Wednesday, April 30, 2014

Anak dan Gadget


“Didiklah anakmu sesuai dengan jamannya, karena mereka hidup bukan di jamanmu” itulah quote terkenal dari Ali Bin Abi Thalib RA, salah satu sahabat Rasulullah SAW. Mendidik anak merupakan amanah dari Tuhan yang harus dijalankan dengan baik. Apalagi mendidik mereka di era digital ini tentu banyak sekali tantangannya. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini teknologi berkembang sedemikian pesatnya. Setiap orang tak pernah lepas dari gadget, piranti yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. Berbagai kemudahan ditawarkan dalam gadget. Selain itu, fasilitas di dalam gadget dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Maka tak heran gadget banyak ditemui di manapun, baik pada orang tua maupun anak-anak. Mereka semua menjadi pengguna aktif terutama anak-anak. Untuk itulah saat ini banyak gadget yang membidik pasar tersebut.

Gambar dari sini
Anak-anak lebih suka bermain dengan gadget karena dalam piranti tersebut menyediakan banyak sekali permainan. Beragam permainan tersebut dikemas secara apik untuk menarik minat mereka. Aneka gambar dengan komposisi warna disertai musik yang apik tentu tak kan luput dari minat mereka. Karena memang pada masa tumbuh kembang anak-anak, sebaiknya tak hanya diisi dengan pembelajaran saja tetapi juga bermain agar mereka senang dan tidak bosan.

Melalui beragam permainan tersebut sebenarnya secara tak langsung anak belajar dengan sendirinya. Pada dasarnya beragam permainan yang dilakukan membutuhkan keterampilan, kecekatan, fokus, dan keuletan anak untuk memenangkan permainan. Dalam hal ini gadget dapat menstimulasi indera dan imajinasi anak-anak yang berpengaruh positif pada perkembangan kognitifnya. Selain itu, anak-anak juga bisa mengenal warna, belajar mengenali suara, serta meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara.

Di samping berdampak positif, gadget juga dapat memberikan dampak negatif bila digunakan secara berlebihan karena akan mempengaruhi kesehatan dan kehidupan sosial anak itu sendiri. Semakin sering anak memakai gadget maka semakin sedikit waktu untuk bergerak dan bermain dengan teman-temannya. Jika anak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk memakai gadget, dikhawatirkan pula konsentrasi akan pelajaran di sekolahnya menurun.

Saat ini merupakan suatu hal yang mustahil jika ingin menghilangkan penggunaan gadget pada anak. Memang semua ada untung ruginya termasuk dalam memperkenalkan teknologi pada anak. Jangan sampai niat untuk mengenalkan teknologi justru membuat anak terjerumus dalam bahaya yang ditimbulkan. Memberi batasan waktu serta melakukan pengawasan dan pendampingan ketika si kecil menggunakan gadget juga diperlukan. Untuk itu bijaklah dalam memakai gadget.


-Gerimis saat akhir April, sambil ngantuk dan mau menyetrika-










2 comments:

  1. Setuju mak, teknologi jangan dilawan tapi wajib dikawal supaya dampak negatifnya tidak ikut disimak anak2 :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com