Thursday, February 12, 2015

Hidup Lebih Mudah dengan Sedekah

Secara pemikiran manusia apa yang dikeluarkan akan mengurangi apa yang dimiliki. Hitungan Matematika di sekolah mengajarkan bahwa 3-2 = 1. Tapi hal ini tidak berlaku bagi hitungan sedekah. Apa yang sudah dikeluarkan oleh manusia semua akan diganti dan dibalas bahkan dengan jumlah yang lebih banyak. Tak hanya dalam bentuk materi tetapi bisa saja hidup menjadi lebih mudah dengan sedekah. Kadang kemudahan-kemudahan tersebut tidak kita sadari sebagai imbalan atas apa yang telah kita keluarkan.

Banyak sekali hal-hal yang tidak diduga terjadi dalam hidup saya selama ini. Memang saya dan suami merutinkan untuk melakukan sedekah baik di daerah tempat tinggal maupun di kampung halaman. Kebetulan di tempat tinggal saya ada kegiatan santunan yang rutin dilakukan sebulan sekali kepada anak yatim dan janda miskin. Penggagas kegiatan tersebut adalah ustadzah sekaligus pamong RT. Setiap ada rezeki, saya dan suami selalu berusaha untuk ikut dalam program tersebut. Kami menyumbang dalam nominal yang tidak begitu besar. Pun begitu kepada kerabat dan tetangga di kampung halaman. Meski jaraknya jauh, setiap ada yang membutuhkan saya usahakan untuk dapat membantu meski secara nominal jumlahnya sedikit. Dengan begitu, saya dan suami merasa bahwa tali silaturahim tetap terpelihara dengan baik. Ada bahagia yang tidak bisa diungkapkan ketika bisa membantu sesama.

Setelahnya ikhlas dan lupakan apa yang telah dikeluarkan. Balasan yang saya terima tak selalu dalam wujud materi dan tidak terjadi saat itu juga. Kesehatan, rezeki yang tak diduga, dan beberapa kemudahan adalah berkah atau imbalan dari-Nya. Saya yakin bahwa apa yang saya alami dalam hidup merupakan satu rangkaian yang tak terpisahkan.

Misalnya saja saat saya kehilangan tempat HP rajut kesayangan di bus dari bandara ke rumah. Saya yakin phone pouch tertinggal di dalam bus. Ketika saya telepon bus tersebut, sudah pasti barang hilang karena tidak diketemukan. Saya mencoba ikhlas dan instropeksi diri. Tak disangka, saya mendapat ganti phone pouch rajut sebanyak dua buah yakni dari sahabat dan ibu. Sungguh, saya tidak menyangka akan mendapat ganti yang lebih banyak.

Saat ini, saya dan suami sedang ambil KPR rumah kedua setelah yang pertama lunas. Bisa dibilang kami nekat mengambil kredit karena uang di tabungan sudah habis. Kami pasrah dan yakin saja pasti ada jalan dan mencoba berpikir positif. Alhamdulillah, doa kami dijawab. Suami ditugaskan oleh kantornya yang mana uang tersebut mampu untuk melunasi DP rumah. Lagi-lagi, saya dan suami tidak menyangka akan hal ini. Malah bisa dibilang kami mendapat rezeki yang cukup.

Sedekah tak selalu soal materi. Dengan memberikan senyuman dan mencairkan suasana di dalam angkutan pun bisa menjadi ladang amal untuk kita. Saya kebetulan sedang berobat di daerah Jakarta Timur. Pergi sendiri dengan angkutan umum ke sana belum pernah saya lakukan. Boro-boro ke sana, tahu daerahnya saja enggak. Dengan modal yakin, saya berangkat dan duduk bersebelahan dengan seorang wanita yang tampak letih. Saya mencoba mencairkan suasana dengan tersenyum dan mengajak ngobrol. Ternyata, wanita tersebut turun di daerah yang saya tuju dan mengarahkan angkutan yang lebih mudah. Kaget dan senang karena mendapat kemudahan lagi. Ungkapan syukur tak henti-hentinya saya ucapkan dalam hati. Tuhan selama ini tidak tidur dan selalu memberikan pertolongan dengan cara yang tidak saya duga sebelumnya.

Apa yang saya yakini akan saya lakukan dengan ikhlas. Biarkan Tuhan yang mengatur. Biarkan Dia yang memutar dan mengembalikan. Saya tidak pernah ragu dengan janji-Nya. Jika Tuhan telah berfirman akan melipatgandakan apa yang telah kita keluarkan, apakah engkau masih meragukannya?





http://fadevmother.com/fadevmothers-first-give-away/
















21 comments:

  1. setiap yang kita tanam pasti akan kita tuai hasilnya. Sama seperti sedekah :3...
    semoga istiqomah yaa :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ya.
      Aamiin mohon doanya :)

      Delete
  2. Kalkulator manusia sama Tuhan itu beda ya Mak :)

    ReplyDelete
  3. Masihkah kita meragukan janji Allah dari 1 pohon dapat berbuah 10 bahkan 100 hasilnya... Oya semoga sukses ikutan fadevmother give awaynya...

    ReplyDelete
  4. iya mbaa, subhanalloh.. sudah mengalami banyak kejadian lewat sedekah.. tulisannya MANFAAT ^_^ trimakasih diingatkan dan sukses yaaa...

    ReplyDelete
  5. inspiring mak...sedekah meski dengan hal yang paling sederhana...karena kebaikan pasti kembali dan melipat ganda, insyaAllah percaya dg miracle sedekah.

    ReplyDelete
  6. Terimakasih Mak. Iya, sy percaya dan yakin pada balasan sedekah.

    ReplyDelete
  7. bersedekah itu banyak kenokmatannya, ya :)

    ReplyDelete
  8. karena sedekah pula kita bisa menjadi kaya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mba.
      Kaya hati dan kaya akan syukur nikmat.

      Delete
  9. Terima kasih atas partisipasinya. Semoga menginspirasi banyak orang ceritanya :)

    ReplyDelete
  10. sedekah paling murah memang senyum ya mbak,
    apa kabar??semoga sehat selalu^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba.
      Alhamdulillah baik. Bukannya kebalik tuh pertanyaannya? Hihihi.

      Delete
  11. halo..juri berkunjung. Goodluck

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com