Friday, February 10, 2017

Ngomongin JKT48

Beberapa hari terakhir, saya kok sering melihat cerita yang berhubungan dengan JKT 48, ya. Tadi pagi saat buka trending topik twitter, saya nemu hestek ultahnya Haruka yang berulang tahun ke-25. Dua hari yang lalu saya nonton Ini Talkshow bintang tamunya Shania JKT48. Dari Shania, saya baru tahu kalau Haruka bukan anggota JKT48 lagi. Alasannya kenapa, saya juga nggak tahu. Nah, jadi deh saya pengin ngomongin JKT48. Yah, ngomongin Jeketi yang ringan aja. 

Lalu tersengar teriakan fans Jeketi
oioioioioi *sambil pakai lightstick ☺

Sumber @officialJKT48

Terus terang, saya bukan penggemar jeketi forti eit. Namun saya kagum dan nggumun setiap melihat penampilan JKT48. Saya cuma membayangkan keriweuhan di back stage. Anggota Jeketi kan banyak banget. Nah, untuk ganti kostum dan make up gimana ya suasananya? Lalu untuk mengatur member yang segitu banyaknya, gimana coba? 

Saya baru ngeh tentang JKT48 tahun 2014 saat ikut pak suami dinas di Jepang. Pak suami dinas bareng temannya. Si teman ini cowok tapi suka sama idol grup kayak SNSD, AKB48, dan JKT48. Btw, sampai sekarang saya nggak tahu singkatan SNSD, hahahahaha. Ada yang tahu?

Saat itu teman pak suami cerita kalau dia harus nonton konser AKB48. Lah, mumpung di Jepang kan? 

Perjuangannya untuk mendapatkan tiket konser AKB48 nggak mudah. Berkali-kali dia pesan online selalu kehabisan. Nah, baru yang kesekian kalinya akhirnya dia mendapatkan tiket konser. Orang Jepang pun sampai geleng-geleng melihat dia ngefans banget sama AKB48.

#Tentang JKT48 

Sebelum ngomongin JKT48, mari kita ngomongin AKB48 dulu. Mbaknya Jeketi yang ada di Jepang. 

Pada Desember 2005, Akimoto Yasushi membentuk idol grup di Akihabara, Jepang. AKB singkatan dari Akihabara, salah satu distrik di Tokyo, Jepang. Sedangkan angka 48, saya juga nggak ngerti ceritanya gimana. 

Setelah AKB48 sukses, Yasushi membentuk sister grup di distrik lain, namun masih di Jepang. Ada NMB48 (Namba, Osaka), SKE48 (Sakae, Nagoya), dan HKT48 (Hakata, Fukuoka). Nah, JKT48 merupakan sister grup pertama di luar Jepang. Selain di Indonesia, ada juga SNH48 (Shanghai, China). 

Yungalah, ternyata Jepang nggak cuma ekspor barang-barang elektronik ya tapi juga idol grup. Hahaha.

Pada Desember lalu, saya melihat acara di teve yang menampilkan ulang tahun JKT48. Saya ikuti sampai selesai karena penasaran. 

Dari acara tersebut, saya juga baru ngeh ada tim J, K, dan T. Belakangan saya baru tahu kalau idol grup ini mengenal sistem tim. Nama tim sesuai dengan 3 huruf yang membentuk nama timnya. Misal JKT48 ada tim J, K, T. Sedangkan NMB48 punya tim N, M, dan B. Masing-masing tim ada center dan kaptennya. Selain itu ada juga kapten pusat yang memimpin semua yaitu dari 3 tim.

#Fakta Unik JKT48

*JKT48 bukan girlband

JKT48 bukan girl band ya, mereka adalah idol grup. 

Berdasarkan info yang saya dapat, idol grup sejenis akademi keartisan. Mereka yang ingin bergabung dalam Jeketi harus mengikuti tahapan seleksi yang ketat. Setelah lolos mereka akan dididik menjadi idola yang multi talenta. Anggota Jeketi diharapkan nggak cuma bisa nyanyi dan nari tapi juga akting, berbicara di depan publik dengan baik, membawakan acara, dll.

Namanya akademi, di Jeketi juga ada istilah member graduate. Kelulusan ditentukan oleh Akimoto Yasushi, apakah seorang anggota layak lulus atau tidak. Graduate juga diberikan kepada member yang melanggar aturan. Untuk ini pastinya lulus yang tidak terhormat, ya. 

Lalu, apa bedanya dengan girlband?

Idol group dan girlband berbeda di konsep dan tariannya. Kalau di Jeketi konsepnya tim. Tariannya juga sedikit rumit dan lebih atraktif dibanding girlband.

*tentang wota

Wota adalah sebutan fans idol grup di Jepang. Karena Jeketi ada di Indonesia maka sebutan wota nggak cocok dipakai di sini. Sebutan untuk fansnya Jeketi ya fans JKT48 aja. 

