Tuesday, December 30, 2014

Jalan-jalan Hemat ke TMII

Taman Mini Indonesia Indah merupakan miniatur dari Indonesia. TMII merupakan tempat wisata yang sangat komplit karena ada berbagai wahana permainan dan edukasi di sana. TMII terdiri dari rumah adat yang ada di Indonesia dan wahana yang seru terutama untuk anak-anak. Di TMII pula kita bisa mengenalkan budaya yang ada di Indonesia kepada anak-anak.

Di dalam TMII ada beberapa wahana yang gratis, murah dan mahal. Untuk rumah-rumah adat yang ada di sana semua gratis. Sedangkan beberapa wahana seperti istana anak, museum transportasi, museum filateli, snow bay, dll harus bayar. Harga tiketnya bervariasi dari dua ribu sampai ratusan ribu. Jika kita pergi secara rombongan dan tidak diatur mau masuk ke wahana mana saja, bisa-bisa tekor. Belum lagi kalau membeli makanan dan minuman yang harganya lebih mahal dibandingkan harga di luar TMII.

Salah Satu Rumah Adat di TMII

Nah, berdasarkan pengalaman saya, sebaiknya kalau mau ke TMII direncanakan dulu mau masuk ke wahana apa saja. Sebagai perkiraan, harga tiket masuk mobil Rp.10.000,-. Setiap orang di atas 3 tahun dikenakan biaya masuk Rp.10.000,-. Nah, kalikan saja berapa orangnya dan tiket masuk mobilnya, sudah banyak kan?

Sewaktu ke sana awal Desember lalu, rombongan terdiri dari 5 orang dewasa dan 1 anak usia 3th, kami membawa mobil. Berarti tiket masuknya saja sudah Rp.60.000,- ( 5 orang + tiket mobil). Kalau musim liburan, biasanya harga tiket masuk ke TMII akan naik dari harga semula. Harga tiket di beberapa wahana saat hari kerja dan weekend atau liburan juga berbeda. Biasanya tiket di hari libur atau weekend lebih mahal.

Nah, biar tidak tekor-tekor amat, berikut tips untuk jalan-jalan hemat di TMII :

1. Tentukan dulu teman-teman mau ke wahana apa saja.

Cek di internet berapa tiket masuk ke TMII, hitung jumlah orangnya dan kendaraan yang dibawa. Jangan lupa hitung perkiraan tiket masuk ke berbagai wahana yang akan dikunjungi. Hitung kembali besaran biaya yang akan dikeluarkan. Informasi tiket masuk ke TMII bisa klik di sini.

2. Sebaiknya membawa kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil.

TMII itu luas banget, makanya dengan membawa kendaraan sendiri teman-teman bisa berkeliling di semua wahana dengan puas dan bisa berhenti kapan saja dan dimana saja sesuka kita. Kalau naik transportasi yang ada di TMII pasti bayar dan terkadang antri, apalagi kalau sedang musim liburan.

3.  Membawa bekal dari rumah.

Yup, cara ini terbukti ampuh mengurangi biaya pengeluaran. Dengan membawa bekal sendiri teman-teman bisa menyantap bekal tersebut di mobil atau di parkiran atau di pinggir danau sambil menggelar tikar. Asyik kan? Coba bayangkan kalau berombongan jajan, berapa uang yang harus dikeluarkan untuk makan siang dan jajan anak-anak? Kalau bisa irit, kenapa harus boros?

4. Masuk ke wahana yang murah.

Teman-teman bisa masuk ke wahana yang murah seperti museum transportasi. Biasanya anak-anak senang bermain di museum transportasi. Mereka bisa melihat dan naik berbagai transportasi yang ada di situ. Bisa juga teman-teman mengenalkan budaya Indonesia dengan mengunjungi rumah adat yang di sana. Kalau masuk ke rumah adat atau anjungan, semua gratis.

5. Manfaatkan toilet gratis.

Kalau jalan-jalan dan harus bayar ke toilet kan lumayan juga tuh biayanya apalagi jika termasuk orang beser seperti saya. Teman-teman bisa kok memanfaatkan toilet gratis yang ada di anjungan atau rumah adat. Selain itu, di beberapa museum toiletnya juga gratis. 

6. Naik kereta gantung.

Jika teman-teman ingin melihat keseluruhan TMII tanpa capek, bisa saja naik kereta gantung. Dari situ kita bisa melihat TMII semuanya. Harga tiketnya waktu itu Rp.30.000,- per kepala. Anak kecil pun harus membayar tiket penuh.



Selamat berlibur di TMII ya!



18 comments:

  1. pengen juga ke TMII mbak, seumur hidup belum pernah kesana :)

    ReplyDelete
  2. Belom pernah ke sana, Mbak. Hihihi.. :P Enaknya pas bukan musim liburan atau weekend yak. Kalok terlalu rame jugak malah jadi ngga enjoy ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi samalah Beb, daku jg belum pnh ke Medan.
      Kalo mau enjoy, bisa pas hari kerja. Byk bgt spot unik utk difoto di sana Beb..
      Apalagi ada banyak rumah adat.

      Delete
    2. Mau, Mbaaak.. :D

      Btw, boleh foto pakek kamera ngga di sana?

      Delete
    3. Boleh kok. Banyak turis dan anak muda *cieee yg foto2 di rumah adat. Mereka tertariknya di situ.

      Delete
  3. kalau musim liburan begini, TMII pasti rame banget, ya

    ReplyDelete
  4. Saya terakhir ke TMII 3 tahun yang lalu hiksss

    ReplyDelete
  5. Seru ya Mak. Sy pernah ke TMII thn 1995 - waktu msh kuliah dan lagi ada kegiatan ke Jakarta dengan teman2 kuliah tapi waktu itu cuma ke tempat nonton film .. apa ya namanya ... lupa. Waktu itu diajak sama sodara.

    ReplyDelete
  6. Kalau saya sering ke Danau Toba mbak jalan-jalannya heehee, slaam kenal ya !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pengen banget ke Danau Toba, Mas..

      Delete
  7. terakhir ke TMII pas lulus SMA th 89 Mbak....hadehh dah lama banget yak :(

    ReplyDelete
  8. asik banget,terakhir ke TMII waktu SD hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya..
      Ayo Mba maen lagi ke TMII

      Delete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com