Monday, April 25, 2016

Fuji Shibazakura, Alternatif Liburan Musim Semi di Jepang

Liburan musim semi di Jepang berarti saatnya hanami atau melihat sakura. Jutaan orang rela merogoh kocek untuk melihat indahnya sakura. Keindahan sakura saat hanami di Shinjuku Gyoen dan sakura malam di Chidorigafuchi pernah saya ceritakan di sini dan sono. Bunga sakura mekarnya nggak lama, sekitar 2 minggu doang. Setelah itu akan gugur lagi. Mekarnya bunga sakura antara tempat yang satu dengan yang lain berbeda. Kalau Teman-teman sedang liburan musim semi dan nggak bisa melihat sakura, jangan khawatir. Masih ada Fuji Shibazakura, alternatif liburan musim semi di Jepang. Festival bunga ini nggak kalah cantiknya sama sakura.

Berawal dari saya dan pak suami yang ingin menghabiskan liburan golden week selama 3 hari. Tahun lalu liburan golden week jatuh di Bulan Mei. Seperti biasa, kami membeli tiket Kanto Pass 3 days karena kami tinggal di Shin Yokohama, daerah Kanto. Melihat fuji shibazakura festival adalah liburan di hari pertama. 

Liburan golden week kali ini kami lalui dengan santai, nggak kemrungsung seperti tahun sebelumnya. Kami ingin menikmati liburan layaknya warga lokal. 

#Apa itu Fuji Shibazakura Festival?

Festival di kaki Gunung Fuji yang berlangsung mulai pertengahan April sampai akhir Mei. Lokasinya ada di Fuji Motosuko Resort, Kawaguchiko. 

Festival yang berlangsung selama musim semi ini menyajikan pemandangan yang luar biasa bagus dengan hamparan ribuan bunga moss phlox yang berlatang belakang Gunung Fuji. Warna-warni bunga moss phlox disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan karya yang indah. Keindahan gradasinya dari pink hingga ungu membuat pengunjung terkesima. Bunga moss phlox mekar bertahap dan akan mekar 100% menjelang akhir Mei. 

Fuji Shibazakura


#Akses ke Fuji Shibazakura by Kanto Pass

Untuk sampai ke Fuji, saya dan pak suami harus berangkat pagi karena kami akan berganti-ganti kereta. Saya dan pak suami berangkat sekitar pukul 06.00 dari St. Shin Yokohama menggunakan JR East turun di Hachioji. 

Dari Hachioji kami transfer kereta cepat yang turun di Otsuki. Kereta ini ada banyak jenisnya. Ada kereta rapid, Super Azusa, Azusa, dan Kaiji. Semua kereta tersebut berangkat dari Shinjuku. Untuk lebih jelasnya silakan dilihat jadwalnya di link ini

Di dalam kereta ada petugas yang akan memeriksa tiket. Oia, kereta ini juga dilengkapi dengan toilet yang bersih dan nyaman. Perjalanan dari Hachioji ke Otsuki membutuhkan waktu sekitar satu jam. 

Sepanjang perjalanan kami dimanjakan dengan pemandangan alam yang hijau serta gunung Fuji. Kalau Fuji san sudah nampak, turis biasanya langsung beraksi untuk foto, hahahaha. 

Pemandangan dari Kereta

Setelah turun di Otsuki, kami ganti kereta Fujikyu Railway. Tahun sebelumnya saya dan pak suami pernah naik kereta yang sama. Saat itu kami liburan ke Kawaguchiko. Yup, perjalanan ke Fuji Shibazakura sama dengan perjalanan ke Kawaguchiko. Namun setelah sampai di Stasiun Kawaguchiko kami transit naik bus. Jadwal keberangkatan bus dari Kawaguchiko ke lokasi festival tiap satu jam sekali. 

Fujikyu Railway

Liburan di Jepang itu sangat mengenakkan turis karena semua informasi yang dibutuhkan lengkap termasuk info mengenai bunga shibazakura ini. Jadi ketika kami mau naik bus, di loket tersebut dipasang pengumuman mekarnya bunga ini. Pada awal Mei, bunga indah ini baru mekar 50%. Tiket Kanto Pass nggak termasuk harga tiket bus dan masuk ke festival, ya. 

Pengumuman Mekarnya Moss Phlox
Harga Tiket
Selama perjalanan menggunakan bus, wisatawan juga dimanjakan dengan pemandangan danau-danau indah yang ada di sekitar Gunung Fuji. Sayangnya, bus nggak turun untuk melihat keindahan tersebut. Perjalanan menggunakan bus dari Kawaguchiko ke lokasi festival sekitar satu jam. 



