Wednesday, January 21, 2015

Jangan Lupa Sarapan

Mungkin banyak sekali orang yang melewatkan sarapan. Waktu yang terbatas biasanya menjadi faktor utama. Takut macet, takut telat, atau banyaknya pekerjaan yang harus dikerjakan terkadang membuat banyak orang mengesampingkan sarapan. Padahal sarapan itu waktu yang paling penting, lho. Sebaiknya jangan lupa sarapan, luangkan waktu sebentar untuk sarapan pagi karena banyak manfaatnya. 

Saat tidur, tubuh tetap membakar kalori meski jumlahnya kecil sekitar 65 kkal/jam. Sarapan adalah makanan yang pertama kali kita makan setelah tidur. Sarapan membuat otak dan tubuh yang tadinya tidak mendapat asupan nutrisi kembali terisi sehingga otak tahu kalau kita siap melakukan aktivitas seharian. Pun sebaliknya, jika melewatkan sarapan maka otak tidak tahu kalau sebenarnya kita sudah siap beraktivitas sehingga proses metabolisme tubuh kurang berjalan sempurna.

Saya dan suami setiap hari pasti sarapan. Jika melewatkan sarapan, perut saya melilit banget. Kalau suami malah pusing jika telat sarapan. Sewaktu awal-awal menjadi istri, kalau weekend saya inginnya santai, masak agak siang. Eh, tak tahunya suami marah dengan sikap saya ini karena kepalanya pusing jika pagi tidak diisi hihihi. Makanya selalu ada lauk untuk keadaan darurat di rumah, biasanya saya sedia telur di kulkas. 

Anggapan yang menyatakan bahwa sarapan dapat membuat gemuk adalah salah. Logikanya jika kita tidak sarapan, tubuh akan lapar apalagi menjelang jam-jam rawan makan siang. Kalau rasa lapar sudah tak bisa ditahan, kita makan siang lebih awal dari biasanya dan menghabiskan porsi makan yang lebih banyak. Kalau sudah kenyang, kadang malah ngantuk banget dan hal ini mempengaruhi mood dan kinerja setelahnya. 

Beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari sarapan antara lain :

#Menjaga BB ideal dan mencegah obesitas

Sarapan dapat mengurasi rasa lapar sampai jam makan siang. Dengan demikian, saat siang kita dapat makan secukupnya tanpa menghabiskan porsi yang lebih banyak. Asupan kalori yang berlebihan saat makan cenderung menjadikan obesitas/kegemukan.

#Mengurangi resiko diabetes

Jika kita makan dalam jumlah besar dalam satu waktu hal ini akan memperberat kerja pankreas karena harus  bekerja ekstra mengeluarkan insulin untuk mengatur kadar gula dalam darah. Apabila hal ini terus menerus terjadi, pankreas tidak akan mengeluarkan insulin secara maksimal sehingga kadar gula darah meningkat dan menyebabkan diabetes.

#Mencegah hipertensi dan menjaga kolesterol

Berdasarkan jurnal dari Asosiasi Jantung di Amerika dan penelitian seorang profesor ahli gizi, dengan mengonsumsi makanan dari gandum seperti oatmeal, sereal, dan roti akan menurunkan resiko hipertensi, menjaga kadar kolesterol, menurunkan terjadinya obesitas dan diabetes. 

#Mencegah terjadinya polip dan kanker usus besar

Makanan yang kaya serat seperti sereal, buah-buahan, dan roti gandum memudahkan kerja organ dan sistem di dalam tubuh untuk mencernanya. Logikanya, pagi hari organ-organ tersebut belum bisa beraktivitas secara normal jadi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sebaiknya yang tidak memperberat organ tersebut. Hal ini dapat mengurangi terjadinya polip dan kanker usus besar. 

Mengingat terbatasnya waktu di pagi hari, sebaiknya menyiapkan sarapan yang simpel tapi sehat yang bahannya mudah didapat di pasaran, seperti :

#Gandum : roti dari gandum utuh, sereal gandum, dan biskuit dari gandum.
#Produk susu rendah lemak : susu skim, yogurt, dan keju rendah lemak
#Buah-buahan dan sayuran : bisa dimakan langsung atau dibuat jus. Jika untuk jus, jangan tambahkan gula.
#Sup : makanan pembangkit selera makan yang lezat disantap selagi hangat, seperti sup kacang merah, sup jagung.

Bahan makanan di atas dapat dikombinasikan dengan beberapa bahan lain menjadi makanan yang menarik seperti sandwich, roti gandum selai kacang, roti bakar, milkshake, atau smoothie. Umumnya makanan tersebut adalah makanan yang tidak membutuhkan waktu lama. Jika agak repot, bahan-bahan tersebut dapat disiapkan malam sebelumnya, jadi pagi hari tidak terlalu ribet.

Yang perlu diperhatikan, porsi sarapan masing-masing orang berbeda dan disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. Semakin berat aktivitasnya, maka porsi sarapan lebih banyak. Sedangkan orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, sebaiknya sarapan dengan porsi kecil agar jumlah kalori tidak berlebihan sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. 

Nah, bagi teman-teman yang tidak suka sarapan atau sering melewatkan sarapan, mulai sekarang usahakan sarapan, ya. 


