Friday, February 03, 2017

Selamat Tinggal pi23tz

Bulan Januari kemarin saya baru saja mengubah domain blogspot. Ingat ya, bukan domain dotcom lho tapi yang blogspot. Perubahan ini saya lakukan berbarengan saat sewa domain berbayar (dotcom) habis. Jadi sekalian aja dan biar nggak terlalu ribet. Perubahan nama domain ini saya lakukan karena sudah eneg dengan alamat yang lama. 

Nama domain, baik blog gratisan ataupun yang berbayar lebih baik diperhatikan lagi terutama bagi blogger pemula.

Bagi saya, nama domain blog itu penting. Kenapa? Karena nama domain blog identik dengan diri kita. Kita mau dikenal sebagai siapa di dunia blogger. Apalagi sekarang, dunia blogger yang katanya rame dan riuh melebihi dunia persilatan, haha. Jadi, kita pengin gampang diingat atau enggak?

Pixabay

Nama domain blog ibarat identitas bagi pemilik blog. Misal kalau lagi kopdar sesama blogger, banyak lho yang mengenalkan diri dengan nama blognya. Sering banget saya mendengar kalimat seperti ini,

"Kenalin ini si A yang blognya xyzdotcom itu lho."

Tak jarang kadang blognya lebih ngehits dibanding pemilik blog. Bahkan, nama asli pemilik blog kadang nggak tahu, lho.

Saya, di dunia blogger dikenal dengan pipit widya meskipun ini bukan nama lengkap saya. Tapi saya enjoy dan senang karena dikenal dengan nama blog tanpa embel-embel yang lain. Saya senang karena dikenal dengan nama sendiri dan menjadi diri sendiri. 

Kalau flash back lagi, saya mengganti nama domain blogspot karena sudah eneg dengan pi23tz.blogspot.com. Iya, nama itu terlalu susah untuk diucapkan dan diingat jadi saya membeli domain pipitwidya.com. 


Semakin lama kok saya masih nggak enak dengan pi23tz meski sudah ketutup dengan domain pipitwidya.com. Saya pengin banget mengubah dengan domain yang lebih mudah diucapkan. Niat ini sebenarnya sudah ada sejak oktober 2016 silam namun nggak juga saya kerjakan. Setelah tanya beberapa teman blogger, sebenarnya sayang kalau diubah karena akan mempengaruhi PA, DA, dan angka statistik blog lainnya. 

Tapi saya nggak peduli, udah eneg soalnya.-.-

Malah saya sudah bikin blog baru lho untuk antisipasi jika harus ekspor tulisan. Blog baru ini nama domainnya lebih mudah diucapkan sih dibanding yang pi23tz.-.-

Tapi atas saran teman yang juga seorang blogger, sebaiknya mengganti domain kalau sewanya sudah habis aja. Katanya, nggak perlu bikin blog baru dan prosesnya lebih gampang. Enaknya lagi nggak perlu ekspor postingan juga. 

Selama menunggu domain habis, saya malas banget bikin postingan. Rasanya pengin segera habis sewa domain dotcom-nya. Penginnya ingin segera ganti domain blogspotnya. Memang, menunggu itu pekerjaan yang nyebelin dan nggak enak. 

Setelah sewa domain habis, saya menghubungi penyedia domain yaitu Qwords. Ini bukan iklan lho, ya. Saya chat CS-nya dan bilang apa adanya. CS-nya Qwords baik banget dan ramah menanggapi kebawelan saya. Untuk masalah ini, saya cuma disarankan untuk chat ke bagian billing via email.

Biasanya kalau sewa domain mau habis, kita akan mendapat email untuk lanjut apa enggak. Nah, di situ kita balas dan curhatkan kemauan kita.

Saya cuma pengin domain pipitwidya.com dikeep sebentar karena saya akan mengganti alamat blogspot. Saya takut kalau tiba-tiba domain pipitwidya.com dibeli orang. Intinya itu sih keinginan saya.

Ternyata penjelasan dari pihak billing sangat menyenangkan yakni domain yang masa sewanya habis akan expired sebulan setelah tidak ada perpanjangan. 

Jadi nih, domain pipitwidya.com katakanlah habis tanggal 1 Januari. Nah, selama domain ini nggak dibayar perpanjangannya domain tersebut masih milik kita sampai sebulan setelahnya. Domain tersebut nggak akan hilang, masih aman. Jangan takut domain bakal dibeli orang. Kalau sampai 1 Februari nggak diperpanjang juga maka domain tersebut expired dan bisa dibeli orang lain. 

Tapi, sehari setelah masa sewa habis (tanggal 2 Januari), domain tersebut memang tidak bisa diakses. Lah, kan masa sewanya sudah habis. Kalau ingin diakses ya harus bayar perpanjangan dulu dong.

Setelah tahu blog nggak bisa diakses, saya menghubungi Rani, pemilik www.novariany.com. Saya minta tolong dibantu untuk mengonekkan (bahasanya yang lebih bagus apa ya) alamat blogspot yang baru ke domain. Iya, saya gaptek, Kakak.

Prosesnya saya ganti dulu alamat blogspotnya lalu melakukan perpanjangan domain di Qwords.

