Keliling Tokyo Nggak Cukup Sehari

Akhirnya saya bisa nulis tentang Tokyo. Sebenernya saya pengen banget nulis tentang ini dari dulu tapi karena males jadinya tertunda mulu. Berawal dari seringnya saya dapet pertanyaan seperti ini,

Kalau keliling Tokyo, sehari cukup nggak? 

Jujur ya, keliling Tokyo sehari nggak bakal cukup. Karena apa? Sungguhlah pesona Tokyo sangat luar biasa karena banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mumpung lagi di Tokyo, lho. Mumpuuuuunnnggg. Nanti kalau udah balik ke Indonesia biar nggak nyesel, hahahaha. 

Tokyo, sebagai ibu kota Jepang pesonanya memang luar biasa. Segala macam hiburan ada di sini. Mulai dari mal, distrik-distriknya, museumnya, teknologinya, keindahan alamnya, budayanya, belum lagi kulinernya. Semua ada di kota ini tinggal duitnya ada atau enggak, hahaha.

Dulu, saat tinggal di Jepang, saya beberapa kali ke Tokyo. Itu pun seharian sudah diplanning full lho, masih aja berasa kurang. 

Sebelum kalian pergi ke Tokyo, sebaiknya cari info yang banyak soal tiket murah, penerbangan yang terjangkau, mau naik shinkansen apa enggak (mumpung ada di Tokyo), nginep di mana, mau ke mana aja. Semua kudu diatur dengan baik biar keuangan nggak jebol.

Saya dan pak suami yang saat itu tinggal di Yokohama (sekitar 45 menit ke Tokyo) benar-benar merencanakan perjalanan dengan baik. Kami tahu karena biaya di Tokyo nggak murah. Dengan begini aja kami sering keteteran karena keasyikan menikmati Tokyo. Jadi pas ada kesempatan ke sana lagi, alhamdulillah kami bisa menikmati Tokyo layaknya warga lokal yang nggak kemrungsung. Maklum, mumpung di sana kan. 

Oia, saya mau kasih sedikit gambaran buat kamu yang mau ke Tokyo.

Hanami di Shinjuku Gyoen

#Banyak Distrik

Tokyo itu gedhe dan rameeee banget. Maklumlah namanaya juga ibu kota. Beda banget kalau kamu jalan-jalan ke daerah pinggiran Jepang. Tokyo punya beberapa distrik yang ngehits bagi turis, diantaranya: 

*Akihabara, kalau kamu mau cari elektronik atau anime-anime. Oia, kalau kamu pengen lihat AKB48 atau sekedar nongkrong di kafenya juga ada di sini. Kafe dan theaternya tempatnya agak jauhan. Kalau kafe AKB48 deket stasiun sedangkan theaternya ada di Don Quijote.

*Shibuya, nah ini ngehits karena ada patung Hachiko dan cross junctionnya yang ruameeee itu. Tempat ini jadi syuting Tokyo Drift-nya Fast and Farious. Sumpah, saya norak ada di sini. Bolak-balik nyebrang cuma pengen ngerasain sensasi nyebrang bareng sebegitu banyak orang, hahahaha.

*Ginza, tempat belanja yang ngehits di Tokyo. Saya nggak terlalu banyak menghabiskan waktu di sini karena duitnya mepet euy, hahahaha.

Tokyo Tower di malam hari

*Roppongi, tempat belanja juga tapi ada juga Fujifilm Square di sini. Saya pernah mampir cuma lihat-lihat galerinya. Kalau kamu penggemar Fuji wajib ke sini. Foto-foto di galerinya bagus-bagus. Di sini juga ada kamera Fuji yang sudah kuno. Terfujilah.

*Harajuku, tempatnya anak muda dengan style nyleneh. Biasanya mereka ngumpul saat weekend bisa di Harajuku atau Yoyogi park.

*Omotesando, tempat untuk belanja atau shopping atau ngafe. Lokasinya deket ama Harajuku.

*Kawasaki, yang terkenal karena ada museum Doraemon. Sumpah, saya nggak nyesel mampir ke sini. Seru abis museumnya karena seakan-akan kita bertamu ke rumah Doraemon. Kalau ke sana, coba rasain dorayakinya. Enaaakkk.

Pintu ke mana saja Doraemon

*Shinjuku, ada Shinjuku Gyoen yang bagus banget saat hanami. Tiket masuknya juga murah. Kalau ke sini nggak berasa waktu cepet banget karena tempatnya emang bagus kalau hanami. Selain itu, di Shinjuku ada kantor pemerintahan bernama Tokyo Metropolitan Government. Ada bagian dari kantor ini yang boleh dimasuki oleh pengunjung dan gratis.

*Ueno, taman Ueno yang ruameee banget saat hanami. Kayaknya di Ueno gratis deh dan luasnya ampun-ampunan. Di Ueno ada kebun binatang, pasar Ameyayokocho yang terkenal murah. Kalau di Ueno terlalu rame, mlipir hanami ke Shinjuku Gyoen aja.

Hanami di Ueno Park

*Odaiba, pulau buatan di Teluk Tokyo. Di sini bisa lihat Rainbow Bridge di malam hari, patung Liberty kawe, Gundam yang gedhenya minta ampun, ada juga Madam Tussaud, serta mal. Coba deh rasain naik kereta yang driverless. Seruuu banget.

