Saya Penderita PCO dan Bisa Hamil Alami

Memenuhi janji kemarin tentang gimana saya yang penderita PCO dan bisa hamil alami. Padahal sebelumnya udah promil ke mana-mana dan sempat insem 2x tapi gagal semua.

Alhamdulillah akhirnya saya bisa hamil setelah menanti selama 8 tahun. Anak saya umurnya udah 4 bulan (lahir bulan Agustus 2018). Sampai sekarang masih ada pembaca yang email atau DM soal promil yang saya jalani. Emang sih saya belum cerita tentang kehamilan saya dan bagaimana prosesnya.

Nah, daripada saya jawab satu per satu, lebih baik saya bikin postingan tentang hal ini. Jadi kalau ada yang nanya, saya tinggal kasih linknya.

Menikah selama 8 tahun dan belum ada anak sebenarnya biasa aja. Jujur ya, saya biasa dan santai banget. Yang nggak santai malah pak suami. Yah gimana nggak santai setelah beberapa promil gagal dan uang juga lumayan kesedot buat promil kan.

Tapi saya pernah berada di titik yang bener-bener serba salah. Mengalami masa putus asa dan menyalahkan diri sendiri kenapa kok bisa begini dan begitu. Andai nggak ini-itu.

Lelah?
 
Sedih?

Pastinya iya.

Justru dengan menyalahkan diri sendiri dan nggak menerima keadaan, bikin saya tambah terpuruk dan selalu terbawa energi negatif. Bawaannya uring-uringan mulu di rumah. Makanya ketika udah agak on lagi, saya pasrah dan berusaha menerima kondisi saya dengan ikhlas. Keyakinan saya hanya Tuhan pasti tahu yang terbaik untuk saya.

Kelihatan klise ya?

Tapi kalau itu dijalani rasanya enaaak banget. Nggak ada tuh yang namanya baper ditanya kapan punya anak, lihat orang hamil atau nengokin orang lahiran.

Saya sudah berada di fase-fase tersebut.

Saya enjoy aja menjalani kehidupan dengan berpikir positif dan banyak refreshing. Saya nggak peduli dengan kehidupan orang lain. Saya hanya fokus ke diri sendiri dan melakukan hal-hal yang saya sukai. Ini membuat saya bahagia. Makanya pak suami ketularan energi positifnya. Akhirnya dia juga santai aja ama sikap saya selama masih berada di jalan yang benar, hahaha.

Padahal kegiatan yang saya jalani biasa aja, lho. Diantaranya:

#Banyakin Refreshing dan Santai

Saya dan pak suami memutuskan banyak refreshing. Kami sering jalan-jalan. Nggak usah ke tempat yang jauh dan mahal. Asal kami bahagia maka di mana pun enak aja. Waktu itu kami sering ikut open trip ke luar kota atau jalan-jalan di Bogor dan Jakarta. Jalan-jalan yang benar-benar jalan. Hahaha.

Kalau open trip kebanyakan sih ke tempat yang ngehit. Kalau jalan-jalan biasa, saya hanya menikmati hal-hal kecil di sekitar tanpa banyak gangguan gadget. Receh banget ya hal-hal yang bikin saya bahagia.

Teman-teman mau shopping? Silakan. Saya juga suka kok, hahaha. Biasanya saya ngajak sahabat kalau belanja belanji, hahaha.

#Ikhtiar lain

Waduh saya mau nyeritain hal ini agak gimana itu. Maaf ya saya bukan pamer atau riya. Saya hanya cerita pengalaman pribadi aja. Saya bukan orang yang alim banget kok. Banyak sih yang nyaranin ini itu biar cepat dapat momongan. Tapi saya melakukan hal-hal ringan aja yang penting dilakukan secara rutin.

Sebelum hamil, saya rajin puasa Senin-Kamis, rutin santunan ke anak yatim, dan berusaha untuk lebih dekat lagi sama Tuhan. Saat melakukan hal-hal ini, saya mendapat ketenangan, kebahagiaan, dan lebih banyak bersyukur.

#Hidup sehat

Nah, kalau di kehidupan sehari-hari, saya mencoba berpikir positif, menjalani hidup sehat dengan food combining, dan rajin olahraga.


