Monday, October 16, 2017

Lupa Password

Sumpah, makin ke sini saya makin susah ngapalin sesuatu. Seringnya sih susah nginget nama orang yang baru pertama ketemu atau jarang ketemu. Dan, yang paling parah yaitu saya susah nginget password untuk akun apapun. Hhmm, cuma satu akun aja yang password-nya saya inget. Maklum ya di jaman yang makin melek teknologi ini makin banyak aja akun yang kudu dipunya. Artinya, makin banyak akun maka makin banyak pula password yang harus diingat. Karena bikin akun baru pasti pakai password kan? Nah, kalau lupa password kan bisa berabe tuh.

Saya ngalamin nih akhir-akhir ini. Saya punya 3 akun email, beberapa apps serta akun untuk keperluan ngeblog. Nah, dari semua akun-akun itu yang saya inget cuma akun Gmail doang. Sebab hanya dengan Gmail ini saya bisa membuka akun blogger. Makanya yang saya inget password-nya cuma akun ini aja. Dan akun Gmail pula yang saya gunakan sebagai tempat verifikasi email untuk akun-akun yang lain. Makanya kalau sampai lupa password yang ini maka bisa berabe semua urusan, hehe. 

Bahkan untuk akun Facebook, Twitter, dan Instagram, saya nggak inget sama sekali. Seringnya saya membuka akun-akun tersebut lewat hape dan nggak di-log out. Jadi saya jarang banget buka pakai password. 

Barusan aja (sebelum nulis postingan ini) semua password saya rubah. Iyes, semua akun email, Facebook, Twitter, Instagram, apps belanja dan keperluan blogging, semua saya rubah. Terbukti dari semua itu, hanya akun Gmail dan sewa domain yang saya inget. Selebihnya lupa semua. Menyedihkan.-.-

From Pixabay

Kenapa ya saya lupa password padahal itu semua dicatat di notes. Ketika password tersebut dimasukkan ternyata tet tot, salah semua. Akhirnya saya pilih "forgot password" lalu dapet verifikasi. Setelah itu baru deh saya ganti dengan password baru. 

Lupa password ini bisa terjadi karena biasa buka akun-akun tersebut di hape. Kalau buka di hape biasanya nggak saya log out. Jadi ketika buka laman yang sama ya langsung kebuka aja. Sedihnya kalau hape error atau kudu ganti hape baru. Nah, ini berarti serasa bikin akun baru lagi kan ya. Kejadian seperti ini pernah saya alami.

Dulu saya kan punya akun BBM di hape yang lama. Begitu ganti hape baru, saya lupa password-nya. Kebetulan waktu itu bikin BBM dengan email baru pula. Parahnya saya lupa password akun email tersebut karena saya jarang buka email baru tersebut. Daripada pusing mikirin password email jadi saya memilih untuk melupakan saja email dan BBM. Jadi deh nggak punya BBM sampai sekarang. Toh kalaupun sekarang punya BBM bakalan saya hapus karena sudah kebanyakan akun chatting.

Dari kejadian yang saya alami, alangkah baiknya kalau kita fokus pada satu akun email. Itu yang dijadikan tumpuan atau tempat verifikasi kalau lupa password akun yang lain. Nah, kalau nginget satu password aja gampang kan? 

Lalu, biar nggak lupa password sebaiknya sih bikin password yang mudah diingat oleh kita. Kombinasikan juga dengan angka atau simbol biar aman. Ada baiknya kalau password tersebut ditulis di buku khusus atau di hape. Jangan sampai orang lain tahu password tersebut ya. 

Itu sih yang saya lakuin saat ini. Password akun sudah beres tinggal beresin PIN ATM nih. Hahaha soalnya punya beberapa ATM dan parahnya saya agak lupa sama PIN-nya. Pe-er banget deh masalah password dan PIN ini kalau punya lebih dari satu.>.<

Kamu pernah ngalamin hal yang sama nggak? Gimana caranya supaya kamu nggak lupa password?

3 comments:

  1. Samaan banget, Mbaaaak!

    Aku bahkan lupa password IG dan akun buat domainku. Wkwkwk. Auk dah gimana ntar. Mikirnya nantik-nantik aja. Buahahahak! :D

    ReplyDelete
  2. sama semua passwordnya mba he he he he

    ReplyDelete
  3. Sama ama aku mba. Apalagi aku kerja di bank, yg semua sistemnya pasti ada pasword. Dan itu semua otomatis hrs diganti tiap 6 bulan. Jd caraku supaya bisa inget dgn catet semua di catatan, dan aku ksh tgl kpn pasword itu di create. Jd aku pilah2 di catatan, ada pasword gmail, yahoo, fb, dan akses ke sistem kantor. So, kalo buku itu ilang, aku bakal puyeng stress berat itu hahahaha..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com