Wednesday, November 26, 2014

Pertimbangan Mencari Rumah

Ceritanya itu saya dan suami ingin merasakan tinggal di komplek secara saat ini kami tinggal di kampung. Memang sih, sewaktu mencari rumah dulu, saya ingin rumah yang lapang dengan taman depan dan belakang. Alhamdulillah sudah dipenuhi sama suami saya. Eeee yang namanya manusia kan kadang pengen mencoba hal-hal yang baru kan ya. 

Awalnya kami niat nggak niat ya secara keuangan berat karena menurut aturan BI, DP rumah kedua itu tak sama dengan rumah pertama. Lebih mahal rumah kedua. Lebih lengkapnya silakan baca di sini. Saat itu kami berat di DP-nya. Tapi itu nggak menghalangi niat kami menjelajah komplek. Akhirnya petualangan mencari komplek di seputaran Depok kami jalani tepatnya waktu bulan puasa kemarin. 

Awalnya kami wa teman kami yang tinggal di Sawangan, kami mencari tahu dan penasaran karena banyak banget komplek baru di daerah Sawangan. Secara grup Ciputra juga membangun komplek elit di sana. Banyak sih komplek di daerah sana yang menawarkan 'hanya sekian menit dari tol DeSari'. Itu tuh tol baru yang rencananya dibangun menghubungkan Depok-Antasari. Siapa yang nggak tertarik coba??

Selain itu, kami juga sering loh membaca spanduk-spanduk yang ada di jalan. Lalu kami googling, kalau penasaran suami teleponin tuh nomer yang tertera. Hahahaha fun sih..

Setelah kami tinggal di sini kurang lebih 3 tahunan banyak hal yang kami lalui. Banyak banget ya suka dan duka tinggal di sini. Yang penting, hal ini memberikan pengalaman dan pembelajaran yang sangat baik bagi kami. Nah, berdasarkan pengalaman pribadi, ada hal-hal yang dipertimbangkan dalam mencari rumah. Di antaranya (ini menurut kami loh ya) :

1. Lokasi
Ini penting banget! Soalnya kan yang namanya rumah pasti pengennya yang strategis ya, nggak jauh dari mana-mana. Syukur-syukur rumah tersebut dekat dengan berbagai fasilitas yang memudahkan aktivitas kita sehingga jadi lebih efisien.

2. Track Record Pengembang
Sebelum membeli rumah di lokasi yang kita pengenin, cek dulu gimana pengembangnya. Apakah bermasalah atau nggak. Apakah kualitas bangunan bagus atau enggak. Jangan sampai teman-teman sudah kadung membeli terus susah dapetin SHM-nya. Banyak loh yang ngalamin ini. Kalau masalah kualitas bangunan, teman-teman bisa keliling komplek tersebut dan lihat gimana bangunannya yang belum jadi. Apakah rapi atau acak kadut, apakah sudah sesuai SOP apa belum.

3. Harga
Ada harga ada rupa. Semakin bagus dan lengkap fasilitasnya, harganya pasti semakin mahal. Sebaiknya kita hitung berapa kemampuan kita dalam membayar DP dan mencicil rumahnya. Oia jangan ragu untuk bernego agar kita dipermudah dalam KPR-nya. Apalagi kalau ambil di hook, jangan ragu untuk menawar harga tanah hook-nya. Kalau beruntung, bisa loh diturunin harganya *pengalaman pibadi hehehe*.

4. Fasos dan Fasum
Bagi kami, fasos dan fasum itu penting. Kenapa? karena biar kita nggak monoton selama tinggal di komplek dan bisa bersosialisasi dengan tetangga. Lebih enak kalau rumah tersebut dekat dengan tempat ibadah karena hal ini bisa mengajarkan anak untuk rajin beribadah. Nah, jika harga rumah tersebut tinggi tapi minim fasos dan fasum atau malah nggak ada sama sekali, kurang kurang gurih-gurih nyoi kan? *halah*

5. Perbanyak Survey
Jangan terpaku pada satu lokasi atau pengembang saja. Memperbanyak survey akan menambah pengalaman kita dalam mengetahui berbagai lokasi dan harga rumah.

6. Simpan Brosur Rumah
Ketika kita survey rumah, mampirlah ke bagian marketingnya. Tanyalah sebanyak-banyaknya. Negolah sesuai kemampuan kita. Mintalah brosur di komplek tersebut. Jangan buang brosur-brosur tersebut. Jika sudah sampai di rumah, pelajari lagi brosur-brosur tersebut. Pertimbangkan ples minesnya.

Nah, itu berbagai pertimbangan yang kami lakukan selama mencari rumah. Komplek mana saja yang telah kami jelajahi? Silakan di lanjut di sini ya, siapa tahu bisa menambah informasi bagi teman-teman. 


1 comment:

  1. Alhamdulillah udah dapat ya mak, doakan kami nyusul yaaa...maaf lahir batin

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com