Merapi Jeep Tour di Yogyakarta

Liburan lebaran kemarin saya dan suami memang niat pengin mencoba Merapi Jeep Tour di Yogyakarta. Sebenarnya bapak dan ibu tidak ada rencana ke Yogya karena mereka sudah nyekar saat nyadran (berdoa di makam sebelum puasa). Tapi, demi anak perempuannya, mereka rela ke Yogya lagi. Yeay!! ^-^

Sebelum sampai ke Yogya, kami ke Candi Borobudur dulu. Sebenarnya waktu buat liburan mepet banget karena bapak-ibu harus masuk di hari pertama kerja. Jadi kami putuskan berangkat Senin pagi, pulang Selasa habis subuh, teng!! Kalau enggak habis subuh, waduh bakal kena macet panjaaang. Kasihan bapak-ibu kalau kecapekan.

Lokasi wisata Merapi Jeep Tour dekat dengan rumah simbah. Yup, bapak memang berasal dari Dusun Bedoyo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta *komplit banget ya hihihi. Setelah jembatan perbatasan Magelang-Yogya, belok kiri ke arah Pasar Tempel. Jalan saja mengikuti rute alternatif ke Solo. Jalan teruuus sampai ketemu gapura yang ada tulisannya 'Selamat Datang di Bedoyo.' Begitu masuk dusun, kami nyekar dulu ke makam simbah lalu lanjut ke Merapi.

Jalan menuju Merapi sangat bagus karena jalan tersebut sudah diaspal dari dulu waktu saya kecil kalau mudik ke Yogya. Ada yang menarik, ketika mau masuk ke lokasi, mobil berhenti di pemberhentian yang dijaga sekumpulan anak muda. Bapak bilang kalau dari 'Bedoyo' jadi cuma bayar Rp.10.000,-. Kami enggak tahu kalau menyebutkan dari daerah lain apakah bayarnya juga semurah itu?

Setelah melalui pemberhentian tersebut mobil kami pacu lagi sampai ke Base Camp 86 Merapi Jeep Tour Community (MJTC). Begitu kami turun, ada yang menawarkan untuk beli masker. Kalau kalian mau naik jeep, baiknya tidak usah beli masker yang ditawarkan karena nanti kita mendapat masker gratis selama tour.

Selain ada yang menawarkan masker, ada juga semacam calo yang menawarkan wisata memakai jeep. Semula kami mengira bahwa harga yang ditawarkan bakal dinaikkan, ternyata dugaan ini keliru. Mereka hanya menawarkan dan menunjukkan kami sampai ke loket dengan harga yang sama.

#Paket MJTC

Berwisata dengan MJTC berarti kita akan berkeliling Merapi melalui medan yang seru dan berhenti di tempat-tempat tertentu yang akan mengingatkan kita akan dahsyatnya letusan pada tahun 2010 lalu. Jeep ini mampu membawa 5-6 pengunjung sekaligus. Kita akan didampingi driver yang merangkap sebagai pemandu wisata juga tukang foto, hihihihi. Mas-mas atau bapak-bapak driver ini baik banget dan ramah.

Waktu yang enak saat wisata di Merapi sebaiknya jangan pas musim hujan. Enaknya lagi saat pagi hari karena tidak terlalu panas dan bisa melihat puncak Merapi. Kalau siang, panas banget dan banyak debu. Kalau sore tidak terlalu panas tetapi kadang-kadang puncak Merapi tidak terlihat jelas.

Wisata Merapi Jeep Tour ini banyak sekali peminatnya termasuk artis. Beberapa artis yang pernah datang fotonya dipajang di loket. Saya kaget bukan main ketika mengetahui kalau Nicole Kidman pernah ke sini. Wuih, terkenal banget kan? Selain itu, wisata seru ini juga sering diliput beberapa televisi nasional terutama untuk acara travelling.

Nicole Kidman Pernah ke Sini

Untuk berwisata ke Merapi menggunakan jeep ada beberapa paket yang ditawarkan seperti yang tertera pada tiket. Yang membedakan masing-masing paket yaitu tempat-tempat pemberhentian, waktu dan lamanya berkeliling. Kalau mau melihat sunrise, perjalanan dimulai pukul 04.15 WIB. Info lengkap tentang paket, rute, dan fasilitasnya bisa klik di sini.