Nggak cuma itu saja. Saya juga bikin alamat email baru yang nggak ada pi23tz-nya. Nah, email baru ini juga konek ke email yang lama. Jadi saya nggak perlu buka email baru. Enak kan? 

Demi apa coba?

Demi nggak eneg ama pi23tz, hahahaahaha. 

By the way, untuk ganti alamat blogspot ternyata susah-susah gampang ya Cin nyari yang cocok. Bolak-balik ganti ini-itu ternyata domain nggak tersedia, sudah dipakai orang. Saking jengkelnya, saya sampai cek lho blognya, bener nggak sih sudah dipakai atau saya cuma di-php-in doang. 

Untuk domain blogspot, saya penginnya pipitwidya.blogspot.com. Yah, saya penginnya domain gratisan dan berbayar sama. Ternyata domain ini tidak tersedia. Ketika saya search, yaelah blognya kosong mlompong. KZL!! Coba deh cek sendiri sana.

Tahu gitu, mbok ya blognya dihapus aja. Kalau gini kan malah nyusahin orang. Ada yang pengin domain tersebut tapi nggak bisa. Kalau sudah bikin blog, lha mbok blognya diisi gitu lho. Paling nggak 5 postingan lah, mengikuti aturan lomba blog. Hahahahaha. 

Setelah beberapa menit utak-atik nama blog, dari blogpipitwidya, diarypipitwidya, pipitwidyanote, catatanpipitwidya (mirip sekuel catatan hati seorang istri), diaryofpipit, hipipitwidya, akhirnya nemu pipitwidyablog.blogspot.com. Alhamdulillah, saya pakai domain ini. Daripada bingung dan nggak ketemu juga. Saya sempat hopeless duluan karena pas ganti ini WA sama Rani dan cekikikan nyari nama blog. 

Oia, karena gaptek maksimal, saya nggak tahu lho caranya ganti nama blog kalau sudah pernah pakai domain berbayar atau domain berbayar masih melekat. Berkat Rani, saya jadi tahu.

Cara mengganti nama domain blogspot :

Masuk ke Dashboard-Setting-Basic-Blog adress. Nah di situ kan ada 2 alamat blog yaitu nama blog yang berbayar dan yang gratisan. Kalau mau diubah, domain yang berbayar diklik tanda silangnya. Setelah domain berbayar hilang, lakukan perubahan nama domain blogspot. 

Tanda silangnya diklik terus diganti alamat blogspotnya


Kalau untuk mengonekkan blogspot ke domain dotcom dan email baru ke email lama, saya nggak tahu. Hawong saya dibantuin sama Rani. Terima kasih banyak ya, Ran, untuk bantuannya.

Moral story dari postingan ini :

1. Kalau mau bikin blog, perhatikan nama domain. Pilih nama yang mudah diucapkan dan diingat. Kalau bisa jangan pakai angka. Oia, hal ini juga berlaku untuk alamat email, ya. Saya nggak bisa bikin email yang halo@pipitwidya.com kayak gitu. Bagi saya, hipipitwidya@gmail.com sudah bagus, hahahahaha. 

2. Kalau bikin blog ya harus diisi jangan dibiarkan kosongan. Kasihan orang lain yang pengin domain tersebut.

3. Jika tidak bisa utak-atik blog, jangan keminter. Lebih baik tanya teman yang tahu. Sumpah saya deg-degan mau ganti nama blogspot. Pak suami bilang jangan gegabah. Karena kalau salah setting, blog nggak bisa diapa-apain, kelar hidup lo! *lebay

4. Komunikasikan uneg-unegmu dengan penyedia domain dan hosting. Insha Allah mereka akan membantu dengan senang hati.

Sekian postingan curhat kali ini. Intinya, alamat blogspot sudah ganti dan nggak alay lagi meski email yang pi23tz masih digunakan untuk membuka blog ini. 

Domain kalian gimana? Mudah diingat dan diucapkan nggak? ^-^


















9 comments:

  1. Wah mbak, ternyata bisa ya ganti domain blogspot aku kok gaptek ya...

    ReplyDelete
  2. Sudah berapa lama pake domain TLD mbak?

    ReplyDelete
  3. Selamat ya atas ganti namanya. Semoga berkah. Amin.

    ReplyDelete
  4. YA itulah lika-likunya ngeblog. Tidak hanya soal artikel dan template, urusan domain pun kadang bikin pening kepala. Oh iya, domain blogspit bisa dijual belikan, makanya tidak heran jika orang membuat blog sebanyak-banyaknya, walau melompong. Memang sengaja, siapa tahu nanti ada yang minat beli. Dan harganyapun sungguh fantastik, bisa satu juta.
    Maka yang perlu diperhatikan bagi yang membuat blog, perlu diperhatikan nama domainnya, mudah diingat dan singkat.
    Mengganti domain ke khusus tidak perlu kawatir dengan DA atau PA nanti akan normal lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoo, saya baru tau nih info blogspot bisa dijualbelikan.
      Makasih banyak Mas infonya.

      Delete
  5. dulu saya juga pas baru ngeblog bikin nama blog semaunya bahkan pakai angka juga :) & emang susah diinget si tapi kalau sekarang tiap bikin blog baru langsung pilih pakai tld biar ga ribet nantinya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com