Tuesday, March 17, 2015

Alexa Ramping Meski Jarang Update

Bagi blogger, siapa coba yang tidak suka kalau alexanya ramping? Alexa itu semacam indikator untuk blog, seberapa banyak traffic atau pengunjung yang mampir ke blog kita. Cara memeriksa alexa bisa masuk ke web alexa.com, lalu masukkan alamat blog kita. Atau bisa saja memasang alexa di blog, dengan cara ini alexa bisa terlihat tanpa membuka web alexa. Dengan begitu, kita tahu traffic blog kita. Kalau jumlah angka di alexa semakin kecil atau makin ramping, malah makin bagus. Itu tandanya blog kita banyak pengunjung. Ada blogger yang jarang update tapi alexanya selalu ramping. Kalau saya sebaliknya, kudu rajin update supaya tetap ramping, hihihi. Eh tapi saya sempat kaget dengan alexa yang ramping meski jarang update blog, lho. Sampai tulisan ini dibuat, bisa dilihat kan perbedaan postingan per bulan di blog saya. Bulan Januari kenceng malah melebihi tanggal di bulan itu, Februari sedikit menurun, Maret malah memplem banget, hihihi. Meski demikian, alexa saya ramping meski jarang update.

Maklum ya saya ngeblog masih tergantung mood banget, kalau pengin ya ngeblog, kalau nggak ya malas ngeblog. Apalagi kalau sedang capek. Nah, saya sempat iseng ngecek alexa pada tanggal 4 Maret lalu dan saya kaget banget. Sudah yakin kalau bakalan anjlok, eh ternyata alexa malah ramping. Yah meski belum seramping milik teman-teman tapi sempat membuat saya kaget, yang semula sejuta sekian malah jadi kurang dari sejuta. Lah, kok bisa sih? Padahal saya waktu itu sedang malas-malasnya ngeblog karena capek. 

Akhirnya saya sharing ke grup dan bertanya ke ahlinya kenapa ini bisa terjadi? Katanya postingan yang berjumlah seribu kata dan sering muncul di google dan sering dikunjungi orang maka alexa akan ramping tanpa rajin diupdate. Hah? Padahal kalau dipikir, kadang saya posting nggak panjang-panjang amat, ya hihihi. Tapi beberapa mungkin ada yang sering dikunjungi pembaca terutama berbagai ikhtiar saya untuk hamil

Ada resepnya ngga biar alexa ramping?

Kalau saya menjawab, ya rajin posting aja dan posting sesuai yang teman-teman kuasai. Yakin deh, kalau posting dari hati *halah, maka hasilnya akan beda. Saya saja pernah posting yang menurut saya biasa banget eee malah mendapat respon yang banyak. Biasanya saya posting pengalaman karena saya ingin berbagi kalau baik ya syukur kalau enggak, semoga saja ada yang dapat mengambil pelajaran dari pengalaman yang saya alami.

Apa pengaruhnya alexa bagi blog?

Menurut beberapa tulisan yang saya baca, beberapa agency yang akan memberikan job ke blogger kadang minta data peringkat alexa, page rank, kunjungan per hari, klout, dll. Jujur, saya belum pernah mendapat job jadi belum bisa cerita banyak dan saya juga kurang paham dengan hal-hal yang disyaratkan tersebut. Kalau belajar dan mengetahui agar saya tahu, sering banget saya lakukan. Bukan apa-apa, soalnya saya masih baru banget ngeblog dan pengin banget belajar agar ngeblog lebih baik lagi. Saya dapat menyimpulkan kalau alexa ramping, harga kita bisa tinggi untuk tawaran job. Dan, kalau punya alexa ramping, kita bisa lebih pede dong melakukan bargaining sama agency. Betul kan?

