Friday, January 02, 2015

Kuil Budha yang Eksotik di Genting

Kuil Gua Chin Swee dibangun oleh Lim Goh Tong, pengusaha kaya raya yang juga pendiri Genting. Kuil yang dibangun di tebing curam berbatu ini, ditujukan sebagai penghormatan terhadap Chin Swee, seorang dewa Budha. Kuil yang terletak hanya beberapa kilometer dari puncak Genting Highland awalnya sebuah gua kemudian dikembangkan menjadi kompleks keagamaan yang sangat besar dan luas. Bangunannya sangat kental dengan kebudayaan China dengan ornamen warna-warninya yang cantik.



Bangunan yang khas di Kuil Chin Swee ada pagoda dengan sembilan tingkat yang bagian puncaknya datar, dikenal dengan 'Sepuluh Ruang Neraka'. Selain itu ada pula patung Budha setinggi 15 meter, patung Kera Sakti beserta teman-temannya yang pernah booming di televisi.


Uniknya, kuil tersebut menampilkan patung-patung yang menceritakan kehidupan manusia di dunia dan akibatnya di akhirat. Sisi kehidupan yang baik dan buruk, lengkap dengan dewa-dewanya lengkap tersaji di sana. Kuil ini seolah-olah mengingatkan pengunjung bahwa masih ada kehidupan akhirat yang setimpal dengan perbuatan kita selama di dunia.

Penyiksaan di Neraka

Di kuil tersebut, lukisan alam Genting dengan lekuk bukitnya yang hijau bisa dinikmati dengan jelas. Melihat lukisan alam sambil menghirup udara segar di atas kuil yang eksotik, dapat melunasi kekecewaan saya dan suami terhadap Genting Highlands. 

Untuk sampai ke Chin Swee, kami naik bus khusus yang parkir di depan First World Hotel. Tak perlu bayar kalau naik bus ini. Jadwal keberangkatan bus terpampang di situ. Pun begitu dengan baliknya. Bus dari hotel akan mengangkut kembali penumpang yang mau turun.










5 comments:

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Blog Archive

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com