Thursday, September 03, 2015

Nama Unik

Saat ini mungkin lagi heboh dengan nama "Tuhan" yang ramai dibicarakan hingga banyak menuai kontroversi untuk mengubah nama tersebut. Nggak, saya nggak akan membahas nama tersebut. Cuma herannya dari kemarin hingga tadi pagi berita soal unik masih saja saya dengar meski bukan tentang nama "Tuhan." Kemarin, di salah satu tivi memberitakan keluarga yang namanya unik sedang tadi pagi di Radio Delta FM juga membahas nama unik. Sesuai dengan namanya, nama mereka memang unik sampai saya tertawa sendiri kalau mengingatnya. 

Nama yang merupakan pemberian orangtua pasti memiliki arti dan harapan. Tapi saya masih nggak tahu kenapa ada orang yang namanya "Syaiton." Masak iya orangtuanya ingin anaknya seperti syaiton atau setan? Hiiii, takut ah! Hahahaha, memang sih itu urusan mereka tapi ya apa nggak ada nama yang lain to pak..buk..?

Di salah satu stasiun tivi kemarin siang memberitakan sebuah keluarga yang nama anaknya unik-unik. Salah satunya bernama Andi Go To School, artinya Andi pergi ke sekolah. See? Unik kan? Pak Andi ini anggota kepolisian di Magelang (kalau nggak salah ingat). Hahahaha, lucu ya namanya. Tapi kan ini singular kan, kenapa namanya nggak Andi Goes To School ya? *penting dibahas, hahahaha. Kakaknya Pak Andi namanya Happy New Year karena lahir pada tanggal 1 Januari. 

Menurut berita tersebut (maaf kalau salah karena sudah agak lupa), kakaknya Pak Andi dulunya kalau disuruh sekolah susah dan sering nangis. Kalau nanti punya anak lagi, orangtuanya pengin si adik kalau berangkat sekolah rajin dan nggak nangis seperti kakaknya. Akhirnya adik Happy New Year diberi nama Andi Go To School. Karena Pak Andi waktu kecil nakal, kalau nanti punya anak lagi orangtuanya nggak pengin anaknya nakal seperti Pak Andi, makanya adiknya Pak Andi namanya Rudi A Good Boy. Sedangkan anaknya Pak Andi namanya Virgineo Silvero Go To Paradise. Dengan nama tersebut, Pak Doni ingin anaknya kelak bisa membawa keluarga ke surga. Aamiin. Sumpah, saya melihat berita ini cekikikan sendiri di rumah. Lucu, kreatif, dan unik. 

Kalau tadi pagi di acara Asri-Steny In The Morning juga membahas nama unik. Wah..wah..ternyata banyak juga ya yang namanya unik-unik. Pagi-pagi yang menelepon atau kirim tweet ke acara tersebut banyak banget. Saya kurang ingat nama-namanya karena ndengrin radio sambil memasak. Dari hasil stalking twitternya Delta FM, saya menemukan nama-nama unik yang diretweet. Nama-nama tersebut antara lain : Mentari Cinta Kasih, Tahan Benget, Honda Suzuki Implawati, Lebar bin Buntu, Juliasta Senang Akur, Sempat Ginting. Hahahaha, unik kan?

Oiya, saya ingat satu nama yang unik banget dari penelepon tadi pagi. Temannya melahirkan anak sewaktu pergantian Presiden dari Pak Harto ke Pak Habibie. Untuk mengenang momen tersebut, temannya memberi nama Presto Habib yang merupakan gabungan dari Presiden Soeharto dan Habibie. Hahahaha, ada-ada saja ya.

Soal nama unik ini, saya punya cerita nih. Teman SMA saya yang juga teman kuliahnya pak suami , namanya merupakan singkatan dari bulan, hari lahir, dan weton. Misalkan, namanya Saklitunov (Sabtu Kliwon Tujuh November). Ini misal loh ya. Sewaktu SMA dan kuliah, teman-teman banyak yang memanggil "Tutu." Saya dan pak suami juga ikut-ikutan memanggil "Tutu" dan anaknya juga nggak marah dipanggil dengan nama tersebut.

Lebaran kemarin, saya dan pak suami silaturahmi sekaligus nengok anak bayinya Tutu. Mumpung kami sama-sama sedang mudik di Semarang. Mulanya hanya kami bertiga yang ngobrol tapi nggak lama kemudian ibunya Tutu ikut ngobrol. Saking asyiknya, saya bertanya ke Tutu,

"Eh, Tu, masih inget nggak sama...."

Belum selesai saya bertanya, ibunya Tutu langsung memotong pembicaraan,

"Maaf Mba, bukannya apa-apa ya. Saya itu memberi nama ada artinya, nggak sembarangan loh Mba. Kalau anak saya dipanggil "Tutu" itu rasanya kok saya sakit ya. Soalnya saya pernah lihat di tivi ada orang bernama Tutu kok tabiatnya jelek banget."