Oia, saya punya kenangan dengan wota sewaktu tinggal di Jepang. Waktu ke Tokyo Tower ada penampilan dari idol grup mirip AKB48, entah namanya apa. Nah, wota ini kebanyakan cowok dan mereka sangat ekspresif sekali waktu menonton idolanya bernyanyi. Biasanya mereka akan menari dan teriak 'oioioi' sambil mengayunkan lightstick. Seruu banget lihat ginian di Jepang. Saya sampai tertawa sendiri.

*teater sendiri

AKB48 mengusung konsep idol you can meet everyday. Mereka punya teater sendiri yang terletak di Don Quijote Lt.8, Akihabara, Tokyo, Jepang. Saya pernah ke teaternya karena penasaran. Teater AKB48 menyatu dengan Don Quijote, pusat perbelanjaan di Jepang. Tempatnya kecil tapi terdiri beberapa lantai. Yah, maklum, tanah di Jepang kan nggak seluas di Indonesia.

Selain teater, di Akihabara juga ada AKB48 Cafe and Shop. Tempat ini berkonsep kafe dan menjual barang-barang tentang AKB48. Kalau kamu wota berat mereka, wajib ke sini. Tempatnya nggak menyatu dengan teaternya, ya. Malah cenderung agak jauh.

AKB48 cafe and shop letaknya nggak jauh dari stasiun Akihabara dan dekat dengan kursi taman kok jadi pasti bakal nemu dengan mudah. 

di Teaternya AKB48

Sewaktu ke teater AKB48, saya dan pak suami nggak niat untuk melihat penampilannya sih. Kami cuma penasaran aja dengan teaternya. Ketika masuk ke teater AKB48, ada beberapa foto dan barang-barang khas AKB48. Di situ juga ada layar televisi yang menayangkan penampilan saat pentas di dalam ruangan.

Kalau kamu ingin melihat penampilan AKB48 di teaternya, ya kudu beli tiketnya dulu. Saya nggak tahu cara belinya. Mungkin lewat online. Kalau kamu kehabisan tiket, masih bisa bernyanyi dan menari bersama wota di luar teater sambil melihat layar teve yang dipasang di sana.

Kebanyakan wota AKB48 cowok. Saya yang melihat pemandangan ini langsung di Akihabara, takjub dan senyum sendiri. Hahahaha.

Hal ini nggak jauh beda sama Jeketi. JKT48 juga punya teater sendiri yang ada di FX Senayan, lantai 4. Saya malah belum pernah ke teaternya Jeketi. Lah, ngapain coba? Hawong hafal lagunya saja enggak. 

Itu saja cerita ngomongin JKT48. Saya bukan penggemar namun kagum dengan grup ini yang kebayang super duper ribet kalau mau tampil saking banyaknya anggota. Saya yakin, beberapa tahun lagi, kita atau kamu yang masih muda bakal ingat banget sama JKT48 karena mereka sangat ikonik. Mulai dari bajunya, penampilan, lagunya, dan wajah cantiknya. Inilah yang membuat JKT48 sangat populer dan banyak penggemar yang fanatik. 

Hm, kalau kamu punya idol yang ikonik nggak? 


Sumber tentang Jeketi dari sini.
























6 comments:

  1. ribet ternyata seluk beluknya JKT..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiyaaa, salut ama tim dan manajemennya ^-^

      Delete
  2. Kepanjangannya SNSD itu So Nyeo Shi Dae Mbak. Hehee... tp lebih enak disebut SNSD aja atau Girl's Generation. Tapi itu kan girlgrup dari Korea sementara yg dibahas ini 48sisters yg basicnya dari Jepang. Hehe..

    Klo ngomongin 48sisters itu gimana yaaa....
    Saya sendiri gak gitu ngikutin mereka juga. Sempet suka sama beberapa lagu dan perform mereka. Tp gak lama juga.

    48sisters emang seperti yg udah mbak jelasin klo mereka menerapkan sistem seperti akademi. Jadi mereka belajar buat jd entertainment yg multitalent. Cuma sayang, mereka masih terlalu eksklusif dlm grup jd blm ada yg bener2 bisa hitz eksis di dunia entertainment.
    Emang sih ada si Nabilah dan juga Haruka (yg sekarang udah grad) yg sempet menarik perhatian masyarakat di luar kiprah mereka di JKT. Cuma menurutku masih perlu pembuktian lagi aja utk mereka nanti bisa sukses sendiri gak tanpa nama JKT..??

    Klo di Jepang, eks AKB48 yg akhirnya bisa sukses bertahan di dunia entertaint setauku ada Yuuko Oshima dan Atsuko Maeda. Dua2nya sekarang aktif main drama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, SNSD dari Korea.
      Wah, Mba Fitrotul tahu banyak soal JKT dan AKB, ya. Salut :)
      Btw, makasih Mba infonya.

      Delete
  3. Oioioi sambil pake lightstick
    hahahaa aku juga sempet takjub sih mb pit jkt48 ini kebanyakan fansnya cowok2...
    Aku berulang kali liat spintas theatre yang di fx rameee terus
    Aku ga gitu ngikutin sih tapi ada beberapa personel yang mukanya enak diliat kayak ve sama ghaida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, ga kenal ama member yang lain kecuali Melodi, Nabila, Haruka, Shania.^-^

      Delete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com