Thursday, July 09, 2015

Makan Beton Bikin Sehat

Ada yang suka makan beton? Bukaaan, bukan beton yang bangunan itu. Tapi ini beton, isi buah nangka. Biasanya kalau makan nangka, bijinya dibuang atau diolah? Sebaiknya jangan dibuang bijinya ya, diolah saja karena makan beton bikin sehat.

Sewaktu kecil, saya termasuk beruntung karena waktu itu punya tetangga yang baik dan suka dengan makanan tradisional. Dulu, tetangga depan rumah saya namanya Mbah Yo. Beliau asli Yogyakarta dan merantau di Semarang. Mbah Yo ini suka membuat makanan tradisional dan mengolah biji buah yang ternyata masih enak dimakan. Saya masih ingat beliau sering mengolah biji kluwih dan nangka. Biji-biji tersebut cukup direbus atau dikukus, setelah matang dinikmati rame-rame dengan para tetangga. Suasananya guyub banget. Indahnya kenangan zaman dulu.

Oiya, kalau di Jawa biji nangka disebut beton. Kalau di daerah lain, saya kurang tahu namanya. 

Suami saya termasuk orang yang suka banget sama buah nangka. Kalau ada nangka di pasar, saya biasanya beli karena ingat suami. Buah nangka tersebut kadang dimakan begitu saja atau saya jadikan sebagai campuran membuat kolak. Sebelum dimakan atau diolah, biasanya biji tersebut saya pisahkan dari dagingnya. Esoknya, biji nangka atau beton tersebut saya rebus. Setelah itu dimakan anget-anget, deh. Rasanya enak, lho.

Beton Rebus

Ada yang merasa jijik dengan beton? Atau aneh karena menganggap itu sebagai sampah dan nggak bisa dimakan? Eh, jangan salah lho. Beton ini banyak gizi dan manfaatnya. 

Menurut Direktorat Gizi Depkes tahun 2009, menyebutkan bahwa dalam 100 gr beton mengandung :

*Karbohidrat : 36,7 gr
*Protein 4,2 gr
*Fosfor : 200 mg
*Kalsium : 33 mg
*Besi : 1 mg
*Energi : 165 kkal
*Lemak : 0,1 mg

Selain bisa dimakan secara utuh, beton dapat diolah menjadi tahu, tempe, keripik, susu, dan tepung. Di tangan para siswi sebuah SMA di Tegal, beton diolah menjadi tahu. Menurut sumber yang saya baca, proses membuat tahu dari beton ternyata lebih singkat dibanding pada kedelai. Pembuatahn tahu dengan biji nangka membutuhkan waktu dua jam sedangkan dari kedelai perlu berhari-hari karena proses perendaman kedelai yang cukup lama. 

Selain itu, tahu yang dihasilkan dari beton juga lebih banyak dengan ukuran yang sama dengan tahu kedelai. Hanya dengan bahan sekitar 500 gr, beton mampu menghasilkan 30 potong tahu sedangkan kedelai mampu menghasilkan 25 potong. 

Tak heran, penemuan siswi SMA ini dinobatkan sebagai Juara II dalam Central Java Science Competition yang diselenggrakan oleh Fakultas Biologi Unsoed pada tahun 2012 lalu.

Manfaat beton antara lain :

*Melawan keriput dan penuaan
*Mencegah konstipasi
*Menjaga kesehatan kulit
*Mengurangi stress
*Mencegah kerontokan dan menebalkan rambut
*Mencegah anemia
*Meningkatkan gairah s*ks

Beton ini ternyata kecil-kecil manfaatnya segudang, ya. Masih mau membuang biji nangka?



Sumber :

1.  http://chakyulate.blogspot.com/2013/11/tempe-kripik-dan-susu-dari-biji-nangka.html
2. http://health.kompas.com/read/2014/05/05/1656377/Manfaat.Tak.Terduga.dari.Biji.Nangka













  

34 comments:

  1. suka banget mbak aku, sayang banget udah lama gak makan biji nangka ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli di pasar, Mba.
      Biasanya bulan puasa banyak yg jual nangka.

      Delete
  2. Wah saya juga sering makan beton itu mbak waktu masih dikampus

    ReplyDelete
  3. Di kampungku dulu banyak Mbak, Simbahku juga suka ngrebus beton. Tapi skrg udah jarang ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, sayang ya kalau udah jarang.

      Delete
  4. kalau beton yang ini sih saya pernah makan :)

    ReplyDelete
  5. Udah lama banget ga makan beton, manfaatnya bagus juga tuh bisa menyehatkan kulit, jadi awet seperti beton, hehe..

    ReplyDelete
  6. aku pernah makan biji nangka di sayur :D

    ReplyDelete
  7. Aaaa aku suka banget makan ini, gak terlalu suka nangkanya, tapi bijinya suka hihihi, kalau ada yg makan nangka aku suka minta bijinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laaah, beneran Mba ga suka nangkanya?

      Delete
  8. Aku suka beton mak, camilan jaman kecil dulu nih :)

    ReplyDelete
  9. Waktu kecil aku sering makan beton rebus. Setelah dewasa jarang, karena orang jualan nangka sudah bersih dikopek. Cocok sama namanya ya, beton bikin kuat :D

    ReplyDelete
  10. Wow biasa meningkatkan gairah seks ya.. hehehehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu menurut sumber yang tercantum lho :))

      Delete
  11. aku suka bangettttt,beton nangka dan cempedak,enak aja kalo dicemil sambil ngobrol heheeh

    ReplyDelete
  12. Waktu kecil suka makan ini Mak ... ada tante saya yang suka merebuskan. Ternyata khasiatnya bagus ya

    ReplyDelete
  13. yang di bakar juga enak nih mba :D

    ReplyDelete
  14. Saya dulu juga suka banget makan beton rebus. Hihihi.

    ReplyDelete
  15. oh tinggal direbuas aja ya... blum pernah nyobain :D

    ReplyDelete
  16. Pernah nyoba dan memang enak, tapi baru tau kalau ada manfaatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga, awalnya cuma buat camilan :)

      Delete
  17. Dulu sering makan beton rebus, tapi sekarang sudah jarang karena memang jarang mendapatkan buah nangkanya. :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com