Tuesday, November 29, 2016

Mengunjungi Bulir-bulir Budaya dan Sejarah di Yogyakarta

Yogyakarta, akrab disebut Yogya, merupakan salah satu tempat yang cukup populer untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata. Selain karena sejarah panjang yang sempat menjadikan Yogyakarta menjadi Ibukota negara, kebudayaan di Yogyakarta juga turut menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke sini. 

Bagi Teman-teman yang belum sempat menikmati tempat-tempat wisata di Yogya, ayo segera buat planning untuk berkunjung ke sini. Namun jika aktivitasmu cukup padat dan memiliki waktu liburan yang minim, sebaiknya lewat jalur udara saja, yakni naik pesawat.

Untuk menghemat budget, Teman-teman bisa menggunakan maskapai penerbangan yang menawarkan tiket murah. Salah satunya dengan harga tiket Citilink yang cukup terjangkau, kamu bisa sampai Yogya dengan murah dan cepat. Agar lebih mudah, sebaiknya sih memesan hotel sekaligus booking tiket Citilink murah secara online.  Namun perlu diingat, pastikan website yang Teman-teman  kunjungi terpercaya.

Nah, sebelum berpergian pastikan Teman-teman telah mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dulu secara matang. Hal-hal yang perlu kamu siapkan diantaranya itinerary perjalanan, barang-barang apa saja yang akan dibawa, hotel untuk menginap, dan tiket perjalanan untuk pulang-pergi. 

Sumber : fariantoal-farizy.blogspot.com


Untuk itinerary, kamu bisa browsing terlebih dahulu agar nanti tidak kebingungan saat sudah sampai Yogya. Memang ada apa saja sih di Yogyakarta sehingga sering dijadikan destinasi yang wajib dikunjungi? 

Salah satunya karena ada objek budaya yang cukup populer, bahkan terkenal sampai ke mancanegara, yakni Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Meskipun Candi Borobudur sebenarnya sudah masuk area Magelang, namun kebanyakan orang masih beranggapan bahwa Candi Borobudur berada di Yogyakarta.

Sumber : halokawan.com


Candi Borobudur termasuk ke dalam salah satu keajaiban dunia, sedangkan Candi Prambanan diklaim sebagai candi tercantik di dunia, lho! Luar biasa kan? 

Candi Prambanan sendiri merupakan ikon dari kisah Roro Jongrang. Kisahnya dimulai ketika Roro Jongrang meminta kepada laki-laki yang mencintainya membuat candi dengan 1000 arca hanya dalam waktu 1 malam saja. Namun alasan sebenarnya, Roro Jongrang tidak mencintai laki-laki tersebut, sehingga Roro Jongrang meminta hal yang menurutnya tidak mungkin bisa dilakukan. Nama lelaki itu adalah Bondowoso. 

Menurut cerita, ternyata Bondowoso hampir selesai memenuhi permintaan Roro Jongrang dan telah membuat 999 arca. Namun Roro Jonggrang tak menyerah untuk bisa menggagalkannya. Akhirnya Roro Jongrang meminta seluruh warga membuat api yang cukup besar untuk membentuk suasana pagi. Karena mengetahui kondisi tersebut, Bondowoso kecewa dan mengutuk Roro Jongrang sehingga ia menjadi arca yang ke-1000.

Nah, kembali ke kisah nyata, Candi Prambanan memiliki 3 bagian, yakni Candi Wisnu, Candi Brahma dan Candi Siwa. Di masing-masing candi terdapat relief-relief yang menggambarkan kehidupan zaman dulu ataupun dongeng-dongeng masa lalu. Relief di candi ini juga menceritakan tentang kisah Ramayana, lho! Bahkan, Candi Prambanan ini pernah menjadi latar film Hollywood The Philosopers yang salah satu pemainnya adalah Cinta Laura. Jadi, Teman-teman jangan sampai ketinggalan untuk ke sini juga, ya!

Selain candi, tempat kebudayaan lain yang sering menarik minat wisatawan adalah Keraton Yogyakarta. Keraton merupakan tempat untuk menyimpan barang-barang milik kesultanan. Benda-benda kerajaan yang disimpan di keraton ini diantaranya benda-benda pusaka seperti keris, koleksi lukisan, tombak, dan gamelan serta gong. 