Sayangnya, saat Lebaran yang dilayani hanya paket 'Short Route' saja. Jadi kami diajak berkeliling dan berhenti ke beberapa tempat selama kurang lebih satu jam. Beberapa tempat yang menjadi pemberhentian dalam short route, antara lain :

Tiket dan Paket yang Ditawarkan

1. Museum di Dusun Petung

Sebenarnya ini hanya rumah yang pernah terkena letusan Merapi. Bangunan dan beberapa benda yang ada di rumah tersebut sengaja dibiarkan begitu saja sebagai bukti dahsyatnya letusan kala itu. Selain itu ada juga dokumentasi yang disertai dengan keterangan sehingga pengunjung tahu proses evakuasi dan berbagai peristiwa selama gunung berapi itu meletus.

Waktu itu, rombongan keluarga kami mengekor keluarga lain yang berkunjung. Kami mengekor karena keluarga tersebut bersama pemandu yang sepertinya hafal betul dengan keadaan sekitar. Menurut pemandu tersebut, hampir semua barang-barang yang terbuat dari logam terbakar, tapi Al-Quran dan beberapa buku tentang Islam tidak terbakar hangus. Wallahu a'lam.

2. Batu Alien

Semula kami mengira bahwa batu ini merupakan batu yang sudah ada sejak dulu dan bertahan meski ada letusan. Bukan, ternyata bukan itu ceritanya. Jadi batu alien itu batu besar yang turun akibat letusan. Jika dilihat dari samping, maka batu tersebut bentuknya mirip manusia, ada mata, hidung, dan mulutnya.

Pemandangan di sekitar Batu Alien bagus banget meski banyak pasir dan debu. Di bawah batu tersebut aliran Kali Gendol yang sekarang sudah tidak ada airnya tapi berganti pasir. Pas ke sini, pas saya dan pak suami ingat mau renovasi rumah. Pengiiin banget bawa oleh-oleh pasir bertruk-truk untuk renovasi, hihihihi. Pasir Merapi, euy!

3. Puncak dan Bangker

Perjalanan menuju Puncak dan Bangker, seru banget!! Jalanan yang terjal dan berbatu membuat suasana di jeep heboh. Enaknya kalau kita tidak duduk, berdiri di jeep sambil melihat pemandangan sekitar dan saling menyapa dengan jeep yang melintas. Hihihihi, pengin banget mengulang ini.

Begitu sampai puncak, sayang sekali puncak Merapi tertutup awan jadi kami tidak bisa melihat dengan jelas. Yah, untungnya kami masih bisa melihat sunset yang lumayan. Saya dan pak suami sengaja berlama-lama di puncak Merapi. Kami senang dengan suasananya dan alamnya. Karena kelamaan di puncak dan sudah kesorean, saya dan pak suami tidak berani masuk ke dalam bangker. Sepi, euy! Pengunjung yang lain sudah tidak ada soalnya. Serem, ah!

Mau wisata seru seperti ini? Yuk, datang ke Merapi.

Info 86 MJTC

Email : marketing86mjtc@gmail.com
Fan Page : 86 Merapi Jeep Tour Community
Blog : jeepwisatamerapi86.blogspot.com
Phone : 0274-7198986

32 comments

1. Waktu ke jigja beberapa waktu lalu.. Ngga sempet wisata merapi.. Sedikit terobatilah dengan nembaca tulisan ini tapi jadi semakin penasaran... ;)

Replies
    1. Hehhehe semoga nanti bisa ke sana ya, Bang Kornelius.

Delete
  2. Wiiihhhh kayanya seru ya kakkk, naek jeep mbil ngehirup udara gunung yang bersih

3. OMG ada Nicole Kidman *kemudian salah fokus

1. Mba, ada yg komen di bawah katanya hoax :'(

4. Seru banget Mbak Pipit. Jadi pengen ngangkut pasirnya juga deh. Hahahhaa

5. seru ya mbak, kapan-kapan kesana ah :D

6. pengen ke jogja mbak..asik tenan ya liburan kesini :)

7. Berarti tour ini baru ada setelah peristiwa 2010 ya mbak?

ReplyDelete
  8. masuk ke bunkernya gak mbak? aku takut hehehe yang masuk suami sama anak yang gede aja

9. Yang Nicole Kidman itu hoax, itu bukan Nicole yg artis, sudah diklarifikasi kok sama pemilik penginapannya di koran Kedaulatan Rakyat. Rame2nya Nicole dulu waktu bareng aku jg lagi lava tour.

Replies
    1. Waduh, sayang hoax ya, Mak.
      Makasih, Mak infonya.

Delete
  10. seru banget ya mbak,pinginnn....pingin lihat langsung gitu.

11. kaya nya seru banget tuh hehehe

12. seru tapi kayaknya bakal merinding juga kalau kesini. :D

13. baru tau ada merapi jeep tour, jadi pengen kesana :)