BRIS saya baik2 aja meski skrg saya jarang pakai krn memang jarang melakukan transaksi online.

      Delete
  16. kemaren saya baru daftar ibanking
    tapi heran setelah di daftarin kok gak di kasih e-token
    nah nemu penjelasan mba ini
    akhirnya saya coba transfer, tapi tetap katanya token belum di aktivasi
    entah kenapa?
    ada saran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanyakan ke CSnya atau telepon ke layanan konsumennya. Saya di sini jg nasabah biasa kok.

      Delete
    2. Wah... Senasib kita abang @dragon,padahal pas awal buka rekening yg berbau aktivasi elektronik sudah done semua sama mbak2 CS banknya,anggepannya pas make ebanking tinggal transaksi aja...eh ternyata anggapan itu semua salah akibat iming2 administrasi bulanan gratis

      Delete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com