Kondisi kesehatan yang baik jangan hanya di pihak wanita aja ya. Alangkah baiknya jika suami diajak ikutan hidup sehat. Dulu pak suami rutin bekam. Tapi bukan bekam yang seperti kebanyakan orang lakukan. Bekamnya di titik tertentu dan darahnya kental banget.

Kalau bekam yang biasa, kami juga pernah coba. Tapi setahun belakangan kami udah jarang bekam. Biasanya kami cuma bekam kering (nggak ambil darah kotor) karena saya dan paksu sering masuk angin, hehehe.

***

Jika ada orang yang nanya tentang usaha saya kok bisa hamil secara alami, saya akan jawab secara universal yaitu hidup sehat dan rajin olahraga. Dua hal ini efeknya bagus banget buat tubuh. Tapi balik lagi, ya. Tiap orang masalahnya berbeda. Cari tahu dulu penyebabnya baru lakukan ikhtiar.

Kalau saya kan masalahnya hormon nggak seimbang jadi haid juga nggak teratur. Saya mikirnya, kalau keadaan seperti ini berarti makanan harus dikontrol. Karena hormon dipengaruhi oleh makanan dan gaya hidup. Makanya saya (saat itu) benar-benar menjalani hidup sehat. Diantaranya mengurangi gorengan, roti, dan makanan pabrikan. Bahkan saya juga nggak tertarik dengan makanan kekinian yang belum tentu sehat.

Oia, saya juga nggak makan ayam potong dan telurnya. Semua saya ganti dengan ayam kampung dan telur ayam kampung. Hal ini saya lakukan sampai sekarang. Tapi kalau untuk pak suami masih ayam potong dan telur biasa biar murah, hahaha.

Dengan niat yang kuat alhamdulillah sampai sekarang saya kurang tertarik dengan makanan kekinian dan malas jajan di luar. Kalau bisa sih masak sendiri. Masaknya yang simpel aja. Hal ini juga berlaku untuk makanan pabrikan. Saya kurang greget sama makanan pabrikan. Tetep makan kok tapi dikiit dan kalau lagi pengen banget.

Menjalani pola hidup sehat seperti ini nggak saklek sih. Semampunya saya aja. Kalau lagi pengen ini itu ya beli dan makan aja. Asal jangan banyak-banyak. Makan secukupnya yang penting keinginan sudah terpenuhi, hehehe.

Biar semangat hidup sehat tetap membara (halah membara), follow aja akun yang berbagi tentang hidup sehat. Banyak kok yang bisa diikutin. Dengan follow dan rajin baca caption mereka, percaya deh, ngefek ke kehidupan sehari-hari.

Satu lagi, jangan lupa olahraga ya. Karena olahraga benar-benar bikin bahagia lahir batin. Saya dan pak suami memang penyuka olahraga. Jadi kami senang menjalani kegiatan ini. Eh, kalau rajin olahraga ngefek lho ke hal yang enak-enak, hahaha. Coba aja buktiin sendiri.

Setelah setahun menjalani pola hidup seperti ini, alhamdulillah saya hamil tanpa disangka sama sekali.

Hasil test pack baru dan yang kadaluarsa

Ceritanya, habis pulang jalan-jalan, pak suami curiga kok saya belum haid. Saya mah cuek karena emang udah sering telat. Tapi pak suami ngotot suruh saya test pack. Sampai saya dibeliin test pack baru. Saya tetap ogah-ogahan ngecek.

Kata pak suami, misalkan saya hamil takutnya kandungannya lemah karena masalah hormon. Kalau kehamilan diketahui sejak awal, semoga aja hal ini bisa dicegah. Diomongin kayak gini sama pak suami, akhirnya saya nurut.

Rasanya deg-degan menunggu hasil test pack, apakah satu garis atau dua garis. Setelah tes pack pakai yang baru, lha kok ternyata hasilnya dua garis. Karena saya nggak percaya, saya test pack lagi pakai yang udah kadaluarsa. Ternyata hasilnya sama. Langsung deh saat itu saya nyuruh pak suami cuti buat nemenin ke dokter kandungan.

Sampai di rumah sakit, setelah lalalili dengan bu dokter, beliau kaget dengan kisah saya. Malah saya ditanyain kok bisa hamil alami dengan berbagai masalah yang ada. Akhirnya saya cerita apa adanya.

Buat teman-teman yang sudah komen, mendoakan, dan memberikan semangat, terima kasih banyak, ya. Itu semua sangat berarti buat saya. Saya mendapat banyak semangat dari komen-komen tersebut. Saya juga belajar dari pengalaman teman-teman meskipun lewat komen.

