Tuesday, October 28, 2014

Belanja Bulanan Nggak Capek Antre

Sudah akhir bulan nih, biasanya para emak udah mulai menghitung pos-pos anggaran untuk belanja. Setiap belanja bulanan, utamanya di supermarket atau mall, pasti deh weekend akhir bulan atau awal bulan bakalan rame banget. Kalau sudah begini, biasanya males banget belanja, capek antrenya!

Doeloe, saya juga begitu. Maleees banget kalau ngantre. Tapi sekarang saya mempunyai cara belanja bulanan yang nggak bikin capek antre. Cara ini sudah saya terapkan beberapa tahun lalu. Gini nih tips belanja bulanan ala saya :

1. Weekend Sebelum Tanggal 25
Kalau bisa emak-emak belanja pas weekend sebelum tanggal 25. Mengapa? Karena tanggal 25 biasanya pegawai swasta gajian, sedangkan PNS di awal bulan. Jadi emak belanja saat pegawai swasta dan PNS belum gajian. Itu solusi untuk emak yang bekerja. Sedangkan kalau emak IRT, bisa saja belanja seperti itu atau memilih di hari kerja setelah tanggal 25. Biasanya kalau belanja pas hari dan jam kerja nggak serame weekend. 

2. Membuat Daftar Belanja
Ini penting banget karena daftar barang yang ingin dibeli bisa mempercepat waktu belanja selain itu agar apa yang dibutuhkan bisa tersedia dan nggak lupa untuk dibeli. Nggak asyik dong ya kalau pas sampai di rumah ternyata sabunnya kurang satu atau lupa beli pasta gigi.

3. Lewati Lorong yang Nggak Perlu
Biasanya nih, kalau kita sudah belanja bulanan di suatu tempat, biasanya kita hapal letak barang-barang yang biasanya kita beli. Nah, karena hapal dan terbiasa maka kita bisa menentukan atau membuat arah belanja, mau dari mana dulu terus mau lanjut kemana lagi. Kalau melewati lorong yang sekiranya nggak ada di daftar belanja, skip saja, lanjut ke lorong lain yang lebih dibutuhkan. 

4. Manfaatkan Promo
Dengan memanfaatkan promo, kita bisa belanja lebih murah dan barang tersebut bisa dijadikan simpanan. Contohnya yang sering promo tuh minyak goreng. Nggak ada salahnya membeli minyak goreng melebihi dari kebutuhan toh masih bisa disimpan untuk bulan berikutnya. Jadi kalau dirasa cukup, bulan berikutnya nggak usah beli minyak goreng. Kalau uangnya hanya cukup untuk membeli minyak sesuai kebutuhan, kita bisa dapat harga lebih murah kan? Lumayan ada sisa dari belanja bulanan. 

5. Kerja Sama 
Kerja sama ini bisa dengan suami atau asisten. Jika sekiranya belanja sudah mau selesai dan hanya tinggal beberapa barang saja, emak bisa minta tolong kepada suami /asisten untuk mengantre dulu di kasir. Setelah semuanya terbeli, emak bisa nyusul. Antre di kasir juga butuh waktu kan? Nah, memanfaatkan waktu tersebut nggak ada salahnya dong, daripada bengong.

Oia kalau bulan puasa biasanya lebih rame kan ya, entah itu weekend keberapa. Saya punya prinsip kalau bisa bulan puasa nggak jalan-jalan, males banget rasanya. Biasanya saya berusaha belanja sebelum puasa. Saya rekap semua termasuk THR untuk asisten dan baju untuk sanak saudara, lalu saya dan Pak MJ membeli barang-barang tersebut sebelum puasa. Khusus untuk barang bulanan seperti sabun, minyak goreng, dll biasanya saya membeli 2x lipat, maksudnya untuk persediaan bulan selanjutnya. Jadi pas puasa, saya nggak belanja atau belanja yang kurang saja dan setelah mudik biasanya masih punya persediaan barang bulanan.

Nah, itu sedikit tips dari saya. Semoga bermanfaat :)







4 comments:

  1. emang bener tiap kali belanja bulanan pasti antri dan selalu ribet, soalnya belanja bulanannya barengan dengan seluruh karyawan pabrik yang gajiannya juga barengan..hiya ah, mulai sekarang mah tiap kali belanja bulanan mau make 5 trik di atas itu ah.
    makasih ilmunya bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mang, udah mampir..
      Mamang keren nih, profesinya mantep!!

      Delete
  2. wah tips dan triknya okeee banget nih kaa..
    Ibu aku juga kalau belanja yang banyak2 menjelang puasa, soalnya kalau jelang lebaran malah barangnya suka pada abis duluaan juga yah..

    bisa dicoba ini mah buat yang suka belanja bulanan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan, Mak :)
      Btw makasih ya udah mampir..

      Delete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com