Tuesday, January 27, 2015

Memakai Domain Sendiri Bagi Pemula

Kalau saya ditanya mengapa domain berubah yang dulunya ada blogspot-nya sekarang hanya pakai .com alasan cuma satu, agar mudah diingat. Ya, itu alasan yang utama mengapa saya memakai domain sendiri. Hihihi maklum, alamat saya waktu itu agak alay, padahal saya sama sekali nggak alay, lho. Awalnya cuma pengin menyamakan nama email, nama blog, dan nama akun sosmed. Eeee ternyata persepsi saya salah. Ternyata pemikiran kita nggak bisa disamakan dengan pemikiran orang lain. Penginnya satu nama untuk semua ternyata malah susah diingat dan diucapkan.

Iya, domain saya dulunya pi23tz.blogspot.com sekarang menjadi pipitwidya.com. Mudah yang mana mengingatnya? Mudah yang mana mengucapkannya? Saya menyewa domain di Qwords. Sewa domain ternyata nggak mahal dan prosesnya cepat banget. Kalau dihitung sebulan kita cuma mengeluarkan uang sepuluh ribu aja, kok. Banyak banget web yang menyediakan jasa domain dan hosting. Tinggal cari saja yang cocok dengan teman-teman.

Biasanya kalau sewa domain itu sekalian dengan hosting. Waduh, saya nggak ngerti banget masalah ini. Awalnya sempat maju-mundur dan googling sana-sini soal hosting. Jujur, kalau sewa hosting saya masih berat nodong ke suami hihihi. Maklumlah, saya bukan blogger, saya hanya orang yang suka menulis di blog dan belum bisa mendapatkan penghasilan melalui blog. Saya ngeblog karena suka menulis dan ingin berbagi. Itu motivasi saya ngeblog.  Soal hosting, saya pernah bertanya kepada Mba Shintaries, salah satu pengisi acara Fun Blogging. Kata beliau, untuk blogspot nggak pakai hosting nggak papa. Kata teman saya yang jago IT, hosting itu perlu. Nah lo, bingung kan? Karena saya pemula dan nggak mau ribet dan pengin irit, jawaban dari Mba Shintaries bagaikan minum air putih saat buka puasa *halah. Saya seakan mencari pembenaran atas pemikiran sendiri. Kalau masih tidak perlu hosting, ya sudah nggak usah dulu nggak papa. Yang penting, nama blog saya sudah berubah dan gampang diingat, nggak seperti anak alay lagi hihihi. Dan, saya masih bisa menulis di blog kan? *tsaaah.

Bagaimana dengan platform yang lain? Jangan tanya saya, kakaaaaak. Lebih baik bertanya kepada yang lebih tahu dan lebih berpengalaman. Saya nggak mudeng masalah beginian hihihi. Maaf. 

Namun meski sudah domain sendiri, isi postingan tetap yang terpenting. Ada yang bilang content is the king, itu memang benar. Nggak percaya? Ada lho, blogger yang memakai domain gratis tapi mereka sering mendapat job karena tulisan mereka yang bagus. Mereka tetap profesional menulis di blog dengan gaya tulisan sendiri dan pembahasannya juga mendalam sehingga menarik untuk dibaca. 

Kalau teman-teman termasuk pemula di dunia blog dan mau memiliki domain sendiri, sebaiknya memilih domain itu yang :

1. Gampang diingat dan diucapkan

Carilah nama domain yang mudah diingat dan diucapkan. Sebaiknya nama domain jangan terlalu panjang dan rumit yang kadang membuat orang lain susah mengingat dan menuliskannya. Bagi kita mungkin nama tersebut unik dan mudah, tapi pemikiran kita belum tentu sama dengan pemikiran orang lain. Ini mirip kasus saya yang telah dibahas di awal paragraf.

2. Tidak multi tafsir

Penggunaan angka, kata yang mirip, atau penggunaan tanda strip (-) bisa menimbulkan salah tafsir bagi orang lain. Sebaiknya hindari penggunaan itu dalam memilih domain. Misalnya pipit2.com bisa diucapkan pipitdua.com atau malah dikira pengulangan kata 'pipit' jadinya pipitpipit.com. 