Saya nggak berorientasi pada materi karena merasa bahwa ngeblog itu asyik banget. Saya senang kalau bisa berbagi. Saya senang kalau sudah posting. Saya senang terhadap apa yang saya lakukan. Saya yakin, kalau kita melakukan apa yang kita sukai, maka kita akan bahagia *halah. Maklum ya, saya IRT yang suka galau kalau nggak ada kerjaan atau malah banyak kerjaan. Hihihi, makanya biar nggak galau saya memilih blog sebagai pelampiasan meski setelah buka dashboard sering bingung sendiri mau menulis apa, hihihi.

Kalau postingan singkat, apa bisa alexa ramping?

Menurut saya bisa saja, ada kok blog yang postingannya singkat, banyak pengunjungnya karena rajin update dan rajin blogwalking. Yup, hal itu seperti dua sisi yang tidak bisa dipisahkan *halah. Rajin update, rajin blogwalking bisa banget menaikkan traffic blog. 

Penampilan blog saya sebelumnya yang masih agak alay dan amburadul pelan-pelan saya perbaiki dan saya tambah berbagai macam widget, seperti postingan populer dan postingan terkini. Pengaturan blog yang memudahkan pembaca mencari apa yang dibutuhkan, sepertinya bisa menambah pengunjung. Buktinya, di postingan populer sering terjadi naik turun posisi. Ada postingan yang dulu masuk posisi agak bawah sekarang malah meningkat drastis. Sebaliknya, ada pula postingan yang dulu masuk postingan populer malah terdepak dari tangga kepopuleran, hihihi. Dengan kemudahan widget yang disediakan, pengunjung akan bertambah, dan alexa bisa ramping.

Oia, sewaktu saya pindah domain dari blogspot ke domain sendiri, alexa sempat blank beberapa minggu. Mungkin alexa sedang melacak alamat blog yang baru. Nggak papa, tenang saja. Setelah itu, alexa akan muncul meski agak gendut sedikit. Nah, biar ramping lagi bagaimana? Ya mau nggak mau kudu rajin posting. Kalau saya pribadi, kadang merasa sayang melihat alexa anjlok, secara sudah memakai domain sendiri ya. Kudu dirawat nih dan perlu konsistensi biar rajin ngeblognya. Aaaah, semoga saya bisa rajin ya. 

Saya sekedar sharing, ya. Bukan berarti saya ahli. Bukaaan. Saya hanya ingin berbagi. Halah, saya mah apa atuh. ^-^




















34 comments:

  1. Aq yg juga angin2an & update nya tergantung kerajinan, jadi jarang ngecek, dan ga tau piro alexa q :P

    ReplyDelete
  2. Aheee mbak pipiiiiitt udah nulis lagiiii.
    aku juga lagi jarang nulis nih. Padahal pengen banget. hiksss

    ReplyDelete
  3. Alexa ku gendut banget maaakk.. malu deh :(( makin lama makin jeblok, kenapa ya?

    ReplyDelete
  4. Iya mak...semenjak sering update blog, alexa semakin ramping
    Coba bisa sekalian merampingkan badan hehehe

    ReplyDelete
  5. aku kadang lupa ngecek alexa, kalau diminta aja baru ngecek :)

    ReplyDelete
  6. ga pasang widget alexanya mak, di blog?

    ReplyDelete
  7. Duh, mak, seandainya alexa bisa di withdrawal ya...
    Udah bisa modal. Maklum gendhut beut... hbs ganti platform. Xixi

    ReplyDelete
  8. Salam kenal mbak Pipit, keren banget tiap bulan bisa nulis sampai puluhan post.. Salut! ^^

    ReplyDelete
  9. Entahlaaaah...
    berapa itu alexa ku sekarang Piit...

    Pengen sih rajin posting, tapi da aku mah cuma sanggupnya seminggu sekali aja Piiit,..
    maklumlah, terlalu banyak drama yang masih butuh perhatian & kasih sayang dariku...bhuahaha...