Sumber :

Pahami Seberapa Pentingnya Sarapan Pagi di http://www.tanyadok.com/kesehatan/pahami-pentingnya-sarapan-pagi pada tanggal 21 januari 2015





50 comments:

  1. maksih mbak di ingatkan, kadang lupa sarapan, hehehehe
    ternyata manfaatnya banyak ya...
    kangen jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Mas.
      Maaf ya blm bisa mampir ke blognya.

      Delete
    2. weww bisa sampai lupa sarapan itu bagaimana wkwkwkwk , galau mulu sih jadi lupa sarapan si mas agung

      Delete
  2. buatku sarapan itu penting banget. Meski gak harus makan berat, seringnya sih buah mba Pit

    ReplyDelete
  3. Saya juga gak bisa kalo gak sarapan. Tapi ada juga orang gak biasa sarapan kayak ibu mertua saya ... waah dan beliau kuat banget bekerja, melakukan pekerjaan rumah. Sampe2 ngejar2 cucu - anak dari saudari ipar saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa mertuanya kuat ya, Mak.
      Sehat selalu ya.

      Delete
  4. Setuju mak. Kalau melakukan aktifitas tanpa didahului dg sarapan, rasanya hilang konsentrasi. Sy gt mak. Tfs y mak pi2t

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, mba :)
      Makasih ya udah mampir.

      Delete
  5. Saya selalu mengupayakan untuk sarapan Mba. Makasih ya artikelnya

    ReplyDelete
  6. kapan" saya dikrimin sarapan ya mbak pipit vie email boleh hehe pizz... smga sehat sellau ya mbak di sana....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sarapan virtual dong :)
      Semoga Mas Angki dan kelg jg sehat ya di sana.

      Delete
  7. kadang ga sarapan karena masih kerasa kenyang, tapi baru jam sepuluh, eh, laper :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan, diusahakan sarapan meski sedikit.

      Delete
  8. Bermanfaat artikelnya, tapi gue selalu sarapan yang ringan-ringan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mas.
      Ga papa asal sarapan, klo bisa ringan tp kaya serat ya :)

      Delete
  9. hahahahah jadi inget punya bos galak, tiap pagi pasti dikasih sarapan nasi goreng adat.... (goreng bahasa sunda adalah jelek)

    ReplyDelete
  10. Allhamdulillah selalu sarapan apalagi anak-anak itu wajib

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah sejak menikah selalu rutin ada sarapan, jaman bujang dulu rajin puasa hehe

    ReplyDelete
  12. Kalo saya suka lemes kalo ga sarapan.walau sedikit harus sarapan..

    ReplyDelete
  13. kalau saya jarang sarapan mbak.
    palingan kopi kalau ga ya minum susu.

    ReplyDelete
  14. Sarapan itu penting, tapi aku kadang baru makan sekalian lunch, soalnya bangunnya siang, hehehe. Ups :p

    ReplyDelete
  15. Saya termasuk yang jarang sarapan, mbak. karena sejak kecil tidak terbiasa. justeru bikin mules kalau pagi-pagi makan. hihi. kata dosen saya juga bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus kita terahadap materi yang masuk. semenjak itu sebelum berangkat kuliah beli makan di dekat kos, sarapan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah alhamdulillah kalo udah bisa sarapan :)

      Delete
  16. pasti aku sarapan, soalnya kalo nggak sarapan kepalaku pusing, nggak bisa konsentrasi mbak..penting bget dah pokoknya sarapan ini :)

    ReplyDelete
  17. Udah jadi kebiasaan, kalo pagi itu hal pertama saya lakukan *bahkan sebelum mandi* adalah sarapan...
    :D

    ReplyDelete
  18. buat saya,sarapan itu wajib alias harus hehe. pokoknya stok buah buat sarapan harus ada,jarang makan berat,paling sekali2 beli lontong pecel hehe.

    ReplyDelete
  19. betul banget tips nya , saya salah satu orang yang paling ga bisa ninggalin sarapan karna ada penyakit maag juga sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy juga ga bisa ninggalin sarapan :)

      Delete
  20. waduh sarapanku kadang suka telat, bahaya nih :(

    ReplyDelete
  21. Sarapan memang kegiatan penting yang tidak boleh ditiadakan :)

    ReplyDelete
  22. So pasti, Mbak.. Aku jugak selalu sarapan nih :D

    ReplyDelete
  23. kalau istri tercinta yang masak, sarapan jadi nikmaaaat dan wajib hukumnya^^

    ReplyDelete
  24. Iya mbak, masakan istri saya enak banget.
    Jadi sayang kalau tidak di hajar di pagi-pagi buta. :)


    Halo Muda Teknologi Dunia

    ReplyDelete
  25. sarapan itu penting gan untuk memulai aktifitas sehari hari


    restoran romantis jakarta kartu GSM internet tercepat

    ReplyDelete
  26. Permisi min... Bantu kami mewujudkan indonesia yang lebih hijau ya..
    Kalo bisa say no to styrofoam yang jelas berbahaya untuk kesehatan serta tidak ramah lingkungan. Kami membuat kemasan makanan yang sangat aman sekali digunakan untuk makanan serta ramah lingkungan. Namanya Greenpack , semoga kami bisa membantu indonesia atau dunia untuk lebih go green.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Blog Archive

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com