Monday, November 28, 2016

Saat Blog Dihack

Saya tidak akan melupakan kejadian minggu kemarin yang membuat saya baper banget. Kejadian terbaper minggu kemarin adalah saya membatalkan job karena blog diserang hacker. Saat mengetahui blog dihack, rasanya stress dan hampir putus asa. Woalah, ternyata gini ya rasanya blog diserang hacker. 

Gambar dari Pixabay

Mungkin saya lebay mengatakan ini tapi seriously, bagi blogger ketika tahu blognya diserang hacker, rasanya hopeless dan bingung. Gimana enggak coba? Yang ada di pikiran saat itu pasti memikirkan nasib artikel yang sudah dipublish. Apakah artikelnya hilang atau masih bisa diselamatkan?

Bagi blogger, siapapun pasti tahu kalau artikel merupakan harta yang sangat berharga. Dalam membuat satu artikel saja, blogger kadang tak hanya cukup menulis. Ada banyak proses sebelum artikel dipublish. Mulai dari mencari ide, memikirkan konsep, foto bahkan banyak juga yang mencari informasi tambahan untuk menambah isi postingan. 

Itu baru proses pembuatan satu artikel, lho. Bisa membayangkan gimana rasanya kalau artikel yang sudah publish di blog jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan tiba-tiba hilang?? Apalagi jika ada yang menjadikan blognya sebagai tempat mencari rejeki. Hhmm, pasti deh rasanya kliyengan. Sia-sia rasanya usaha merintis blog selama ini. 

Dan, saya baru saja mengalami hal ini. Serius, saat tahu blog dihack, yang ada di pikiran saya hanya ingin menyelamatkan postingan. Udah itu saja. Lha mau apalagi? Iya, tho?

Jumat sore (25/11) saya baru saja mendapatkan job dari sebuah agency. Pihak pemberi kerja saat itu mensyaratkan artikel tayang di blog sebelum tanggal 27 November. Segera setelah mendapat email, saya mulai bekerja dan membuka dashboard blog. Saat melihat statistik blog, saya agak kaget. Tumben amat pageview saat itu cuma 1, biasanya saya dapat pageview di atas 500 jika tidak ada artikel yang baru. Jika ada postingan baru biasanya mencapai 900-1000 pageview. 

Saya tidak berpikiran negatif sama sekali. Pikiran saat itu mungkin karena blogger punya kebijakan baru dalam perhitungan pageview. Maklum, blogspot baru saja mengubah tampilan dashboardnya jadi bisa saja mereka juga mengubah perhitungan pageview pada blogspot. Toh, blog saya juga bukan blog yang populer jadi saya masih menganggap hal itu wajar. 

Setelah utak-atik naskah sebentar di dashboard blog, saya mematikan komputer karena Jumat sore jadwal untuk senam. 

Sepulang dari senam, saya membuka dashboard blog lagi. Pageview masih belum bergerak dari angka 1. Karena penasaran, kemudian saya iseng membuka blog dan kaget bukan main ketika tahu tampilannya seperti ini

Blog Saya yang Dihack

Mulai saat itu juga saya panik banget karena sadar blog dihack. Blog saya diretas. 

Duh, kenapa ya blog saya dihack? Padahal bukan blog yang populer. Ngehacknya kok ya pas banget saya mau mengerjakan job. Hahahaha, ya nasiiib. Meski panik tapi saya berusaha tenang. Kalem dan woles saja. Saya mencoba menjernihkan pikiran dan mencari solusi supaya blog bisa diakses lagi. 

Ketika pak suami pulang kantor, saya mengadukan hal ini. Sarannya cuma disuruh tanya ke komunitas blog yang saya ikuti, berharap ada yang membantu memberi solusi. Segera saya mengabarkan hal ini via telegram grup blogger yang saya ikuti. Atas saran salah satu member, saya disuruh melapor ke penyedia domain. Saya pun mengikuti saran tersebut.

Malam itu juga saya melaporkan hal ini ke pihak penyedia domain. Meski tanggapan direspon cepat oleh customer service namun secara teknis hal ini belum mendapat respon sampai esok hari. Entahlah. 

Mungkin karena saya stress memikirkan blog dan job yang sudah mepet deadline, pak suami akhirnya membantu mencari solusi.

Beberapa kali saya membuka email dan portal di penyedia domain berharap sudah ada solusi namun hasilnya masih nihil. Maka Sabtu pagi pak suami mulai tanya ke temannya yang ahli IT dan saya juga tanya ke adik yang kebetulan tahu seluk beluk pemrograman. Maklumlah pak suami tidak punya background IT, jadi lumayan bingung dengan masalah ini. Kami berdua mencoba mencari solusi dengan bertanya sana-sini. Sebenarnya saya mau tanya ke tetangga yang ahli IT tapi sungkan. Hehehe saya orangnya ewuhan kalau minta bantuan. Jika memang tidak bisa dikerjakan bersama, baru deh kami menyerah dan minta tolong orang lain. 