Pemandangan dari Bus

Banyak Warga Lokal yang Camping di Sekitar Danau


Selama festival Fuji Shibazakura, sebaiknya pengunjung membawa payung atau topi karena cuaca lumayan panas. Di lokasi festival ada toko suvenir, toilet, dan stand makanan. Supaya lebih hemat, sebaiknya bawa air minum atau camilan untuk bekal makan siang di sana. Makan siang di bawah kaki Gunung Fuji, hhmm nikmatnyaaa.^-^.



Fuji Mini :)

Gunung Fujinya Sudah Nggak Kelihatan

Jadi, gimana? Bagus kan? Makanya jangan sedih kalau nggak bisa melihat sakura. Masih ada Fuji Shibazakura yang tak kalah cantiknya. Have fun, ya!

Kalau mau ke sini, baiknya pagi karena bisa melihat Gunung Fuji yang bagus. Semakin siang atau sore, gunungnya kurang nampak apalagi kalau cuaca kurang mendukung. 

Untuk pulangnya, kami menggunakan transportasi yang sama. Dari shuttle bus Fuji Shibazakura kami ke Kawaguchiko lalu ke Otsuki dan turun di Shinjuku. Yup, dari Shinjuku perjalanan liburan masih lanjut ke Odaiba untuk melihat Gundam kedua kalinya. Yeay!


More Info about Fuji Shibazakura please click this site. 



















34 comments:

  1. Aduuuh, bunganya bikin baper, pengen foto di sanaaaa ^_^

    ReplyDelete
  2. subhanalloh...
    bener2 yah ciptaanNya indah betul

    ReplyDelete
  3. jepang..tempat yang kuidam2kan dari dulu..asyik ya mbak bisa jalan2 sampai sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.
      Semoga bisa ke Jepang juga ya, Mba.

      Delete
  4. Indahnyaaa...
    sekrang lagi musim sakura kan mbak??lihat di tipi hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau April iya, lagi musim sakura.

      Delete
  5. Ooo baru tau bunga itu namanya moss phlox. Kno diberi nama gtu ya? Sering liat di waku waku japan, moga suatu hari nanti bisa keturutan melihat langsung :D

    ReplyDelete
  6. aduh indahnya , bangetttttt. Dan semua sudah tertata rapih , pastinya bersih ya, jepang gitu loh

    ReplyDelete
  7. Negeri Sakura memang Indah
    semoga langkah ini diringankan bersama anak2 dan istri amin
    salam sehat dan semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga terkabul, Mas.
      Salam kembali :)

      Delete
  8. Subhanallah cantiknyaaaa.... dari dulu aku selalu mimpi ke Jepang pas festival hanami. Doakan kesampaian mbak

    ReplyDelete
  9. Masya Allah itu hamparan bunga ungunya bagus amat ambak, ajak lah akau kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ke sana sendiri lah, Mba Lid :)

      Delete
  10. Uaaa... meski baru mekar 50% gitu tetep cantik... soon mau ke sanaaa XD ブログ書いて頂いてありがとうございまっす!

    ReplyDelete
  11. Waw tempatnya bener2 menakjubkan sekali mbak, kapan ya bisa pergi ke sama ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Someday, ya Mas bisa ke sana. Aamiin.

      Delete
  12. cantiknya....
    mbak pipit tinggal di jepang yah? (kunjungan blog pertama)
    impian banget buat saya bisa kesana, cuman 50% tapi indahnya udah kayak 100%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma nemenin pak suami dinas, Mba.

      Delete
  13. Indahnya mba Pipit, jadi pengen ke Jepang. Dari dulu udah nabung buatbke Jepang, eh ga jadi mulu perginya. Semoga tahun depan bisa terealisasi. Pengen lihat kayak begini juga neh.

    ReplyDelete
  14. indah sekali pemandangannya , apalagi sambil melihat hamparan bunga yang begitu cantik dan luar biasa itu .

    ReplyDelete
  15. Wah keren juga ya, jadi pengen coba nih berkunjung ke sana tapi kayanya belum cukup nih tabungannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tabungannya dipenuhin dulu, Kang :)

      Delete
  16. Pingin banget liburan ke sana, tapi duit nya nggak cukup mbak :v
    Salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal.
      Tabungannya dicukupin dulu :)

      Delete
  17. Bunganya cakeeep banget ;).. And such a peaceful view! Japan is on my bucket list.. Hopefully soon :)

    ReplyDelete
  18. Cantiiikkk bangeeet mbaaaj fuji shibazakuraanyaaa. . Pinkk bingitsss gtu 😁 incredible view, pasti betah foto" disituuu. Hehehe

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com