Wednesday, September 28, 2016

Resep Bacem yang Gampang dan Enak

Ada yang suka bacem? Bacem merupakan masakan khas Indonesia yang cukup populer. Warnanya coklat dan cenderung agak hitam. Warna ini karena adanya gula jawa di bumbunya. Jadi nggak heran kalau bacem ini rasanya manis.

Saya suka bacem karena cara masaknya mudah, cepat, nggak pakai minyak, dan awet. Tinggal ngulek bumbu, masukin bahan-bahannya terus ditunggu sampai matang. Udah gitu doang. 

Masakan bacem cenderung awet. Teman saya ada yang suka masak bacem diinapkan dulu semalam. Sehari setelahnya baru diangetin dan dikonsumsi. Katanya, bumbunya lebih meresap dan terasa gurih.

Memang sih ini nggak salah kok. Saya pun kadang demikian, sering ngangetin bacem apalagi bacem telur. Bacem telur kalau diinapkan semalam, telurnya makin mempur dan terasa kenyal. Kata teman saya, kayak telur seribu tahun. Hahahaha, lebay. 

Bacem telur dan tempe favoritnya pak suami

Oia, kalau mau masak bacem, saya nggak langsung masak begitu aja lho. Maksudnya, kalau pengen langsung beli bahan terus dimasak. Nggak gitu. Saya seringnya hunting air kelapa dulu di pasar. Iya, saya kalau masak bacem nggak pakai air biasa tapi air kelapa. 

Jadi, kalau pengen bacem tapi nggak ada air kelapa di pasar ya ditunda dulu masak bacemnya. Kalau ketemu air kelapa ya langsung beli bahan-bahan lainnya dan eksekusi secepatnya. Soalnya saya takut air kelapanya keburu bau dan nggak enak. 

Dulu sih kalau masak bacem, saya pakainya air biasa. Setelah dikasih tahu teman kalau bacem lebih enak dan lebih gurih pakai air kelapa, jadi sekarang kalau masak bacem pakai air kelapa. Malah, saya nggak pernah lagi masak bacem pakai air biasa. Hahaha, lumayan rempong yes? 

Secara rasa sih memang beda ya antara bacem dengan air biasa dan bacem air kelapa. Proses memasaknya pun juga lebih harum yang pakai air kelapa. Yang bisa membedakan secara detail sih pak suami karena dia yang lebih peka indera penciuman dan perasanya. 

Ya udah ya, ini dia resep bacem telur-tempe ala saya

Bahan :

Telur 6 butir (rebus lalu kupas kulitnya)
Tempe ukuran sedang
Air kelapa (beli di pasar seribu dapat seplastik)
Asam jawa sedikit
Gula jawa disisir (saya pakai gula aren ukuran separo batok kelapa yang besar)

Bumbu halus :

Bawang merah 6 butir
Bawang putih 3 butir
Kemiri 5 butir
Tumbar bubuk 1 sdt
Daun salam 2 lembar
Lengkuas secukupnya
Garam

Cara memasak :

Siapkan wajan. Masukkan semua bahan dan bumbu yang sudah dihaluskan. Rebus sampai air tinggal separuh. Jangan lupa, cicipi rasanya.

Oia, untuk bahannya bisa diganti sih sesuai selera. Bisa tahu-tempe atau tahu-telur. Hhmm, gampang banget kan masak bacem. Mau nyoba? 

4 comments:

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com