Penggunaan kata yang mirip dan (-) sebaiknya dihindari karena hal itu membingungkan kita untuk mengucapkannya atau membuat orang lain susah mengingat dan bisa terjadi salah tafsir dengan alamat domain kita. Rugi dong kalau begini, sudah membayar domain tapi malah menimbulkan persepsi alamat yang berbeda. Iya kan?

3. Bisa untuk branding 

Pilihlah domain yang bisa menjadi branding bagi diri kita. Bisa saja memakai nama sendiri tapi jangan terlalu panjang atau mencari nama yang menjadi ciri khas blog kita. Misalnya kalau suka memasak bisa memberi nama dapurpipit.com. Nah, hal-hal yang menjadi branding blog, akan memudahkan orang untuk mengingat dan kalau beruntung bisa dilirik oleh agency atau pihak lain yang ingin bekerja sama dengan kita. 

Itu cerita saya mengenai domain sekaligus tips bagi teman-teman yang mau memakai domain sendiri. Semua kembali ke diri kita masing-masing. Apakah teman-teman sudah puas dan nyaman memakai domain gratis? Atau pengin memiliki domain sendiri?













57 comments:

  1. Daku pemula nih mak, baru nyemplumg di dunia blog bulan juli tahun kemarin. Bermanfaat banget mak. Ilmu nih ilmu. Makasih yak mak pit. Enak nama yg sekarang koq

    ReplyDelete
  2. emang untuk domain lebih gampang di ingat kalo di perpendek sayapun begitu...salam

    ReplyDelete
  3. Aku juga baru ganti mak... Iya lebih simpel aja, terus lebih PD :D... Aku gak sewa hosting-hostingan sih, cuma domain aja. Lagian yang baca gak tau ya kan mana yang pake hosting, mana yang nggak (sotoy nih).

    ReplyDelete
  4. Selamat ya mak domain barunya ^.^. Aku juga baru beberapa bulan nyewa ga pake hosting juga. Mihil yg pake hosting ga ngerti pula hehe

    ReplyDelete
  5. Udah 3 tahun pake domain dot com, basic blogspot jadi gak sewa hostingnya mak, katanya sih karena sudah integrated dengan google, beda dengan wordpress yg pake hosting juga..
    Selamat maakk,, ciyee domain baruu, makan makaannnn :)

    Eh betewe domainku yaa panjang banget, gak ekonomis yak,,hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lama juga ya udah pake domain sendiri.

      Delete
  6. wahh selamat ya mbak pipit.
    semoga ngeblognya juga dengan semangat baru juga :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, Kang.
      Aamiin bwt doanya :)

      Delete
  7. Haha nama yg dlu mmg susah diinget mbk, semoga tambah rajin ngeblognya :)

    ReplyDelete
  8. wah punya domain sendiri nih akhirnya...selamat mbak...kapan2 aku mau juga ah...ntar boleh ya tanya2 mbak...ttg domain ini..

    ReplyDelete
  9. Aku juga baruuuu aja ganti nama domain. Lebih keren ya rasanya :D :D

    ReplyDelete
  10. Lagi kepikiran juga pake domain sendiri, makasih sharingnya, salan kenal ya..

    Noniq.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Kalo aku tujuan make domain+ hosting sendiri supaya rutin update blognya mba. Kan syang bgt udh beli mahal-mahal tp ga rajin ditulis :D . JD ada motivasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe betul alasan itu.
      Iya, mahal, sayang klo ga rajin diisi.