Deg...

Saya nggak bisa ngomong lagi, cuma berpandangan sama pak suami. Sedang teman saya menanggapi ini dengan santai. Sumpah, saya nggak enak sama Si Ibu. Bukan saya bermaksud begitu soalnya ini sudah kebiasaan sejak SMA. Saya pun minta maaf, sungguh-sungguh minta maaf karena benar-benar nggak tahu soal itu dan saya juga nggak bermaksud seperti yang dipikirkan ibunya Tutu. Pembicaraan yang tadinya santai lalu berubah jadi kikuk. Tapi untungnya keadaan cair lagi ketika kami berbagi cerita dan saling belajar satu sama lain. Huhft, lega.

Tapi, ketika saya kesrimpet manggil dengan "Tutu" lagi, saya langsung sadar dan buru-buru minta maaf. Untungnya Si Ibu memaafkan dan menyadari kalau saya mengucapkan itu nggak sengaja, bukan meledek. Kata Si Ibu, ada temannya Tutu yang sengaja meledek memanggil dengan sebutan tersebut. Oh, saya baru tahu. Sejak kejadian tersebut, saya membiasakan diri memanggil dengan nama "Sakli" bukan "Tutu" lagi. Hahahahaha, saya ingin membiasakan diri supaya lidah nggak kesrimpet kalau nanti ketemu ibunya lagi.  

Teman-teman ada yang punya pengalaman dengan nama-nama unik?    



*Terimakasih Mak Wilis Idrati yang sudah merevisi nama Pak Andi dan keluarga, hehehe.














23 comments:

  1. Cukup bikin geleng2 kpala nih, hehee
    Yg pasti klo pas absen takut dibully klo namanys aneh2

    ReplyDelete
  2. Saya pernah denger ada nama "Narun Hamiyah", ini kan sifat neraka hawiyah dalam surat al-qoriah :(

    ReplyDelete
  3. Tak ada ortu yang memberi nama tanpa arti. Tapi kok ya seperti itu wkwkwkkk

    ReplyDelete
  4. sekarang banyak nama yang unik ya mba :)

    ReplyDelete
  5. bener2 nama unik ya yg gotuskul itu mbak :)

    ReplyDelete
  6. iya, waktu KKN kami juga pernah dimarahi bapaknya teman karena manggil anaknya Dumbo, lah anaknya yang minta dipanggil begitu hehehe

    ReplyDelete
  7. Belom pernah punya euy pengalaman seunik itu. Hihihi.

    ReplyDelete
  8. namanya tuhan lagi buming nih

    ReplyDelete
  9. Kenapa itu orang tua bisa ngasih nama seperti itu?
    Apakah habis ide buat ngasih nama?

    ReplyDelete
  10. nama zaman sekarang pada unik ya mba, tapi kasian sama anak nya juga, suka di bully tar di sekolah kalo namanya aneh hehe, soalnya pengalaman pribadi sih waktu jaman sekolah

    ReplyDelete
  11. tutu memangnya kenapa ? kayanya ga ada yangsalah deh sama nama tutu.. hehe

    ReplyDelete
  12. Jadi inget kalau punya tetangga namnya Dasim (ini nama anaknya setan yang suka ganggu rumah tangga). pak Dasim, sudah sepuh, dan istrinya sudah meninggal. suami istri dan anak-anaknya akur malah ada yang udah sukses.

    ReplyDelete
  13. unik, tapi bisa bikin di bully gak ya sama temen-temennya

    ReplyDelete
  14. saklitunov?kaya2 nama rusia gitu ya?implawati apa pula itu?heu heu... unik,aneh,ga ada yg nyamain poko'y ^_^

    ReplyDelete
  15. Hehehe lucu ya mbak, tapi pasti ada maksudnya kan setiap orang tua ngasih nama anaknya, mungkin dari momen tertentu waktu si anak lahir, jadi biar inget terus

    ReplyDelete
  16. Iya mbak,, lucu lucu.. kemrin juga habis lihat berita nama nama lucu, Tapi intinya artinya bagus ajalah walaupun dilihat lucu :D

    ReplyDelete
  17. beneran namanya unik bangeeet...apa yang kepikiran waktu anaknya lahir dituangkan sebagai hiburan begitu hehehe

    ReplyDelete
  18. Padahal yang punya nama unik udah berumur.. kok baru booming ya?

    ReplyDelete
  19. menarik ya sejarahnya nama2 keluarga pa andi ini hihihi...

    ReplyDelete
  20. nama nama yang unik beda dari yang lainya..

    ReplyDelete
  21. nama-nama yang unik sih, tapi kadang jadi malah aneh juga :D

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com