Sabtu siang pak suami mengutak-atik blog dan saking bingungnya sampai minta bantuan ke google. Karena ini tentang blogging, akhirnya percakapan dialihkan ke Blogger Help Forum. Saya juga baru tahu tentang forum ini. Blogger Help Forum semacam forum diskusi tentang blogging yang kebanyakan bule. Di forum ini, banyak juga member yang merespon pertanyaan dari saya (tepatnya pak suami sih, hahaha). Yap, jadi pak suami memakai email saya untuk mencari bantuan di forum tersebut. 

Kalau melakukan diskusi di forum internasional nggak main-main, lho. Sebelum bertanya sebaiknya baca dulu diskusi sebelumnya, siapa tahu masalah yang mau ditanyakan sudah pernah dibahas. Kalau sudah pernah dibahas, kayaknya yang respon sedikit. Yah, mungkin semacam wasting time bagi mereka. 

Sebelum bertanya, pak suami sudah mencoba saran di forum tersebut yang kebetulan mempunyai masalah hampir sama. Ketika sudah buntu, barulah mengirim email dan bilang kalau sudah mencoba solusi di forum tapi belum ada hasilnya. Akhirnya pak suami mendapat balasan dari salah satu member. Dari dia, diketahui bahwa kode DNS saya harus diganti. Nah lo, apa itu DNS? Saya juga nggak ngerti, hahaha. 

Untuk mencari kode DNS yang dimaksud bule tadi, semula pak suami ngecek di kode HTML template blogger. Lah, siapa tahu kode itu ada di situ. Setelah dicari ternyata nggak ada. Malah pak suami menemukan kode HTML yang aneh di blog saya lalu diganti dong kode yang aneh itu. Setelah membetulkan kode HTML, pak suami kembali kirim email dan tanya dimana kode DNS yang dimaksud. 

Yaelah, pak suami juga dikasih beberapa link artikel blogging untuk solusi masalah ini. Nah, untuk mengetahui kode DNS, si bule menyuruh buka ke penyedia domain. 

Hari Minggu, pak suami mulai mengutak-atik blog lagi. Mulai mengurus HTML, tanya lewat email, masuk ke portal penyedia domain, ganti password dan melakukan perubahan DNS di sana. Namun tidak serta merta blog saya simsalabim langsung sudah bener. Enggaaak. Masih menunggu waktu 1-4 jam euy.

Hari Minggu siang pak suami sudah agak optimis blog bakal beres, tinggal menunggu waktu pemulihan saja. Namun biar tegangnya berkurang, kami memutuskan ngemall sore. Dadakan sih ngemallnya dan cuma sebentar doang, yang penting agak rileks. 

Sekembalinya dari mall, pak suami mencoba akses ke blog saya masih belum bisa juga. Jujur, saat itu saya juga khawatir kalau usahanya nggak berhasil. Di sisi lain, saya sedikit lega karena sudah membatalkan job jadi nggak ada tanggungan. Meski lega tapi agak sedih juga sih karena kesalahan teknis jadi job hilang. 

Karena malam  itu sudah ngantuk banget maka kami tinggal tidur dan mencoba nggak kepikiran blog lagi. Mencoba ikhlas apapun hasilnya nanti. 

Mungkin usaha memang sebanding dengan hasil. Senin pagi tadi pak suami mencoba akses ke blog saya, akhirnya bisa! Alhamdulillah, usaha tanya sana-sini nggak sia-sia. Sekarang blog bisa diakses lagi. Senangnya. ☺

Dari kejadian yang saya alami, kalau blog dihack sebaiknya melakukan hal-hal ini :

1. Tanya ke komunitas blogger

2. Lapor ke penyedia domain atau hosting

3. Mencari solusi dengan tanya ke teman yang ahli IT atau ke mbah gugel. Kalau tanya ke mbah gugel, yang paling nyebelin itu isi postingannya hampir sama semua bahkan ada yang plek ketiplek persis namun kurang menyelesaikan masalah. Cuma judul postingan saja yang menarik

4. Tanya ke Blogger Help Forum

5. Berdoa supaya semuanya lancar dan blog bisa diakses lagi ^-^

Hikmah yang bisa saya ambil saat blog dihack yaitu untuk selalu membackup dan meningkatkan pengamanan blog. Dengan melakukan backup dan mengganti password secara berkala mungkin salah satu cara untuk melindungi blog kita. CMIIW ya. 

Teman-teman pernah mengalami blog dihack juga, nggak? Gimana solusinya? 


















32 comments:

  1. Punyaku malah waktu itu dikopas 150 artikel mb pit ama blogger autoblog yg ngincer adsense, doi ga ngedit ngga apa plek ketiplekngambil semua konten aku berikut foto2nya huahahhaha, dan aku masi trauma dg kejadian itu, bingung karena uda suruh ngapus nd direspon...berharap semoga yg copas ato ngehact itu tobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, parah banget kalau itu. Kayaknya bisa dilaporin ke google, deh.