      Delete
  12. Mau jugaaa pakai domain (dot)com.
    Tapi masih setia sama yang-ada-blogspot-ny :((

    *kunjungan perdana* hehe

    ReplyDelete
  13. Kalo saya blm komitmen buat ganti domain soalnya ngblognya masih malas2an. Kalo pake domain byr pertahun ya? Jd sayang kalo udah byr tp mls nulis kyk saya hehe

    ReplyDelete
  14. Kalo saya blm komitmen buat ganti domain soalnya ngblognya masih malas2an. Kalo pake domain byr pertahun ya? Jd sayang kalo udah byr tp mls nulis kyk saya hehe

    ReplyDelete
  15. Selamat domain barunya maak, kalau saya pemgen sih nanti tapi belum ke kejar juga nih pgn beli domain hihi

    Main di blog aku ya makkk
    http://leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. wah pengen juga sih mak bikin domain sendiri...ribet gak caranya???
    siapa tau kalo pake domain sendiri tambah rajin ngeblog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak sih krn sy dibantu Mba Shintaries :)

      Delete
  17. saya juga pingin ganti domain TLD, tapi nanti aja lah kalau blog udah rame :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, blognya pak Sucipto udah rame tuuu.

      Delete
  18. yeya,selamattt..iya,jadi khas aja....pipitwidya hehehe. kalo aku hmzwan xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mba.
      Hihihi iya dan lbh mudah.

      Delete
  19. betul. Pakai domain sndr lebih mudah diingat. Dan krn sdh bayar, pasti rugi kalau nggak rajin. Jd motivasi deh. ^^
    Btw, salam kenal. Mampir yah ke bawangdaun.com

    ReplyDelete
  20. Akhirnya... Selamat yaa...
    Horeee... Makan2 ^_^

    ReplyDelete
  21. Selamat ya mak, iya bener jadi lebih gampang diingetnya ngga perlu nginget2 angka lagi heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, Mak.
      Hihihi udah insyaf, Mak :)

      Delete
  22. Hoho.. Di wordpress juga bisa tanpa hosting tapi bayar lagi euy, hehe. Selamat ya mak domain barunya.. Semoga makin rajin ngeblooog ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, Mak.
      Hehehe dikau yg lbh mudeng masalah gituan :)

      Delete
  23. juga mematenkan nama, hihii selamat y

    ReplyDelete
  24. laaahh ini kegalauan sejuta umat yah kayanya.. kemarin-kemarin akupun mau pake dotcom biar kece ajah *alasan yang dibuat-buat lol. tapi setelah pikir panjang, dianar*kasari aja yang top fashion blogger masih pake blogspot, xiaxue yang lebih tinggi lagi asia pasific top blogger pake blogspot juga. sutralah ga jadi, yang penting mah rajin posting duluuu. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mba.
      Asal rajin posting dan isi postingan jg pengaruh.

      Delete
  25. Selamat maak... Saya juga dulu galauuu luar biasa mau ganti domain. Tapi suami bilang, udah beli aja. Apalagi nama saya cukup menjual.. hihi.

    Saya juga mikirnya karena belum bisa menghasilkan apa2 mak, tapi nulis aja terus. Insya Allah yg namanya rejeki nggak akan ketukar. Justru makin semangat posting kan? :D Btw, tipsnya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, Mak.
      Happy blogging ya, Mak Yanet :)

      Delete
  26. Kalau saya juga baru mba sebagai blogger...baru berusaha muncul kembali setelah setahun tidak aktif sama sekali untuk menulis..menulis itu indah dan asyik .. keep blogging mba... saat ini saya sih masih setia dengan blogspot..gratisan soalnya...wkwkk...tapi mencoba mempunyai domain sendiri menulis sambil bekerja ...http://tiaramodis.com/ ...sekalian promosi nih gw..hehheee...

    salam kenal - nitnot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya lucu ya, Mba Nit Not.
      Wah, hebat, euy, pny domain sendiri utk kerja.
      Happy blogging jg ya, Mba :)

      Delete
  27. wah sudah .com yah sekarang, congrats mbak :D
    Pemilihan nama domain emang perlu di pertimbangkan, soalnya kan gak bisa sembarang ganti nama domain yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, Mba.
      Hahaha berkat chit chat dgn dirimu akhirnya galau pupus.
      Makasih ya bwt curhatnya di WA :)

      Delete
  28. Nah ini aku nyarinya lebih gampang he he

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Blog Archive

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com