Buat teman-teman yang masih berusaha punya momongan, yakin aja kalau kamu suatu saat bisa jadi ibu. Mungkin saat ini waktunya belum tepat. Beneran deh, ketika saya mikir lagi, kalau saya dikasih anak dari dulu mungkin emosi saya masih labil dan belum sebaik sekarang. Tuhan tahu yang terbaik untuk kita.

Segitu dulu curhat tentang gimana saya yang penderita PCO dan bisa hamil alami. Maaf ceritanya panjang.🙏

15 comments

  1. Alhamdulillah... Turut bahagia mba dengan kabar baiknya. Semoga anaknya dan sekeluarga sehat selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Rabb. Makasih, Mba, untuk doanya.😊

      Delete
  2. MasyaAllah.. Emang biasanya begitu ikhlaasss banget justru jadi berkah ya. Selamat ya Piitt semoga anaknya & semuanya sehaat teruuss.. Udah berapa bulan ya sekarang ya bayinya? Udah lahir kan? Hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, hahaha. Udah 4 bulan, tante.

      Delete
  3. Subhanallah..
    nangis saya mbak bacanya
    Salam kenal mbak,saya sangat tertarik dengan ini mbk, saya cerita sedikit boleh ya mbak.. saya Iin, saya memiliki kisah yang sama dengan mbak tapi bedanya saya masih belum tau seperti apa, Krn sampai sekarang saya masih mengkonsumsi obat hormon, dan rutin ke dokter kandungan, meski saya blm menikah saya sangat memperhatikan kondisi kandungan saya, sebab dokter yang mendiagnosa saya tidak bisa hamil secara alami, sungguh saya down dan kecewa dengan diri saya, saya sampai menangis bahagia membaca ini, alangkah senangnya mbak menjadi seorang ibu, trimakasih untuk motivasi in..sungguh saya ucapkan terimakasih saya merasa masih punya harapan untuk bisa hamil alami.
    Saya turut bahagia mbak atas kabar bahagia ini.. semoga mbak sekeluarga selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT amin
    Dan minta do'anya juga ya mbak heheheh
    Curhat deh jadinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuuh, saya merinding bacanya.

      Terima kasih, Mba Iin, sudah berbagi cerita di sini. Selalu berpikir positif ya, mba. Jangan menyerah dan putus asa, ya.

      Semangat, ya. Peluuuukk.😊

      Delete
  4. Alhamdulillah.. Buat pelajaran kita jg bisa belajar dr pengalaman bunda.. Semoga anaknya sehat dan cerdas.. Aamiin
    Semoga saya jg segera ketularan dpt tiket H.. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih, mba, doanya.

      Semoga Mba Anisa dan yg lain bisa mendapat momongan. Aamiin.

      Tetap semangat ya, mba.

      Delete
  5. Alhamdulillah mba Pipit, terimakasih Sdh berbagi cerita dan pengalaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mba Mira yang di email bukan?

      Sama2, Mba.

      Perjuangan mba Mira sangat luar biasa juga. Semangat ya. Peluuk 😊

      Delete
  6. Alhamdulillah, makasih udah berbagi pengalaman mba.. semoga sehat selalu ya sekeluarga. Saya juga sedang ikhtiar hamil dan senang baca post mba Pipit tentang baby program. Semoga berkah ya mba sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mba Pra Dina. Doa yg sama utk mba sekeluarga. Semoga diijabah Alloh ya mba ikhtiarnya. Aamiin.

      Delete
  7. Alhamdulillah mba ikut seneng setelah penantian 8th.
    Saya sudah menikah tahun ke 4 tp blm hamil juga.
    Memang belum pernah promil si, rencana baru mau coba promil sekarang.
    Menurut mba Pipit bagaimana? Hehehehehe,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini Mba Eka yang nanya di email juga ya?

      Kalau saran saya, periksa dulu aja, mba, biar tahu kondisi kesehatan kita gimana. Kalau pun ga ada apa-apa, dokter juga kasih saran kok.

      Semangat, ya.^-^

      Delete
  8. Subhanallah mbak, kisah mu menginspirasi aku . Semoga aku bs sekuat kamu dan cepat diberi keturunan .aamiin.. sehat² selalu ya mba dan keluarga .

    ReplyDelete