Wednesday, February 04, 2015

Kuliner Depok : Soto Juragan

Depok memang surganya kuliner. Salah satu kuliner favorit saya adalah soto. Kuahnya yang hangat, rasanya yang gurih, ditambah dengan daging yang kenyal, hmmm membuat selera makan bertambah apalagi kalau dimakan saat musim hujan seperti ini, cocok banget. Tempat makan yang menyediakan aneka soto yang komplit di Depok yaitu Soto Juragan. Hihihi namanya unik, ya. Yup, namanya memang sesuai dengan pelayanannya. Pengunjung yang menikmati kuliner di sini memang juragan yang akan mendapat pelayanan memuaskan. Nggak percaya, coba saja datang sendiri dan buktikan kalau kuliner Soto Juragan di Depok memang wajib menjadi tempat makan pilihan. 



Soto Juragan awalnya berjualan di warung tenda. Karena jumlah pelanggan semakin banyak akhirnya pemilik membuka restoran yang konsepnya homey. Tempatnya bersih dan luas dengan meja dan kursi kayu yang minimalis membuat saya betah berlama-lama di sana. Kalau mau  membawa teman rame-rame makan di sini, bisa banget. Dijamin, nggak bakalan bosan karena menu yang ditawarkan banyak.

Dulunya Hanya Warung Tenda

Menu yang ada di Soto Juragan antara lain aneka soto, sop, tongseng, sate, siomay, batagor, dan otak-otak. Menunya komplit banget dan bervariasi dari yang ringan sampai berat, membuat makan dan ngobrol di sini jadi puas. Pun begitu dengan minumannya. Apalagi harganya masih aman untuk kantong. Menu yang wajib dicoba yaitu soto bakar dan sop kaki kambing.



Iya, soto bakar. Penasaran? Soto bakar mirip dengan soto kuning Bogor, tapi dagingnya dibakar. Ukuran dagingnya sedang, tidak terlalu kecil, dan empuk. Rasanya, enaaak banget. Begitu dihidangkan aroma wangi bawang goreng dan daun bawangnya menggugah selera. Kuahnya yang kental, berwarna kuning dengan campuran emping, membuat saya tak tahan untuk segera melahap. Untuk mengetahui rasa asli makanan yang akan dimakan, saya biasanya mencicip kuahnya terlebih dulu. Kuah yang tampak kental ternyata nggak eneg dan aroma daging bakarnya menambah nikmat aroma soto bakar. Rasanya gurih dan saya cocok. Saya termasuk orang yang nggak terlalu suka kecap, jadi sewaktu makan soto bakar hanya dicampur sambal. Rasanya pedas, gurih, nggak eneg, dan lebih terasa nikmat ketika berpadu dengan daging bakar yang empuk. Perpaduan yang pas. Apalagi saat itu sedang gerimis, ambil sesendok nasi kemudian dimakan bersama sotonya, hhhmm nikmat sekali. Harga soto bakar cuma Rp.18.000,-

Nasi dan Soto Bakar

Sedangkan sop kaki kambingnya juga menjadi primadona di Soto Juragan. Dihidangkan di mangkok berukuran besar, kuah kuning kental yang warnanya cantik berpadu dengan minyak samin, membuat aroma khas sop ini tak kalah dengan menu soto bakarnya. Irisan kaki kambingnya besar-besar lho. Duh, saya melihat teman saya nikmat sekali menikmati sop ini. Sop kaki kambing seharga Rp.22.000,- cocok bagi teman-teman yang suka kuliner kambing. 

Sop Kaki Kambing


Seperti halnya menu makanan yang beragam, pilihan minuman di Soto Juragan juga banyak. Ada minuman modern dan disukai anak muda seperi milk tea dengan aneka rasa. Ada rasa Thai Tea, Taro Tea, Green Tea, dan Banana Tea. Ada juga minuman khas Indonesia yaitu bandrek dan bajigur. Istimewanya, ada es bajigur durian yang membuat saya penasaran untuk mencoba. Waktu itu saya memesan bajigur durian hangat karena saya kurang suka minum es. Campuran bajigur hangat dan durian Medan yang tersaji di gelas besar, membuat saraf penciuman dan lidah saya nggak tahan untuk langsung meminumnya. Aroma duriannya sangat kuat. Bajigur durian cukup menghangatkan saya waktu itu. Makan soto bakar yang hangat dan gurih ditambah minum bajigur durian hangat, memang teman yang pas di waktu sore atau malam. Apalagi sambil ngobrol rame-rame, asyik banget nggak sih?

Bajigur Durian

Jujur, saya suka dengan menu yang ada di Soto Juragan karena pilihannya banyak, cocok buat makan dan camilan ngobrol. Komitmen pemilik kuliner ini sangat tinggi untuk menjual makanan khas Indonesia, dibuktikan dengan variasi-variasi menu yang memang nggak bikin bosan. Apalagi saya memang suka banget dengan produk lokal, pas deh. 

Oia, untuk ke Soto Juragan gampang banget karena lokasinya dilalui angkot D02. Tepatnya di Jalan Kejayaan No.5, Depok Timur, depan bengkel Suzuki. Soto Juragan buka setiap hari dari pukul 11.00 - 23.00. Soto Juragan Depok memang tempat yang cocok untuk makan siang, tempat ngobrol di sore hari, atau untuk makan malam.

Mau jadi juragan? Datang saja ke Soto Juragan, Depok ^-^
















14 comments:

  1. Slruppp...*lap iler
    Ulasan dikau mak, bikin daku makin lapeeeeeerrrrrr.....

    ReplyDelete
  2. Pengen jadi Juragan aah..
    Berarti wajib nyobain tuh Soto..
    Menu kesukaanku Maak!

    Kalo ke Depok, ajak2 eeaa Ke Soto Juragan :)

    ReplyDelete
  3. Asik, nih. Mau dong jadi juragan, hihihi :)

    ReplyDelete
  4. Haduuuh bw jam segini bahaya emang. Lapeerrr..

    ReplyDelete
  5. Ummm, yummiii :D.
    tempatnya bersih, daftar menu makanannya juga gak hitam putih. wo.. bukanya sampi larut gitu ya, mbak.
    lain waktu nyoba soto Madura, mbak *promosi, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oia pernah nyicip kok Soto Madura.
      Enak juga, bumbunya ada koya ya :)

      Delete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com