Rainbow Bridge di Odaiba

#Banyak Tempat Wisata Ngehit

Di Tokyo banyak banget tempat wisatanya. Komplit banget deh. Mau belanja kaki lima ada di Asakusa, di Tokyo ada banyak mal, ada Tokyo Tower, Tokyo Sky Tree, museum Doraemon, Tokyo Disney Land, ke Odaiba juga bisa. Selain itu ada Museum Gibli, Masjid Tokyo Camii, taman di Yoyogi, Ueno, Shinjuku. Lalu istana kaisar yang tamannya bagus banget dan gedhe. Kalau hanami malam bisa ke Chidorigafuchi atau Naka Meguro.

Wah, pokoknya banyak banget deh.

Kalaupun nggak mau ke mana-mana, kamu keliling stasiun Tokyo juga bisa karena Stasiun Tokyo gedhe banget. Banyak banget line-nya sampai saya bingung. Hhmm, kamu jangan kayak saya ya. Semoga nggak bingung dan nyasar di stasiun Tokyo. Selain itu juga banyak restoran dan tempat jual suvenir atau oleh-oleh. Nyari Tokyo Banana juga ada di sana.

Yang paling saya suka saat di stasiun Tokyo yaitu mendengar langkah orang di stasiun yang banyak banget. Cetok..cetok..cetok..Langkah manusia yang selalu cepat dan suara sepatu yang sahut-sahutan membuat saya rindu pada stasiun ini. Hahaha, receh banget ya saya.

Sakura malam di Chidorigafuchi

Oia, di Tokyo kamu juga bisa lihat pelelangan ikan di Tsukiji Market dan makan sushi di sana. Kalau mau lihat lelang ikan kudu berangkat pagi atau kalau perlu nginep di warnet deket Tsukiji. Sayangnya, waktu itu saya nggak dapet momen lelang ikannya. Udah berangkat pagi dari Yokohama tapi nyampe sana udah nggak bisa lihat. Ya udah akhirnya cuma makan sushi di Tsukiji. Sushinya enaaak banget karena ikannya segar. Mantaaap!!

Sushi di Tsukiji market


#Cari yang Murah

Saya yakin kalau keliling Tokyo nggak bakal cukup sehari. Bayangin aja perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya. Belum lagi kalau kamu nyasar dan antre masuk ke wahana kayak ke Disney Land atau naik ke Tokyo Sky Tree. Makanya kamu kudu cari info yang banyak. Bisa saja nggak semua tempat dikunjungi. Kamu bisa datang ke tempat yang gratis aja. Kalaupun mau ke tempat yang kudu bayar, pastikan keuangan diatur biar nggak boros.

Supaya nggak tekor-tekor amat, kamu bisa beli tiket terusan yang murah. Kamu bisa pakai Tokyo Pass atau Kanto Pass. Kalau pakai Tokyo Pass kamu bisa keliling Tokyo naik kereta JR gratis. Saya nggak hapal masa berlakunya masing-masing tiket tersebut.


Tokyo Camii

Nah, kalau kamu pengen sekalian keliling ke Gunung Fuji, Kawaguchiko, Hakone, Nikko baiknya sih pakai Kanto Pass. Kenapa? Karena Tokyo dan tempat-tempat wisata tersebut berada di area Kanto. Tentu saja kalau pakai Kanto pass lebih murah. Dengan Kanto pass kamu juga bisa naik shinkansen gratis. Saya dan pak suami pernah pakai Kanto Pass buat ngabisin liburan golden week. Beneran deh, nggak nyesel beli tiketnya. 

Kalau soal penginapan murah, jujur saya nggak tahu soalnya saya nggak pernah nginep di Tokyo. Karena waktu itu saya dan pak suami tinggalnya di Yokohama. Jadi kami seharian keliling Tokyo pakai Tokyo pass. Coba aja cari di gugel pasti banyak kok penginapan yang murah di sana kayak Air bnb. Oia, jangan lupa buat sewa mifi selama di sana biar enak kalau mau internetan atau eksis di medsos.

Selamat jalan-jalan ke Tokyo, ya.^-^

14 comments

  1. Wahhh.. Mau ih ke Tokyo.. Bagus yah :D

    ReplyDelete
  2. pengen bgt solat di Tokyo Camii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga bisa kesampaian ya mba.

      Delete
  3. Seruuu.. Pingin banget ke Museum Doraemon sama ke Odaiba liat Gundam.. :D Sama liat sakura juga langsung di sana haha banyak pinginnya mba.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, semoga bisa terkabul mba keinginannya. Aamiin.

      Delete
  4. Piiit...
    itu foto yang di taman-taman itu pas lagi musim semi yah? indah banget siiiih :)) Pengeeeeen!

    Buatku sih pertanyaannya mungkin buat ke Tokyo harus nabung berapa lama gituh Piiiit hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Bi, lagi musim semi.
      Hahaha, kalau pergi ama Goblin ga usah nabung Bi.:))

      Delete
  5. Aaaa... tokyooo! Jadi pingin ke situ gara-gara kebanyakan nonton anime hehe :D

    Btw Tokyo Pass bisa dibeli langsung dari area bandara, mbak?
    Kaya Singapore Tourist Pass bia beli di counter dekat bandara Changi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, di area Tokyo ya. Bisa juga beli JR pass kalau mau keliling selain area Kanto kayak ke Kyoto, Hokkaido, Shirakawago, Osaka.

      Delete
  6. Penasaran pengen ke kaeasakk deh tempatnya doraemon :)

    Jauh gak sih dari asakusa?

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Museum Doraemon jauh dari Asakusa. Dari st.Kawasaki masih oper lagi ke Nambu line (cmiiw ya, udah lupa).

      Delete
  7. Mba pintu ajaib nya ada ga kalo dari sini biar bisa langsung sampai ke Jepang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalau ada, itu cuma buat aku aja.

      Delete