Thursday, August 06, 2015

Panduan Komplit Wisata ke Jepang

Jepang masih menjadi daya tarik bagi orang Indonesia untuk berwisata. Memang, negeri ini unik karena punya sisi modern dan kuno yang bikin takjub. Mereka masih merawat dengan baik peninggalan-peninggalan zaman dulu. Apalagi yang modern, bakal bikin kita bengong di sana. Takjub dan takjub isinya. Nah, kalau teman-teman mau wisata ke sana, biasanya mencari panduan yang komplit kan? Kalau bisa panduan tersebut sekali klik, bisa mendapat berbagai info soal wisata ke Jepang. Betul? 

Tokyo Sky Tree

Kebetulan sewaktu tinggal di Jepang, saya kenal dengan teman yang punya web Halal in Japan Iya, teman saya muslim. Meski dia muslim dan webnya ada 'halal'-nya tapi informasi di web tersebut beragam, kok. Cocok banget buat yang suka travelling. Karena apa? Isinya komplit. Nggak melulu soal halal tapi banyak juga info travellingnya. Kalau info soal halal pastinya juga komplit. Apalagi info tersebut sangat dibutuhkan bagi muslim yang kadang susah mencari tempat untuk sholat atau cari makanan halal. Iya kan?

#Tentang Halal in Japan (HIJ)

Teman saya bukan orang Jepang tapi dia sudah tinggal di sana selama 27 tahun. Sewaktu dia tahu pemerintah Jepang membuat kemudahan dalam pengurusan visa untuk Indonesia dan Malaysia maka jumlah turis muslim pun meningkat. Sayangnya, mereka banyak yang kesulitan menemukan hal-hal yang halal atau yang diperbolehkan oleh muslim selama berada di Jepang. Setelah dia searching, beberapa web yang berisi informasi soal halal di Jepang kurang komplit dan susah digunakan. Makanya dia membuat web yang komplit dan mudah diakses. Niatnya hanya ingin membantu turis yang berwisata ke Jepang, terutama turis muslim. Web ini murni dibuat secara pribadi tanpa kepentingan dari pemerintah atau pihak mana pun. 

Web tersebut dibuat tahun 2014. Meski baru setahun tapi jumlah orang yang ngelike di fanpagenya banyak banget. Sampai tulisan ini dibuat sudah mencapai 40ribu lebih. Nggak gampang lho untuk mendapatkan like sebanyak itu dalam setahun. Dengan banyaknya yang suka berarti memang web tersebut sangat bermanfaat. 

#Apa Saja Isinya?

Kalau teman-teman membuka web HIJ, di bagian atas web tersebut terdapat beberapa page yang sudah dikelompokkan berdasarkan kebutuhan. Menariknya, page di bagian atas sudah dikelompokkan berdasarkan kota yang sering menjadi tujuan wisatawan, yakni ada Yokohama, Tokyo, Osaka, dan Kyoto. Ada juga informasi soal Jepang di 'Basic Info'. Pastinya juga ada page khusus 'Halal'. Informasi yang ada di sini buanyaaaak banget!! Mulai dari soal Jepang, tempat-tempat wisata yang ciamik, tempat wifi, tourist information, resto halal, toko halal, makanan halal untuk oleh-oleh, dan masih banyaaaak lagi!

Kota-kota Wisata Dibuat Page Khusus

Kalau teman-teman baru pertama kali ke Jepang, baca dulu page 'Basic Info.' Di sana banyak banget informasi soal Jepang, mulai dari iklimnya, apa yang harus dilakukan atau yang nggak di sana, bahkan soal toilet yang canggih di sana juga diceritain. Hah? Nggak percaya? Buka sendiri, deh. Yah, secara dia sudah lama di Jepang jadi ya hapal di luar kepala, dong.

Bagi teman-teman muslim malah lebih enak lagi, nggak usah bingung. Ada page khusus 'Halal.' Yup, page ini dibuat khusus untuk memudahkan teman-teman mencari tempat halal berdasarkan wilayah yang terhubung langsung dengan web toko tersebut. Enak kan? 

Informasi yang ditulis ringkas dan sangat berguna bagi wisatawan. Apalagi tulisan tersebut juga terhubung langsung dengan web yang dibutuhkan. Misalkan, kalau ngeklik 'Kyoto' beberapa tempat wisata di Kyoto muncul berikut informasi dan web lokasi tersebut. Jadi, infonya dijamin up to date. Tahu sendiri kan, Jepang sangat detail dalam hal apa pun apalagi soal web wisatanya. 

Fotonya Bikin Mupeng 

Asyiknya lagi, di tempat wisata tersebut juga diberi link tempat halal yang ada di situ. Kalau teman-teman ngeklik Kyoto jadi tahu tempat wisatanya di mana saja plus tempat-tempat halalnya. Enak banget, ya. Terus nih di informasi tersebut ada foto-foto yang bagus dan asli bikin mupeng ke sana, hihihihi. Memang, saya akui dia orangnya detail dan rapi termasuk dalam memberikan info di webnya. Hhhhmm, kayaknya sudah Jepang banget deh orangnya, apa-apa harus detail. 

