Tinggal Bareng Orangtua

Sudah 1,5 bulan saya tinggal bersama orangtua di Semarang. Tepatnya saya dan anak ngungsi karena ditinggal dinas pak suami.

Waktu tahu bakal mau tinggal bersama orangtua lagi, agak gimana gitu. Soalnya dari awal nikah saya udah diboyong pak suami ke Jakarta meski jadi kontraktor dulu. Alhamdulillah akhirnya kami bisa tinggal di rumah sendiri di Depok.


Tinggal bersama orangtua setelah menikah rasanya beda dibanding waktu masih gadis. Yang kerasa banget tuh saya sering ewuh sama orangtua. Padahal orangtua sendiri lho bukan mertua. Kalau di rumah sendiri, kita bisa bebas mau ngapain aja dan mau beli apa aja. Tapi karena di rumah orangtua rasanya kurang leluasa.

Yah, kalau saya mau beli ini itu pasti mikirin buat orang serumah. Kalau saya mau melakukan rutinitas kayak di rumah sendiri kadang nggak bisa karena (misalnya) alatnya nggak ada dan settingan rumahnya nggak kayak rumah sendiri.

Dari kecil sampai sebelum nikah selalu tinggal bersama orangtua. Pasti ada hal-hal yang bikin kita udah biasa ama kebiasaan keluarga sendiri. Tapi setelah nikah kebiasaan itu kadang aneh atau kurang pas saya rasain. Kayak nggak biasa aja rasanya. Yah, maklum karena saya tinggal sama suami yang punya karakter dan kebiasaan berbeda ama keluarga saya.

Ketika udah berumah tangga, kami punya kebiasaan baru yang mungkin nggak dilakukan saat masih tinggal bareng orangtua. Kebiasaan ini nggak ada di rumah orangtua saya. Misalnya, tiap berapa hari sekali pasti kami bikin jus. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena kami bisa ngobrolin apa aja berdua di dapur.

Pixabay 

Kalau di rumah orangtua, saya nggak pernah bikin jus. Ada sih alatnya tapi gedhe banget yang blender 7 in 1 gitu deh. Yah, males kan jadinya. Kalau di rumah sendiri yang biasa bikin jus justru pak suami. Saya yang masak. Jadi kami berdua kerja sama di dapur, saya nggak terlalu capek. Huhuhu, saya jadi kangen ama rumah sendiri.

Tapi di dunia ini kan berimbang. Kalau ada yang nggak enak pasti ada sisi enaknya. Tinggal bersama orangtua enaknya sih saya sering dimasakain makanan favorit yang jarang saya temuin di Depok. Apalagi sejak punya anak, saya nggak pernah masak di rumah orangtua. Yang masak ibu. Ibu selalu memperhatikan makanan yang saya konsumsi supaya meng-ASI-hi lancar.

Oia, enaknya lagi, saya bisa nitip sinok kalau pengen makan atau melakukan aktivitas lain. Sinok ada yang njagain jadi saya tenang, hahaha.

Jadi, enak nggak sih tinggal bareng orangtua? Kalau saya, seenak-enaknya tinggal bareng orangtua tetep lebih enak tinggal di rumah sendiri.^^

8 comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. wah mba Pipit, selamat ya sudah ada sinok.


    sudah lama ga mampir sini

    ReplyDelete
  3. Pak suami jangan lupa pulang ya...hehehe. sinok nungguin.

    ReplyDelete
  4. Hooo gitu yak. Aku sekarang sih sama aja tinggal sendiri apa sama orang tua, hahaha. Coba tinggal sama mertua, Mbak, enak ngga tuh :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe klo aku malah semi-bareng mertua. Karena mertua punya rumah 2, aku & suami disuruh tinggal di rumah yg dipakai (skalian biar rumahnya kerawat).

      Tapi ternyata ayah mertuaku sering banget siang sampai sore nongkrong di rumah ini juga, jadi klo siang aku jarang banget keluar kamar. Pekewuh aja rasanya wkwkwkwkkw

      Delete
    2. @Una: ga mau lama2 tinggal bareng ortu atau mertua. Enakan di rumah sendiri.

      @Himala: Saya belum pernah ngerasain, mba. Mungkin saya akan pakewuh juga.

      Delete