Cerita Pemula ke Singapura

Bulan Agustus lalu saya dan suami jalan-jalan ke Singapura dan Malaysia. Kami berdua bukanlah traveller sejati. Hehe kami jalan-jalan tetap mencari budget rendah dan browsing sana-sini. Tapi, kami jalan-jalan santai jadi mungkin ada beberapa tempat yang tidak kami kunjungi.

Ini travelling pertama kali ke luar negeri. Pernah sih jalan-jalan ke negeri lain karena kebetulan suami saya dinas di sana. Jadi, bisa dikatakan kalau ini termasuk pengalaman pertama murni travelling ke luar negeri.

Seperti biasa, Pak MJ bertugas mencari tiket promo dan penginapannya. Berapa besarnya? Jujur, lupa hehehe. Pesawat take off Kamis sore sampai di bandara Changi maghrib. Setelah landing, saya dan suami berkeliling dulu di Bandara Changi. Bandaranya bagus, ada tamannya. Karena malam, kami tidak sempat berkeliling taman-taman tersebut satu per satu. Yang saya suka, wifinya lancar banget. Di sana juga ada internet gratis lewat komputer. Tujuan kami berkeliling juga mencari bangku untuk tidur. Ya, kami memang berniat tidur layaknya backpacker di bandara, biar irit hehehe.

Sumpah, ini pengalaman pertama saya tidur di bandara. Karena alergi dingin, batuk saya kambuh. Berkali-kali saya batuk. Untungnya tempat tidur kami dekat toilet jadi saya agak aman bolak-balik ke toilet. Eh, toilet di Changi bersih dan wangi kok. Saya dapat bonus badan pegel-pegel hehehe.

Waktu di Singapura satu jam lebih cepat dari WIB. Tapi, meski di sana jam 6 pagi saat mencari sarapan beberapa outlet di bandara masih banyak yang tutup. Yang bikin jengkel, KFC-nya tidak ada nasinya heuheu. Kami sarapan di salah satu restoran di sana. Lupa namanya. Saya beli mie laksa dan teh anget. Enak rasanya.

Nah, hasil dari contekan di internet, agar transportasi selama di Singapura murah, kami membeli tiket EZ-link di bandara, semacam kartu multi trip commuterline kalau di Indonesia. Hebatnya EZ link ini, selain untuk membayar MRT, bisa juga untuk bayar bus, taksi, beli di McD, 7 eleven, dan time zone. Kartu ini berlaku selama lima tahun. Sempat menunggu lama karena loketnya belum buka.

Setelah mendapat EZ-link, kami naik MRT dan turun di Aljunied. Iya, saya dan suami menginap di kawasan Geylang tepatnya Hotel Fragrance Rubi. Hehehe kawasan Geylang termasuk kawasan red district, pagi-pagi banyak banget cewek seksi. Ini pilihan suami saya lho, hhhmm tak apalah. Hotelnya bagus pelayanannya tapi internet gratis hanya di lobby. Karena check in siang, maka kami hanya menitipkan barang dan cuci muka. Setelah itu ngebolang.

Oia, sebelumnya kami mengisi perut di warung dekat hotel. Murah sih karena mirip warteg. Penjualnya orang Surabaya. Ramah banget orangnya. Karena setiap pagi dan malam kami makan di situ, penjualnya sampai hapal.

#Vivo City

Vivo city ini mall yang ada tamannya di atap (roof top). Dari sini kita bisa melihat Sentosa Island. Setelah foto-foto sebentar, kami naik monorail ke Sentosa Island. Dari Vivo City kami membeli tiket monorail ke Sentosa Island. Kami masuk ke bagian informasi dan bertanya tentang cara membeli tiket wahana yang ada di Sentosa. Di situ diterangkan detail dan ada brosurnya, komplit. Jadi pengunjung bisa memilih berbagai wahana yang ada di Sentosa sesuai budget dan waktu.

#Sentosa Island

Sentosa memang wajib dikunjungi karena memang banyak tempat wisata di sini, diantaranya Imbiah Lookout, Siloso, Pantai. Masing-masing tempat ini dihubungkan dengan transportasi bis, monorail, dan trem. Ini semua gratis karena include di tiket masuknya. Kami memang berniat mengelilingi tempat ini sampai puas.

Pertama kali kami ke Imbiah Lookout, melihat patung Merlion yang gedhe banget, foto-foto terus beli makan siang di 7 eleven yang murah meriah. Sempat deg-degan di sini karena gerimis turun. Oia, kami membeli beberapa tiket wahana di sini, diantaranya tiket Wings of time, skyride and luge, dan cable car.

Setelah itu kami puas-puasin naik trem di Sentosa. Mampir ke pantai, Nature Discovery, dan Siloso. Pemandangan di pantai yang seperti pulau buatan bagus banget. Sayang Pak MJ tidak membawa baju ganti jadi tidak bisa renang. Kalau Nature Discovery masuknya gratis. Di situ semacam museum flora dan fauna serta hutan yang treknya sangat nyaman. Sedangkan Siloso itu pantai yang ramai banget pengunjungnya.

Setelah puas berkeliling, kami ke wahana skyride and luge. Awalnya melayang tinggi lalu dilanjutkan dengan meluncur dengan alat luncur roda tiga tanpa motor, jadi hanya pakai rem, menuruni bukit sepanjang 650 m. Seru banget naik ini.

Karena sudah sore, kami siap-siap nonton Wings of Time. Pertunjukan laser di pantai. Asli, keren banget pertunjukannya. Ada dramanya, ada tari dan nyanyi, dan tentu saja laser yang indah. Setelah itu kami pulang ke hotel. Kalau naik monorail penuh banget. Untungnya kami masih punya tiket cable car. Jadi kami pulang naik cable car ke Harbour Front.

Untuk menuju ke lokasi cable car kami harus ke Merlion Plaza dulu. Ikuti saja jalannya sampai ketemu loket cable car. Selama di cable car, kami menikmati pemandangan Singapura di malam hari. Karena pada waktu itu tidak punya tripod, kami tidak bisa mengabadikan gambar di malam hari dengan baik.

Lalu kami pun kembali ke hotel. Duh, yang namanya Geylang di malam hari itu rame banget. Kotanya hidup banget. Meski termasuk kawasan red district, tapi aman kok. Wanita yang bekerja di jalan termasuk pekerja legal dan mereka punya kartu identitas sendiri. Jangan salah, mereka juga kena pajak lho.

Selanjutnya kami ke Universal Studio

3 comments

1. Aku padahal seuprit doank dari Medan ke Singapur, tapi baru sekali ke sana, Mbak.. Huhuhu.. :(

Asiknya bisa traveling berdua sama suamiii :D

ReplyDelete
    Replies
    1. Habis wisuda bisa tuh bwt refreshing :)

Delete
  2. Salam Sejahtera! Jika ingin dapatkan tiket masuk WINGS OF TIME pada harga murah, sila hubungi saya. Boleh beli & BOOK awal. Harga promosi: SGD 15/MYR 48 sahaja (Adult or Child). Boleh pilih masa tayangan mula 7:40pm atau 8:40pm, show selama kurang dari 1 jam. Tiket-tiket promosi lain juga boleh dapatkan dengan kami seperti GardenByTheBay, Cable Car, USS, Singapore Zoo, Skyline Luge, Legoland dan banyak lagi...Lawati LOVE TRAVEL facebook page juga di >>> www.facebook.com/lovetravel86 // Terima kasih. Jessica (whatsapp: +6012-7760219) Email: jessica.travel8686@gmail.com