    ReplyDelete
  10. iya nih abis beli domain bikin jantungan cek alexa hahaha tapi emang bener sering posting bikin alexa singset :D

    ReplyDelete
  11. aku termasuk yang nggak update tentang alexa,PR,DA dll hehehe...sangking asiknya nulis jadi nggak mudeng yang begituan,tapi sekarang mulai belajar banyak tentang ini^^

    ReplyDelete
  12. saya juga sudah hampir sebulan ga update mbak cz sinyal ga mendukung :-)

    ReplyDelete
  13. Alexa saya sesuai berat badan... yang semakin bertambah setiap hari huhuhuhu

    ReplyDelete
  14. he he he
    betul mbak sama yang ini "Ya mau nggak mau kudu rajin posting. "

    tapi kalo saya pengen gemukin PR gimana ya?
    kalo alexa sih udah ramping, cuma PR ini masih kurus :)

    ReplyDelete
  15. Alexa-ku sekarang no rank sejak pindah domain, hahaaa....

    ReplyDelete
  16. Au sekarang malas cek alexa, takut mendadak galau hehehe

    ReplyDelete
  17. wah. kern ya mak..aku belum bisa..

    ReplyDelete
  18. sering ngecek ampe ditolak sama alexa hihihihi...

    ReplyDelete
  19. Aku ndak pernah ngecek alexa, pagerank, analytic dan lain2, kecuali kl diminta hihihi

    ReplyDelete
  20. wow keren.. saya posting hampir tiap hari alexanya segitu2 aja :(
    mungkin gara2 jarang blogwalking :)

    ReplyDelete
  21. Si Emak satu ini mah walau jarang update tapi sering blogwalking, itu berimbas juga kepada kualitas pengunjung blog.

    ReplyDelete
  22. Wah kalo saya baru paham juga nih masalah alexa2-an.. Mungkin bakalan saya langsung coba deh supaya bisa lihat trafiic blog yang lebih spesifik, soalnya selama ini saya cuma ngandelin postingan blog dan juga cuma ngandelin fitur statistik bawaan si blognya sih :D

    Salam kenal yaa mbak Pipit.. Btw, saya juga orang Depok juga loh mbak, hehe.. Kapan yaa blogger Depok bisa kumpul & kopdaran rame2 haha :)

    ReplyDelete
  23. Sama Pipit, saya juga jarang apdet blog, dan saya kurang paham juga tentang Alexa ini...hehe, biasa deh, mood itu ternyata pengaruuuuh banget ya buat bikin tulisan :)

    ReplyDelete
  24. yayaya....berarti harus rajin posting ya mbak...hehehe

    ReplyDelete
  25. Kalok aku sih santai, Mbak.. Ngeposting tiap hari karena cumak pengen konsisten en ide melimpah ruah doank. Huahahah :D

    ReplyDelete
  26. iya mbak, semenjak ganti domain alexaku melambung tinggi..nggak ramping2 :)

    ReplyDelete
  27. kalau aku memang ganti domain alexanya memang gede banger, nah kalau job review dan lainnya memang belom pernah yang dapat rutin, dan baru dapet satu kali aja hahaha, nice sharing Mba :D

    ReplyDelete
  28. Hmmm gue suka tulisan pada bagian akhir, hahahahaha
    Salam kenal ya kak pipit :)

    ReplyDelete
  29. memang ada, mak. tulisan singkat dan alexa ramping, tapi biasanya banyak yang lebih bertahan lama di google halaman pertama karena tulisannya lebih panjang :D

    ReplyDelete
  30. Gue banget nih.
    Eike juga sempat "pingsan" waktu migrasi ke domain pribadi.
    Tapi benar, dengan BW dan update blog, cepat ramping euiii.
    Sungguh!

    ReplyDelete
  31. Intinya sih gak usah khawatir alexa gendut, yang penting tetap posting. Bukan begitu mbak? Hehe..
    Saya suka dengan pembawaan artikel di atas. Terimakasih

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com