      Delete
  2. aduh gitu ya, mdh2an gak terjadi pada diriku

    ReplyDelete
  3. Kebayang gimana bingungnya,alhamdulillah udah aman sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, bingung banget tapi tetep kalem, hahahaha.

      Delete
  4. Pernaaah :). Tapi alhamdulillah mbak , akukan gaptek yaaa. Ini aja blog dibikinin ama temen yg memang kerjaannya bikin website.. Nah jd waktu itu dianya malah yg ksh tau aku kalo blogku di hack krn ketahuan di sistem dianya lah.. Ga ngerti drmana.. Dia lgs gerak cepet dan ngamanin blogku.. Jd sbnrnya aku g ngeh juga saat itu :p. Aku mlh bersyukur ada yg bantuin mantau blogku jdnya. Gpl deh byr iurannya memang jd lbh mahal, tp yg penting soal2 keamanan blog udh ada yg ngurusin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan, saya juga gaptek.
      Lah, kalau punya temen yang bisa ngawasi kayak gitu enak juga ya. Kalau saya cuma ngandelin pak suami, yang bukan orang IT.:)

      Delete
  5. waduhhh..parahhh jugaa yahh..hasill karya kita dicuri....pakai sistem security mbaa pit..biarr amann dehh..

    wadduhh punya saya jgaa pakai dehh...

    ReplyDelete
  6. Jangankan dihack, pas error krn jaringan/ provider aja udah bingung. Moga abis ini gak kena hack lg ya mbk. Thx tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak April. Aamiin utk doanya.

      Delete
  7. kok bisa dihack ya? apakah pernah akses dari komputer selain di rumah??

    ReplyDelete
  8. saya sempat ngalami bun di website yang saya bantu kelola di pahamindonesia.org, banyak script yang diinjeksi. Sempat nyesel pindah ke hosting itu

    Tertuduhnya adalah email yang kena spam dan telah dihack, sehingga bisa akses cpanel hostingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woh, email yg kena spam? Bisa juga ya.

      Delete
  9. Kayaknya hacker "iseng" deh sampe acak gitu mau ngehack blog" orang demi kepentingan pribadinya.
    Semoga ke depannya nggak terjadi hal yang sama ya mbak, aamiin. Dan blogku juga jangan sampe kena, ini blog udah dijaga banget dari jaman SMA (makanya namanya alay, hehe).
    Btw, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, ya.
      Wiiih ngeblognya udah lama ya berarti.

      Delete
  10. wah...trims infonya Mbak. Semoga ga kena hack lagi yah...

    ReplyDelete
  11. Ya ampun, ngeri ya mak kalo blog di hack gitu.. Aku baca ini jadi ikut deg-degan. huhuhuhuhuuu. Makasi sharingnya ya maaaak..

    ReplyDelete
  12. Wah untung aja bisa selamet ya mbak..
    dan makasih udah berbagi tipsnya juga. Berkat kejadian itu malah bisa membantu blogger-blogger lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, alhamdulillah postingan aman.

      Delete
  13. Kalo aku sih dibisikin supaya gak dihack, sering2 ganti password berkala.. yang passwordnya bukan alfabet atau huruf semua tapi perpaduan alfabet, angka sama tanda-tanda #@* dll...

    ReplyDelete
  14. Wah parahhhh.. orang yang suka ga jelas ngehack itu knp ya.. nyebelin kan org mah bikin sendiri gtu ya :)

    ReplyDelete
  15. Tanya-tanya di Blogger Help Forum itu memang sangat bermanfaat ya, Mbak, apalagi bila mengalami hal yang gawat sebagaimana yang Mbak ceritakan.

    Selamat ya, Mbak, akhirnya beres... ikut seneng rasanya.

    ReplyDelete
  16. Wih, jadi ikut deg-degan bacanya...
    Smoga blog kita aman terus ya Pit, trima kasih infonya...selamat nge-blog lagi, smoga job-nya juga makin banyak... :D

    ReplyDelete
  17. Ceyeeeeem.
    Cuma pernah blog ngga bisa diakses berjam-jam. Trus pusing sendiri. Pas nanya ke yang jual domain ternyata DNS opone kudu di-refresh, langsung bisa deh. Legaaaa rasanya

    ReplyDelete
  18. serem ya, kalau udah ada yang maen hack hackan, udah kaya maen santet menyantet aja tapi lebih memakai teknologi canggih

    ReplyDelete
  19. Wah untuk bisa normal lagi ya mba. Gak seperti blog wordpress.org, kalo blog Blogger.com, menurut saya akan sulit banget dihack. Celah untuk dihack cuma bisa dari email/password yg bocor atau dari template/theme gratisan yg disusupi script berbahaya. Maka dari itu kita mesti ati-ati pake template gratisan yg bukan official dari blogger.com nya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com