Wednesday, February 18, 2015

Menu Pepes Lele

Pagi tadi sebenarnya saya agak malas-malasan mau ngapa-ngapain. Penginnya selimutan melulu. Tiba-tiba saja semangat muncul setelah menonton acara Indonesia Morning Show di NET yang membahas diet mayo. Bukan, saya bukan mau diet mayo. Di situ dibahas kalau sedang diet mayo beberapa hal sebaiknya juga dilakukan agar dietnya berhasil. Salah satunya yaitu olahraga minimal 30 menit. Langsung deh, saya matiin televisi terus gerak-gerak pakai Air Climber. Nah, setelah olahraga jadi agak semangat dan mulai masak. Kalau saya nggak masak, mau makan apa? Jajan sih bisa tapi males kalau keluar rumah apalagi sedang mendung seperti ini. Untungnya di kulkas masih ada lele. Langsung kepikiran membuat menu pepes lele.

Saya memang suka banget sama ikan apalagi kalau dipepes. Nah, tadi ceritanya masak bareng asisten. Saya menyuruh beliau mengambil daun singkong dan daun pisang di kebun. Daun singkongnya muda-muda, euy. Supaya praktis, saya buat lalapan, tinggal direbus dan membuat sambal terasi mentah. Sedangkan untuk pepes lele, resepnya sebagai berikut : 

Bahan : 

Lele 1/2 Kg ( tadi isinya hanya lima ekor )
Daun pisang secukupnya
Tusuk gigi untuk membungkus

Bumbu : 

Cabai merah kriting 5 
Cabai rawit setan 5
Bawang merah 4 siung
Bawang putih 2 siung
Kemiri 5 butir
Tomat 1 butir ukuran sedang
Kunyit 1 ruas sedang
Daun salam 5 lembar
Lengkuas
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Serai ( berhubung tadi nggak ada serai, jadi saya nggak pakai ).

Cara Membuat :

1. Haluskan semua bahan kecuali daun salam.
2. Koreksi rasanya.
3. Campurkan lele dan bumbu yang sudah dihaluskan.
4. Diamkan sekitar 15 menit agak bumbu merasuk.
5. Bungkus lele satu persatu dan diberi daun salam 1 lembar.
6. Kukus sampai matang kurang lebih 30 menit.
7. Sajikan.

Pepes Lele dan Lalap Daun Singkong

Setelah matang, saya malah mendapat pelajaran lho. Bahagia itu sederhana. Dengan memanfaatkan apa yang ada, kita bisa bahagia tanpa bersusah payah keluar rumah. 




39 comments:

  1. aku juga suka pepes mak, yang pedesnya level 10 hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah, level 10??
      Sy ga kuat Mba hihihi.

      Delete
  2. Saya juga suka lele, Mak. Tapi yg digoreng, kalo pepes blm pernah nyoba. Kapan2 boleh dicoba kayaknya :D

    ReplyDelete
  3. buset...
    kalo lele saya belom pernah nyoba
    di rumah sering masak pepes peda atau bandeng.

    tapi, kayaknya menarik ne, lihat2 fotonya
    saya bookmark buat kapan2 kalo senggang iseng2 bikin pepes

    ReplyDelete
  4. Ya ampun mak pit, masaknmu begitu menggodah. Andai saja rumahku dekat denganmu, mungkin aku udah numpang makan disitu *lalu mak pi2t bergegas tutup pintu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pintuku tertutup, teriak yg kenceng, Mak :))

      Delete
  5. Saya sangat gemar makan ikan lele tetapi suka dikuahin dan yang beginian kox jarang bahkan gak pernah kayaknya haha

    Minta dong!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. *sodorin pepes lele.
      Emang jarang sih, tapi enak juga lho dipepes.
      Anti maintream lah :)

      Delete
  6. belum pernah bikin ...nyobain juga belum pernah..., tapi keliatannya udah bikin ngiler gini... kapan sempat bikin ah...

    ReplyDelete
  7. kayaknya yummy sekalii...
    tapi sy gak suka lele, jadi ganti ikannya aje hehehehe


    peralatan kantor horoskop cina

    ReplyDelete
  8. Belum pernah nyoba pepes lele nih...makasih ya resepnya

    ReplyDelete
  9. harum kah mak...soale saya kurang pintar masak ikan lele, takut bau lumpur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa aja, Mak.
      Lelenya dikasih garam dan jeruk nipis. Diamkan bentar. Terus dicuci.
      Kalau lele biasanya ga bau lumpur sih. Kalau bandeng sering bau lumpur.

      Delete
  10. Duuuh aku suka banget pepes.. tapi kalo bikin sendiri, maleeees hihihihihi

    ReplyDelete
  11. Belom pernah cobak bikiiiin.. :P

    ReplyDelete
  12. Saya suka sekali mepes ikan mas Mba
    Tapi pepes lele belum coba, kayaknya saya perlu coba eksperimen dengan resepnya Mba Pipit nih :)

    ReplyDelete
  13. aarkkk lama nggak makan pepes,jadi ngilerrr....makasih resepnya mbak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dicoba, entar posting di Hot Wajan :)

      Delete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. belum pernah nyoba mba, sering pepes ikan mas, kapan-kapan nyoba ah
    makasih resepnya mba
    Btw, blogmu kereen, jadi malu ingat blog ku yg masih sederhana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, Mba.
      Saya ganti bertahap, Mba. Pelan-pelan.

      Delete
  16. Hmm, sedap. Saya sering beli lele, tapi keseringan digoreng ajah hihi. Resepnya praktis dan sehat ya Mbak.

    ReplyDelete
  17. enak nih pagi-pagi udah makan pepes lele aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo, Pak.
      Apalagi hujan-hujan gini ya, ngabisin nasi nih :)

      Delete
  18. pepes lelenya yummi banget mbak....enak nih..kalo dekat rumah mbak pipit aku langsung main kesana :)

    ReplyDelete
  19. Waah, yummy.. thanks for sharing this, Mbak Pit....

    ReplyDelete
  20. enaknyaa... Apalagi kalau pake nasi hangat, ya :)

    ReplyDelete
  21. Pengen banget coba pepes lelenya gang... Biasanya ikan pepes tongkol.


    roaming

    ReplyDelete
  22. Kalau saja mbak pipit ada di sini, jadi pengen nyicip pepes lelenya. :)

    makanan sehat sindo

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com