Monday, August 24, 2015

Camilan Ki Koiin

Tak disangka kalau beberapa waktu lalu saya mendapat oleh-oleh dari teman dan sahabat yang saya kenal lewat blog, Hani. Kebetulan rumah kami agak dekat jadi lumayan sering ketemuan juga. Terimakasih ya Hani buat oleh-olehnya. Nggak nyangka loh kalau itu juga merupakan bisnis keluarga yang digeluti teman saya di kota kelahirannya, Garut. Bisnis camilan ini namanya unik, Ki Koiin. 

Bisnis camilan Ki Koiin terbilang masih baru. Berawal dari keinginan Hani untuk punya usaha sendiri, usaha tersebut lalu direalisasikan pada bulan Mei lalu dengan dibantu saudara sepupunya yang sudah terbiasa membuat camilan di Kampung Gahot, Garut. Bahkan acara soft launchingnya di bulan yang sama menggandeng Radio Antares (radio pertama di Garut) dan beberapa blogger Garut. 

Nama camilan pangsit ini diambil dari "Aki Koyyin", nama sang kakek yang sudah tiada. Aki (kakek) disingkat dengan "ki" agar lebih mudah diucapkan dan terkesan kekinian. Sedangkan "Koiin" berasal dari nama "Koyyin." Namun dapat juga diartikan sebagai "koin" yang sebenarnya. Maknanya meskipun koin berupa uang recehan tapi kalau jumlahnya banyak, nominalnya juga akan besar. Uang yang besar berasal dari kumpulan uang kecil atau koin recehan, kan? Nah, itu dia filosofi dari nama camilan Ki Koiin ini. 

Ki Koiin Rasa Original, Cabe-cabean, Kopi

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan camilan pangsit ini tentu saja dari bahan-bahan pilihan dengan meminimalkan penggunaan MSG agar camilan ini aman dan dapat dinikmati oleh siapa saja. Dengan menjaga kualitas bahan-bahan yang digunakan, diharapkan proses pengajuan dan pembuatan nomor P-IRT serta sertifikasi halal dapat segera diperoleh. Apabila camilan pangsit Ki Koiin ini sudah terdaftar dan mendapat sertifikasi halal diharapkan pemasarannya dapat lebih luas lagi. Dengan demikian, tak menutup kemungkinan lapangan pekerjaan di Kampung Gahot akan semakin bertambah sehingga penduduknya tak hanya mengandalkan kebutuhan hidupnya dari buruh tani saja. 

Camilan pangsit Ki Koiin mempunyai beberapa varian rasa, antara lain rasa original, cabe-cabean, dan kopi. Saat ini, sedang dalam pengembangan beberapa rasa lagi antara lain green tea, vanilla, dll. Camilan ini begitu digigit langsung 'kres' dan sangat renyah. Untuk yang original, rasanya seperti pangsit pada umumnya namun aroma khas daun jeruknya terasa. Sedangkan yang rasa cabe-cabean, jujur saja, saya dan suami nggak kuat sama pedasnya. Kami bukan penyuka pedas. Sumpah, level pedasnya sangat sangat tinggi. Ki Koiin rasa kopi menjadi favorit saya. Sesuai dengan namanya, pangsitnya warnanya coklat dengan bau khas kopi, dan rasanya manis. Enak bangeeet apalagi kalau ditemani dengan secangkir teh yang tidak terlalu manis. Wah, pasangan camilan sore yang cocok, tuh. 

Camilan Ki Koiin dipasarkan secara online dan offline. Pembelian secara online bisa lewat fanpage Selain itu, camilan Ki Koiin juga ada di RM Ayam Kampungan, Garut. Sedangkan untuk area Depok, bisa diperoleh di TIP TOP Depok Lt.2 (Takoyaki). 














17 comments:

  1. Namanya lucu, Ki Koiin hihihiii

    Ini seperti Mak icik kah??
    Namanya juga mengandung filosofi, diambil dari nama kakek2, kalau mak icik dari dompet si emaknya (kalau gak salah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda, Mba.
      Iya, namanya punya filosofi.

      Delete
  2. yang rasa kopi unik juga ya mbak,aku baru tahu..kreatif bangettt...namanya juga unik^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kesukaanku, Mbaa. Enak.
      Iya, kreatif banget.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Makasih infonya Mbak Pipit. Kali main ke Depok dan ke tiptopnya bisa langsung percaya kualitasnya. Hihihi. Kadang suka males beli cemilan yang belom kenal karena gak ngerti bagaimana kualitas pembuatan dan rasanya. Kalo baca ini jadi mbayangin pengen coba. Hehehe.

    ReplyDelete
  4. Penasaran sama yang rasa kopi, biasanya kalo cemilan kan rasa coklat

    ReplyDelete
  5. Itu yg tengah pedes kan yaaa, cocok bgt ni buat cemilan sore

    ReplyDelete
  6. Makasih infonya Pipit, wah, jadi tau nih ada camilan unik baru yang ada di Garut...enak kayaknya!

    ReplyDelete
  7. nama cemilannya begitu antik namun menggoda selera. Andai aku deket mbak Pipit pasti tiap hari disamperin beli cemilan ki koiin-nya :)

    ReplyDelete
  8. wah mantap, terimakasih infonya mbak

    ReplyDelete
  9. wah sepertinya enak mbak yg rasa cabe2an itu, soale aku penggila pedas :)

    ReplyDelete
  10. penasaran sama yang rasa kopi itu gimana yaa pangsit kok manis :D baru denger saya :D

    ReplyDelete
  11. jadi penasaran...

    sama yang vanilla :p

    ReplyDelete
  12. Oh nama Koin dari kata Koyyin. kupikir diberi nama tersebut sebab kripiknya berbentuk dan sebesar uang koin.

    ReplyDelete
  13. Udah pernah lihat dishare sama Mak Hani. Itu ada rasa cabe-cabean, hihihi?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com