#Ngiklan dan Komentar

Sampai saat ini saya masih berkomunikasi sama dia melalui email. Katanya banyak banget toko, restoran, brand, dll yang mau ngiklan di webnya. Tapi sampai saat ini masih belum diterima. Dia ada rencana akan menerima iklan. Tapi nggak semua brand akan diterima. Dia akan selektif memilih iklan yang produknya benar-benar dapat membantu turis.

Perusahaan atau travel agency Indonesia mau ngiklan di sana? Coba aja nulis di kolom kontak/komentar yang disediakan. Siapa tahu dia mau diajak kerja sama lho. Kalau sudah deal, jangan lupa ajak saya ke Jepang ya, hihihihi. 

Teman-teman bisa bertanya atau memberikan masukan untuk web tersebut lho. Silakan kirim ke box yang sudah disediakan. Dia orangnya welcome, kok. Yah, kalau agak lama dibalas berarti dia lagi sibuk. Sabar, kakaaaak.^-^.

#Kekurangan 

Web tersebut memang sangat informatif. Jujur, selama tinggal di Yokohama saya dan suami sering mencari info tempat wisata, info soal masjid ya di web ini. Apalagi info soal oleh-oleh yang halal. Meski nggak semua dari web ini sih, tapi web HIJ ini sangat membantu.

Meski sangat informatif tapi menurut saya masih ada yang kurang. Kalau misalnya web tersebut ada page 'event' apa yang sedang ada di Jepang, tambah enak lagi ya. Jadi kalau mau buat itinerary tinggal nyontek event apa saja yang sedang berlangsung. Hihihihi, maunya enaknya aja, ya. Hhhhmm, ya iyalah. 

So, bagi teman-teman yang mau ke Jepang, silakan kunjungi web HIJ. Dapatkan info yang komplit dan pastinya sangat membantu acara jalan-jalan kalian.^.^.


*Semua foto diambil dari web HIJ.









18 comments:

  1. Waah membantu itu buat yg pingin ke jepang. Like ah...sapa tahu bs ke sana. Amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS dan dapetin MacBook Pro? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders

      Jangan sampai ketinggalan, ya!

      Delete
  2. saya kapan ya bisa ke jepang -_-

    ReplyDelete
  3. Wah asyik, jadi kalau jalan-jalan gak bingung lagi deh :)

    ReplyDelete
  4. Waduh informatif sekali ya. Ngebantu banget blognya. Sepupu & keponakan sedang tinggal disana bersama keluarga, satunya sbg diplomat, satunya ambil S3.

    ReplyDelete
  5. Web tersebut sangat informatif y mb utamanya buat wni yg domisili di jepang

    ReplyDelete
  6. tadi aku udah berkunjung, memang sih keliatan nya menyajikan segala informasi mengenai jepang, tapi aku kurang paham soalnya pake bahasa inggris hehe

    ReplyDelete
  7. asyik ya bisa mengecek kehalalan jadi aman dhe kalau ke Jepang

    ReplyDelete
  8. kalo ada info event lebih enak lagi ya mbk,jadi bisa ancer2 kl ke jepang pas ada acara yang diminati..eh,mbk pit punya oleh2 halal jepang nggak???ayo dong ditulis,penasaran aku,kira2 oleh2 apa ya yang halal di jepang...penasaran xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk penganan atau oleh-oleh halal dari Jepang bisa coba dilihat di account Serijaya atau Halal in Japan di FB pak.

      Delete
  9. Pipiiiit...
    Harus banget di bookmark postingannya ini kali2 aja suatu saat aku ke Jepaaaang...
    Entahlah kapan, pokoknya mah ngelamun aja dulu hehehe...

    ReplyDelete
  10. Makasih postingannya Mbak. Nanti kalo ke sana (amiiiin) bisa dijadiin referensi inih.. :D

    ReplyDelete
  11. Pipit, makasih informasinya ya, biarpun saya udah 'terlanjur' kesana, tapi saya masih ada keinginan buat kesana lagi kok...hehe :D
    Oya, biarpun sudah agak terlambat, saya mau ngucain Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
    Jepang memang bikin saya kagum, Pit...dari banyak aspek tentu saja. Apalagi buat yang udah 27 tahun tinggal disana, duh, pasti udah menyatu banget tuh dengan perilaku dan bebiasaan mereka...

    ReplyDelete
  12. Wah makasih banyak infonya mba
    Web nya informatif juga dan membantu sekali
    Smoga bisa ke jepang lagi

    ReplyDelete
  13. Susah emang nyari makanan Jepang halal di Jepang ya... kayaknya yang aku makan 80% nggak halal, hahaha... air putih, minuman, sama natto doang paling =)) Kalau makanan khas negara lain yang halal malah gampang, tapi mihil =))

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com