Sumber : tripteaser.fr

Keraton Yogyakarta juga memiliki bangunan yang unik disertai dengan balairung-balairung yang luas. Sehingga selain wisata sejarah dan budaya, Keraton Yogyakarta juga bisa menjadi spot asyik yang bisa dijadikan tempat untuk foto-foto. Di sini juga sering diadakan pagelaran seni yang akan menghibur para pengunjung setiap harinya.

Beralih dari Keraton Yogyakarta, ada juga Museum Ullen Sentalu yang kental dengan kebudayaan Jawanya. Museum ini menampilkan cerita kehidupan masyarakat Jawa zaman dulu, khususnya para bangsawan Dinasti Mataram. Selain itu, museum ini juga memamerkan tokoh raja dengan menggunakan pakaian yang biasa dipakai, serta menampilkan permaisurinya. 

Sumber : pieceofmyjourney.wordpress.com

Museum ini juga disebut-sebut sebagai museum terbaik di Indonesia, lho. Letak museum ini di lereng Gunung Merapi, sehingga suasananya terasa sangat sejuk dan asri. Di sini juga terdapat tourguide yang bisa memandu pengunjung untuk berkeliling museum ini. 

Selamat jalan-jalan menikmati sejarah dan budaya Yogyakarta, ya.^-^


25 comments:

  1. Duhhh jadii kangennn jogjaa mbaaa....april 2017 nanti kesanaa...i'm coming jogjaa...
    makasihh infonya mbaa...

    ReplyDelete
  2. Jogja, seakan dibuat dari rasa rindu, tembang cinta, dan alunan kenangan :)

    ReplyDelete
  3. Jogja itu emang keren, suasana di sana bikin betah. Tiap ke jogja selalu semangat. Yang lesu itu pas 2 hari terakhir di jogja, karena udah deket mau pulang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bikin betah tapi kadang bete kalo macet banget. Huhuhu.

      Delete
  4. semakin pengen ke Yogya, dulu sudah jalan-jalan di Solo, mau ke candi Borobudur gak jadi, sampe sekarang blm kesampaian... ;((

    ReplyDelete
  5. Mbak mbak... Mupeng lho sy baca tulisan ini. Pengen banget ke jogja, tapi liburan selalu ada acara. Huhu. Oya, salam kenal ya mb Pipit :)

    ReplyDelete
  6. Yogya, sukak banget ma kota ini

    ReplyDelete
  7. Wah, jadi kangen Yogya nih :) Kebetulan aku pernah meet and greet di sana. Seneng deh soalnya sempet jalan-jalan juga :)

    ReplyDelete
  8. Pipit...kalau tidak salah, 2 bulan lalu saya berkunjung ke Yogya. Keren memang kotanya. Tenang tapi hangat. Suasana kota dan masyarakatnya langsung bikin betah. Trima kasih info tambahannya ya, Pit...duh, museum Ullen sentanu itu kayaknya keren deh!
    Pengen kesanaaaa...

    ReplyDelete
  9. Dulunpas aku sd sampe ngayalin gitu gimana ya pas bandung bondowoso bikin candi hihi, soalnya ceritanya melekat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, samaan. Tapi kan dia dibantu ama jin, kalau ga salah :))

      Delete
  10. Kalo bicara yogjakarta yang melekat wisata budayanya, tapi sayang meski udah ke Yogja tapi saya belum pernah ke prambanan, belum jadi Roro jonggrang #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, udah ketemu Bandung Bondowoso belum?

      Delete
  11. jogja tuh emang tempat berbagai macam kegiatan deh :)

    salam
    nia

    ReplyDelete
  12. TAunya hanya dari tulisan dan kisah orang-orang. Tapi belom pernah kesana, huuhuhu jadi pengen kesana nih mba.


    ReplyDelete
  13. di jogja banyak sekali ya tempat-tempat wisata, ada berbagai macam candi juga, wisata sejarah pun banyak ya..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Recent Posts

    Follow Me

    Page Views

    Copyright © Pipit Widya | Powered by Blogger
    Design by Saeed Salam | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com