Tuesday, February 03, 2015

Camilan Gampang : Awuk-awuk Sagu Mutiara

Kalau musim hujan, penginnya makaaan terus, ya. Bawaannya cepat lapar. Kalau begini, diet gagal, huhuhu. Biasanya saya suka bikin camilan saat musim hujan. Bukan yang baking, soalnya saya belum mahir bikin kue. Kalau kue andalan biasanya beli tepung premix brownies kukus, hihihi. Dulu pas SD, ibu saya pernah bikin nastar, ternyata lama ya, kudu sabar, euy. Waktu itu saya yang kebagian mencuci semua peralatan. Mencuci sih nggak masalah, tapi kalau peralatan penuh dengan mentega, aduuuuh kudu ekstra tenaga dan ekstra waktunya. Makanya sejak itu ibu saya nggak mau bikin kue lagi, katanya repot banget karena beliau bekerja. Ya sudah, karena jarang itulah maka sampai saat ini saya belum mahir bikin kue sendiri. 

Tiap pengin camilan, saya suka membuat yang simpel dan nggak ribet. Dan, bahannya mudah dicari. Kebetulan di rumah ada sagu mutiara yang sudah mojok lama. Waktu itu beli di abang sayur. Akhirnya tadi pagi saya buat awuk-awuk. Gampang banget bikinnya, nggak perlu lidi juga. Kebetulan di rumah ada tanaman pandan dan pohon pisang jadi tinggal diambil saja buat pelengkapnya.

Awuk-awuk Sagu Mutiara


Resep :

Sagu mutiara (tadi cuma seplastik kecil yang biasa dijual abang sayur)
Kelapa muda 1/2 butir diparut memanjang
Gula pasir 6 sdm
Garam secukupnya
Daun pandan dipotong kecil
Daun pisang

Cara membuat : 

1. Rendam sagu mutiara dengan air dingin selama kurang lebih 1 jam.
2. Buang air rendaman.
3. Campur sagu mutiara, kelapa parut, gula, garam, dan pandan.
4. Koreksi rasanya.
5. Ambil sesendok dan bungkus dengan daun pisang. Saya membungkusnya cuma melipat sisa daun ke belakang dan tidak usah disemat pakai lidi.
6. Kukus kurang lebih 30 menit sampai matang.
7. Sajikan.

Gimana, gampang banget kan? 












41 comments:

  1. Koreksi rasanya...aku malah fokus ke kata kata itu he he...istilahnya keren mak

    ReplyDelete
  2. ibuku dulu suka bikinin ini, waktu aku kecil dan aku pernah bikin juga,haduuuh rasanya kemana-mana

    ReplyDelete
  3. Keliatannya enak, Mbak. Warnanya cerah, bikin pengen makan :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak Beb, gampang pula.
      Eh, oleh2 dari Yogya mana nih :p

      Delete
  4. wah saya br tau camilan yg ini, bikinnya pakai kelapa parut...
    kalau saya biasanya bikin sagu mutiara pakai tepung hunkwe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, saya malah belum pernah masak pakai hunkwe, Mba.

      Delete
  5. uwaa di jawa sering makan ini mbak,enak..kapan2 nyoba ah^^
    makasih resepnya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba sama-sama, dicoba aja, gampil banget kok.

      Delete
  6. Replies
    1. Mau nyoba resepnya Mas?
      Gampang banget kok :)

      Delete
  7. Nyobak ah mak...yg gampil2 ginih, eikeh bgd dah. Tfs ya mak pit :)

    ReplyDelete
  8. nyobain akh pas weekend ini. kayanya enak buat cemil cemil ganteng

    ReplyDelete
  9. ini enak, pokoknya yang ini enak. Padahal saya tidak tahu namanya lho sebelumnya

    ReplyDelete
  10. Kalau dikampung saya makanan ini mirip yang namanya lemet mbak namanya, atau ada juga tu yang bilang lepat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lemet setau saya dari singkong parut :)

      Delete
  11. itu yang item apa yah, mbak?, oohh, dari daun pisangnya yah, mbak. belum pernah makan, mau dong mbak :D

    ReplyDelete
  12. aneh....apapun jenis makanan selama itu termasuk pada jenis makanan pasar seperti awug sagu mutiara ini misalnya,pasti saya sukai dan jika ada pasti saya yang menghabiskannya...aneh ngga, coba?

    ReplyDelete
  13. Kok bentuknya mirip sama nogosari ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiyaaa, saya ga bisa bungkus membungkus soalnya.
      Nyari yg gampang aja :)

      Delete
  14. sini saya cicipi mbak.... *nyaammm*

    ReplyDelete
  15. Aku belum pernah makan awuk, dan enggak ingin nyoba makan juga, takut nyesel. Nyesel ketagihan :D

    ReplyDelete
  16. hmmm kira2 aku bisa nggak ya buat ini,,, :)

    ReplyDelete
  17. Mamah saya yang suka makan awuk, nih :)

    ReplyDelete
  18. Lihat sagu mutiara, aku jadi inget kampus mbak. Sekian semester dicekoki materi sagu, termasuk pengolahan pati jadi sagu mutiara itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, asyik ya, tahu pengolahan pati jadi sagu mutiara.
      Bisa jadi bahan postingan itu, Mba :)

      Delete
  19. Favoritku nih..kl dijawa namanya kuping2 sagu

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com