Ramadan Kali Ini

Marhaban ya Ramadan. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi teman-teman yang muslim. Daripada blog mlompong, saya mau cerita Ramadan kali ini aja, ya. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya selalu senang dan antusias saat Ramadan tiba. Seakan ada suasana yang berbeda dan selalu dinanti ketika Ramadan datang. Cerita Ramadan kali ini sepertinya sama dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Dulu, saya sering mendapat chat mohon maaf saat Ramadan mau tiba. Semacam total membersihkan diri untuk menyambut Ramadan. Akhir-akhir ini, sedikit sih. Dan jarang juga membalas percakapan maaf-maafan di grup WA. 

Saling memaafkan ketika mau Ramadan saya ketahui pertama kali saat kuliah. Waktu itu, saya bingung ketika banyak teman cewek yang salam-salaman untuk meminta maaf. Plus disertai dengan cipika-cipiki. Meski awalnya agak kaget dan kikuk lama-lama hal ini menjadi semacam tradisi di kampus sebelum Ramadan. Maklum, sebelum kuliah saya nggak pernah melakukan ini. Kalau sekarang saya sudah biasa. Apalagi dengan ucapan maaf yang dilakukan secara virtual, ya. Memang sih lebih enak kalau bermaafan di dunia nyata. 

Selain ucapan maaf, Ramadan tahun ini saya lebih enjoy dalam menjalankannya. Mungkin karena sudah menemukan ritme yang baru kali, ya.




Ramadan tahun ini merupakan kali kedua tidak ada asisten. Jika tahun lalu merupakan Ramadan pertama tanpa ART jadi saya agak kacau dalam mengatur waktu dan belanja. Berbekal pengalaman tahun lalu, kali ini saya lebih bisa mengatur belanja dengan baik sehingga tidak ada makanan yang terbuang percuma. Kalau soal waktu, saya masih kocar-kacir nih. Rasanya ingin bermalas-malasan melulu. Jika waktu sudah agak sore atau mendekati jam buka puasa, baru deh ngurus rumah dan memasak jadi pontang-panting, hahahaha. 

Ramadan kali ini seperti biasa saya sudah nyetok belanja bulanan dan nggak ngemal lagi. Iya, saya dan pak suami memang berkomitmen kalau puasa kami usahakan nggak usah ngemal karena kami nggak kuat dengan ramenya. Apalagi kalau sampai antre di kasir berjam-jam. Duh, bye bye deh! Jika ada barang kebutuhan yang kurang, cukup beli di warung atau minimarket dekat rumah.

Kalau untuk makanan, alhamdulillah pak suami termasuk orang yang gampang makan asal nggak pedes. Pak suami memang nggak bisa makan pedes. Ngomongin tentang makanan, Ramadan kali ini, saya usahakan membuat menu yang berbeda untuk sahur dan buka. Hal ini terinspirasi dari ibu saya.

Jadi waktu mudik tahun lalu, saya masih bisa merasakan nikmatnya sahur dan buka dengan makanan buatan ibu. Nah, ibu saya membedakan sayuran untuk sahur dan buka. Dan beliau masak menu sahur dadakan jadi terasa fresh saat memakannya. 

Waktu makan itulah saya berpikir untuk merubah pola masak jika Ramadan tiba. Berbeda dengan ibu, biasanya menu untuk sahur saya bikin waktu sore menjelang buka. Jadi kalau siang/sore saya masak 2 menu. Menu yang berkuah dimakan saat buka puasa sedangkan menu untuk sahur macam tumis atau ca sayuran. Yes, menu sahur bikin yang simpel aja.

Kenapa saya melakukan ini?

Karena ini memudahkan saya saat sahur. Ketika sahur, saya nggak masak sambil ngantuk. Hal ini juga bisa dijadikan solusi jika saya dan pak suami telat bangun sahur. Kalau menu sahur sudah ada, saya tinggal ngangetin aja. Enak to kalau gini?

Selain menu utama, saat berbuka puasa biasanya saya selalu menyediakan air putih, kurma, buah dan takjil. Saya dan pak suami berbuka yang simpel aja. Setelah tarawih, kami baru mulai makan. Nah, untuk saya pribadi, Ramadan kali ini saya usahakan untuk nggak makan nasi saat buka puasa. Cukup konsumsi kurma, buah, sayur, dan lauk.

Yah, ini nggak saklek sih. Kayak kemarin, saya makan kupat karena saya lagi pengen makan kupat tahu. Tapi saya usahakan untuk mengurangi karbo. Selain masalah karbo, yang berbeda dari tahun sebelumnya yaitu Ramadan kali ini saya dan pak suami bertekad untuk mengurangi gorengan dan makanan bersantan. Mengurangi lho ya bukan menghindari. Alhamdulillah, ini sudah berjalan dengan baik.

Sampai saat ini saya cuma bikin bakwan untuk menu kupat tahu. Selebihnya semoga tetap konsisten mengurangi gorengan. Oia, untuk membeli gorengan di pinggir jalan, sekarang sudah jarang banget. Dulu sih pak suami sering banget beli gorengan kalau di rumah nggak ada takjil.

Selain hal-hal di atas, ada hal yang membuat saya bahagia banget. Hal ini sebenarnya biasa aja sih tapi bagi saya merupakan hal yang istimewa. Hm, nganu, alhamdulillah musala di kompleks tempat saya tinggal sudah bisa dipakai. Meski musholla belum 100% jadi tapi udah bisa dipakai untuk salat. Seneng banget ketika warga gotong royong mempersiapkan musala untuk persiapan salat tarawih. Saya juga seneng ketika salat banyak juga anak-anak yang ikut. Meski rame dan agak berisik tapi saya sangat menikmati momen seperti ini. Karena saya yakin kalau hal ini akan menjadi kenangan yang indah nantinya.*halah

Warga kompleks memang menantikan musala. Dengan adanya musala maka kegiatan tarawih dan kegiatan-kegiatan lain bisa dilakukan di sini. Semoga nantinya ada banyak kegiatan lain untuk memakmurkan musala. Harapan saya, ramainya musala tidak hanya saat-saat tertentu saja. Kapan pun, musala bisa menjadi tempat yang sejuk dan bermanfaat untuk menunjang kegiatan di kompleks.

Ini cerita Ramadan saya kali ini. Kalau cerita Ramadan kalian apa nih? ☺

4 comments

  1. masih dirumah terus nih mba tarawihnya,...

    ReplyDelete
  2. Sekarang sudah mulai sepi. Satu per satu tetangga pulkam. Bahkan supermarket dekat rumah juga sudah longgar, nggak seperti waktu pertama thr pada cair lalu. Heheheee.

    ReplyDelete
  3. Mohon maaf lahir dan batin. Cepet banget Ramadhan berlalu Mba

    ReplyDelete
  4. Huaaa ramadhannya ngebut bgt tahun ini

    ReplyDelete